Kamis, 23 Desember 2010

Sinetron ancur hasil plagiat Indonesia

Judul2 Sinetron Plagiat Indonesia

Pernahkah kalian menonton sinetron?
Hayo... ngaku aja deh... biar cuman sekelebat pasti pernah kan?
Biar kata kalian termasuk orang2 yg anti sinetron, tapi semestinya pernah dong, 'ngelirik' barang cuman 5-10 menit?? ato.. jangan2 kalian tonton itu sinetron ampe abis??? Jika iya, berarti anda termasuk penggemar sinetron. Mending gak usah baca ini post, daripada ntar nantinya panas...Karena apa? karena disini, saya bakal bongkar bobroknya sinetron Indonesia.

Yah, nggak bisa dipungkiri sih, 'shitnetron' sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat Indonesia. Biasanya sih, yg demen nonton beginian itu dari kalangan Ibu2, pembantu rumah tangga, hingga mungkin remaja abg. Bener nggak tuh?? Udah bukan rahasia lagi kalo bapak & anak laki2 kudu ngalah sama Ibu & nenek, gara2 ini acara. Mereka gak bisa nonton bola & berita, gara2 TV dipake buat nonton "Cinta Fitri" bwahahaha... pasti ada yg pernah ngalamin kan??

Postingan kali ini mungkin sifatnya agak2 offense pada dunia per"sinetron"an Indonesia. Pasalnya banyak sekali pihak yg mengeluhkan kualitas sinetron Indonesia yang makin lama makin buruk saja.

Di era tahun akhir 90-an, dunia persinetronan Indonesia mengalami masa jayanya. Ada beberapa judul berkualitas yg masih cukup terngiang di benak saya sampai saat ini. Sebut aja, Karmila, Noktah merah, hingga yg bergenre action seperti Jalan makin membara dan deru debu... Semuanya berkualitas, dan pastinya layak tonton.

Bagaimana jika kita membandingkan yg dulu dengan sekarang?
well... anda bisa menilainya sendiri. Udah bukan rahasia lagi kan, kalo banyak sinetron Indonesia yang ceritanya plagiat? Paling banyak, dorama Jepang hingga drama Korea & Taiwan yg jadi korban 'plagiat' Shitnetron Indonesia. Salah satu contohnya, "buku harian Nayla" yg ketangkep basah ngejiplak "One litre of tears"-nya Jepang. Contoh yg lebih lazim lagi adalah, "siapa takut jatuh cinta" yg ngejiplak "meteor garden". Kalo gak salah, ini shitnetron tayang pas jaman saya smp. Sebenernya banyak banget judul plagiat yg bisa saya sebutin disini. Tapi, karena menurut saya masih ada beberapa judul "yang lebih parah" lagi, maka saya urungkan niat saya buat ngebahas yg itu.

Sebenernya, judul2 yg akan saya sebutkan bukan judul sineton, melainkan lebih mirip sebuah film lepas, yg tayang di TPI. Tapi, what the hell... sama2 ngerusak kok. Jadi ya dipukul rata aja.

Believe or not, Judul2 dibawah ini bakal bikin kalian kaget, ketawa, ato mungkin makin jengkel dgn dunia persinetronan Indonesia, karena yg dijiplak bukanlah dorama ato drama asia, melainkan film2 box office holywood!! Gile aje.... mau tau apa aja??
Well, take a deep breath guys... Here we go!

1. PETUALANGAN KE PERUT BUMI
jiplakan dari: JOURNEY TO CENTER OF THE EARTH


Sinopsis: CECEP adalah anak yang malas belajar. Suatu hari BU TINI menghukum CECEP yang mendapat nilai ulangan 0 karena tidak belajar. CECEP tidak boleh keluar rumah selama liburan.

Esoknya, seorang anak perempuan datang ke rumah. Anak yang bernama CICA itu mengatakan ia sedang belajar isyarat Morse Pramuka. CICA mengatakan kalo ia menerima isyarat Morse lewat radio-nya. Bunyinya: Tolong!.. Aku ada di dalam kawah Gunung Tangkuban Perahu!!.. Dodi Hidayat. BU TINI kaget karena Dodi Hidayat adalah suaminya yang hilang setahun yang lalu waktu meneliti kawah Gunung tersebut. Di situ tertulis bahwa perjalanan Pak DODI harus berakhir sebelum hari ulang tahun CECEP. CECEP terharu dan langsung bertekad untuk mencari Bapaknya.

Malamnya diam-diam CECEP pergi berbekal ransel naik bis ke Bandung-Lembang, tempat di mana Gunung Tangkuban Perahu berada. BU TINI panik mencari kemana-mana dan bertemu dengan CICA. CICA yakin kalau CECEP pergi ke Gunung Tangkuban Perahu. CICA lalu menyusul.

Admin says: Udah, sampe segini aja... kalo banyak2 nanti muntah.
Saya akan gambarkan secara singkat saja. Mereka masuk ke perut bumi melalui gunung tangkuban perahu, dan didalamnya.... well, selanjutnya adegannya benar2 sama persis dengan yang diperankan oleh Brendan Fraser di JOURNEY TO THE CENTER OF THE EARTH.

What the...????


2. SATRIA BAJAJ MERAH
jiplakan dari: TRANSFORMERS


Sinopsis: Dua buah komet tampak saling berkejaran di angkasa. Salah satu komet kemudian jatuh di bumi dan mengenai sebuah bajaj milik Alvin. Komet yang lain mengenai metromini. Bajaj dan metromini kemudian berubah menjadi robot.

Ternyata di tengah jalan terjadi peristiwa yang mengejutkan. Bajaj Alvin berubah jadi robot dan bertarung dengan robot Kopaja. Masing –masing robot memanggil bantuan. Robot memanggil robot boxi dan Kopaja memanggil robot touring.

Ternyata semua robot-robot itu memperebutkan mutiara alam semesta. Mutiara alam semesta itu bisa menyalurkan kekuatan luar biasa pada semua robot di jagat raya. Robot Kopaja ingin menggunakan mutiara alam semesta itu untuk menguasai alam raya. Bajaj ingin melindungi bumi dari kejahatan robot Kopaja. Sedangkan peta untuk ke tempat mutiara dipegang oleh Alvin. Jadilah Alvin terlibat dalam perebutan mutiara alam semesta itu.

Admin Says: For God sake!!! Film Transformers yg keren-nya kayak gitu langsung dicomot aja ceritanya.... Dan yang paling patut disoroti adalah kualitas animasi yg tentunya bagaikan langit dan bumi jika dibandingkan dengan yg aslinya. Kebayang nggak, gimana reaksi Michael Bay kalo dia nonton ini shitnetron?? Bakalan serangan jantung kali ya... heheheh


3. PITUNG THE MASTER
jiplakan dari: X-MEN (wolverine)


Sinopsis: Jiebuh sedang main PS dengan Rozak, kemudian petir menyambar dan tiba-tiba saja muncul Manusia Srigala yang kemudian mengambil Jiebuh dan membawanya masuk ke TV (dunia PS). Rozak bingung melihat Jiebuh ada di dalam TV dan terkurung di sebuah kerangkeng.

Manusia Srigala kemudian muncul dan akan menangkap Rozak, namun Rozak segera kabur mencari Daus. Manusia Srigala muncul untuk membawa anak-anak masuk ke dalam dunia PS-nya. Di dalam dunia PS anak-anak akan dijadikan makhluk-makhluk petarung tangguh yang jahat.

Admin says: ehmm.. sekilas gak ada yg aneh tuh, dari sinopsisnya? Mana nya yg ngejiplak? hehehe pengen tahu??? Pantengin aja gambar manusia srigalanya ini....!

Mirip sape ye?


4. MANUSIA KELELAWAR HITAM
jiplakan dari: BATMAN DARK KNIGHT


Sinopsis: Manusia kelelawar membuat onar kampung. Ini disebabkan Peter mengambil seekor anak kelelawar yang berwarna emas, Peter kemudian menjualnya. Pitung kemudian muncul menghadapi Manusia Kelelawar Hitam. Tetapi ternyata sayap Manusia Kelelawar Hitam sangat kuat dan sulit ditembus.

Lagi-lagi Pitung dikalahkan. Pitung berhasil menggabungkan jurus Macan Kumbang dan tendangan tornado. Kali ini jurus Pitung bisa mengalahkan Manusia Kelelawar Hitam. Tetapi ternyata manusia Kelelawar Hitam mempunyai jurus hipnotis. Manusia kelelawar Hitam kemudian menghipnotis Aisyah dan yang lain untuk melawan Pitung. Pitung kebingungan ketika harus menghadapi warga. Pitung kemudian menotok warga dan berhasil membuat warga sadar dan berhasil mengalahkan manusia kelelawar.

Admin says: Perasaan saya sendiri campur aduk ketika lihat yg satu ini... antara geli, bawaannya mau ngakak, & juga prihatin. Bagaimana tidak?? jelas2 logo batman dicantumkan dengan jelas disitu, dan si sutradara tak berotak itu meng-klaimnya sebagai tokoh lain bernama manusia kelelawar hitam??? Ya ampuunn.... gak takut kena tindak pidana apa? Gak wedi dipripeni BOB KANE iki... hehehe


5. JOKER MANUSIA USIL
jiplakan dari: ya THE DARK KNIGHT lagi... cuman yg dijiplak Jokernya doang....


Sinopsis: Joker muncul dari sebuah cahaya, cahaya itu adalah sebuah piring terbang yang turun dari langit. Cahaya dari piring terbang melesat kemudian berhenti tepat diatas komik Batman. Komik yang tengah dibaca oleh Daus.

Sementara itu, Toing dan teman-temannya yang tengah pergi ke Mall. Joker membawa Daus ke Mall. Di Mall itulah terjadi persoalan yang menggemparkan. Joker membuat masalah. Untung saat itu Toing ada disana, ia kemudian merubah dirinya menjadi Pitung.
Pitung pun beraksi mengalahkan Joker.
ini dia joker nyaaaaa......

Admin says: Agaknya, si sutradara plagiat masih betah bereksplorasi dengan film The Dark Knight. Setelah Batman, sekarang giliran Joker yg imejnya dihancurkan disini. Saya gak bisa ngomong banyak soal yg ini... ngelus dada aja deh....


6. PREDATOR SANG PEMBURU
jiplakan dari: ALIEN VS PREDATOR (cuman yg dicomot predatornya doang)


Kedatangan Predator ke bumi, ke alam manusia sebenarnya untuk mempelajari gerak gerik manusia. Namun kenyataannya dia berbuat jahat.
Predator yang muncul dibumi ini adalah salah satu Predator jahat.

Ketika bertemu Pitung, sang Predator malah membuat masalah ingin menaklukan si Pitung. Terjadilah perkelahian, Kemuning di culik. Dibawa keduanianya Predator. Untung Pitung bisa menyelamatkan. Peter dan Ling Ling juga merasakan kekejaman Predator. Namun semuanya bisa diselesaikan oleh Pitung.

Admin says: well, mari kita lihat dari segi positifnya. Setidaknya tokoh pitung yg merupakan local genius asli Indonesia terlihat begitu perkasa disini...


7. TERMINATOR MANUSIA MASA DEPAN
jiplakan dari: TERMINATOR


Sinopsis: Daus mendapat firasat lewat impian tentang Toing yang dikejar-kejar oleh manusia planet manusia masa depan. Toing dianggap akan merusak kehidupan masa depan.
Makanya diutus manusia masa depan datang kebumi, untuk menangkap Toing.

Penangkapan yang dilakukan manusia canggih, yaitu robot masa depan, selalu mengalami kegagalan. Karena Toing adalah Pitung.
Pitung sendiri mengalami kekalahan, tetapi ia dibantu oleh H Safei. Yang pada akhirnya Pitung mampu melakukan aksinya kembali, sebagai pembela kebetulan…eh, kebenaran. Manusia masa depan pun musnah ditangan si Pitung, nyemplung dikawah. Tenggelam dalam kawah.

Admin says: Maafkan kami bang Arnold!!


8. MANUSIA LABA LABA HITAM
jiplakan dari: SPIDERMAN 3


Seorang maling perempuan digigit oleh laba-laba hitam dan berubah wujud menjadi manusia laba-laba hitam. Manusia laba-laba hitam kemudian mengambil barang-barang berharga milik warga. Pitung sempat terkena racun dari mulut manusia laba-laba hitam hingga membuatnya pingsan.

Untunglah Syafei berhasil menyembuhkan Toing. Tapi sungguh sayang, Aisyah diculik oleh manusia laba-laba hitam.
Semua kemudian mencari Aisyah. Ternyata manusia laba-laba hitam sudah memasang perangkap dan berhasil mengenai warga. Untunglah Pitung berhasil mengalahkan manusia laba-laba hitam dan membebaskan Aisyah.

Admin says: Kelihatannya film spiderman 3 yg dibesut oleh Sam raimi benar2 menginspirasi sutradara shitnetron ini. Inspirasi buat ngejiplak maksudnya. Dengan kostum yg persis sama (kualitas beda dooong...), mereka menciptakan tokoh baru, Manusia laba2 hitam! Tokoh udah jadi, tinggal bikin skenario, yg celakanya, ancur2an pula. Buset...

Tobey Maguire says: Oh shit.....


9. TOPENG MONSTER MIMPI
jiplakan dari: NIGHTMARE ON ELM STREET


Karena lupa sholat Isya, Toing bermimpi didatangi Monster Mimpi yang menyeramkan. Bahkan Monster Mimpi menarik Toing dan teman-teman ke dalam mimpi!! Dalam mimpi, Monster Mimpi membuat semua anak ketakutan. Bahkan Pitung tidak mampu mengalahkan si Monster Mimpi!! Hingga akhirnya Pitung CS sepakat berdoa sambil bergandengan tangan. (Buat adek2, mangkanya jangan lupa sholat ya... ntar kejadian kayak gini loh.)

Mereka lalu bangun berbarengan. Yang mengangetkan Monster Mimpi ikutan keluar dari mimpi! Bahkan Monster Mimpi mengganggu penduduk Kampung Goyang! Kali ini Pitung perlu usaha keras untuk mengalahkan Monster Mimpi yang makin lama semakin kuat!!

Admin says: Kali ini, giliran Freddy Krueger yg kena getahnya. Dengan make up dan juga kostum yg sama persis, mereka menduplikasi krueger, dan mendirikan story line sendiri. Selain itu, film ini masih diperburuk oleh animasi serangan, ledakan, yg celakanya kualitasnya benar2 amatiran.


10. PETUALANGAN BERSAMA SUKU BIRU
Jiplakan dari: AVATAR

Penduduk kampung Heru ketakutan dengana adanya suku biru. Saat sedang menebang pohon di hutan, kaki Heru terkilir karena dikejar suku Biru. Suatu hari Kepala Kampung di mana HERU tinggal mengadakan rapat. Kepala Kampung mengatakan kalau suku berwarna biru itu merusak hutan, karena itu suku manusia biru harus di bujuk untuk meninggalkan hutan. Kepala kampung meminta ada warga yang mengajukan diri untuk sebagai sukarelawan untuk pergi ke suku manusia biru. Si sukarelawan harus menjadi bagian Suku Biru agar bisa di bujuk.

admin says: Buat yg satu ini, saya benar2 speechless... Jelas banget ini filem ngejiplak apa. Supaya ketawanya bisa lebih kenceng lagi, ini saya kasih skrinsyut nya:




Kira2 apa reaksi James Cameron kalo ngeliat ini ya?

Nah, diatas adalah kumpulan contoh betapa buremnya dunia persinetronan Indonesia. setelah melihat postingan ini, saya mengajak kalian semua buat melakukan koreksi (ya iya lah... jgn cuman bisa jelek2in doang.. hehe).

Kira2, apa penyebabnya, hingga muncul berbagai judul & cerita yg nggak jelas kayak gini?

Ada beberapa yg saya tahu.
Ehem...!!!

1. Budaya masyarakat Indonesia yg terkenal latah.
Mereka gampang ter-influence, dan juga meniru segala sesuatu yg sedang trend, ato yg sedang digemari saat itu. Dan parahnya, budaya latah ini dibawa masuk ke dalam perfilman.

2. Minimnya dana pendukung
Jika ada dana yang menunjang, biar kata filmnya plagiat, kayaknya kualitasnya gak bakalan se-drop ini deh. Minimnya dana yg dikucurkan kayaknya emang mempengaruhi dunia perfilman Indonesia. Sineas2 kita gak bisa jor2an kayak di Holywood... mo bikin adegan ngeledakin bemo aja masih pikir2 dulu.

3. Minimnya kreatifitas
Jika mereka kreatif, maka mereka gak bakalan bikin film plagiat kayak gini. Betul kan? Inilah yg menjadi 'akar' dari semua kebobrokan diatas. Kurang ide, kurang eksplorasi, dan juga kurangnya informasi ditengarai menjadi penyebab utama makin gak bermutunya dunia perfilman Indonesia saat ini.

4. Minimnya SDM yg mumpuni
Sebenernya, ini gak bener juga, Pasalnya, banyak sekali animator2 Indonesia yg turut ambil bagian di proyek2 besar film Holywood. Di film 2012, contohnya. Ada nama animator Indonesia yg turut berperan disana. yahh... gak usah jauh2 deh... pada tahu IPIN & UPIN dong? Karya anak bangsa tuh... cuman, yg punya dana orang Malaysie. Mereka pada sadar, dunia perfilman Indonesia sulit berkembang, dan kayaknya masa depan mereka bakalan surem kalo tetep join progress dgn sineas di Indo. Mangkanya mereka go Internasional, dan mereka berhasil... Tinggallah yg SDM nya pas2an...

5. SDM Masyarakat Indonesia yg rendah.
Udah shitnetron isinya gak mendidik, ceritanya gak masuk akal pula. Tapi herannya kok masih adaaa, aja yg nonton ya? Ya itu dia... SDM masyarakat Indonesia tergolong masih rendah, sehingga mereka masih mau menelan bulat2 cerita shitnetron yg makin gak jelas juntrungannya itu. Coba aja, tayangin Shitnetron Indonesia di Negara2 lain. Bakalan di Boikot pasti. Gak menddidiiiikk...!!!

6. Ngejar untung doang
Akhirnya, semua masalah ini bermuara pada uang. Yep, para produser tolol itu hanya mengutamakan keuntungan, sehingga mereka terus membuat shitnetron tak bermutu seperti ini. Asalkan shitnetronnya laku, rating tinggi, maka biar kata cerita udah abis, masiiih aja dilanjutin. Akhirnya, cerita yg udah dipaksakan menghasilkan shitnetron dgn kualitas yg 'shit' pula. Dan parahnya, ini ditonton oleh banyak orang, termasuk generasi muda. Buntutnya, ya makin rusak moral ini bangsa. Lagian Shitnetron ini tayang tiap hari....


APE' DEEEEHHH.....

Yahhh... kalo ngomongin burik.. eh.. buruknya shitnetron Indonesia gak bakalan ada habisnya deh. Jadi, mending kita alihkan perhatian kita buat menonton acara2 lain yg bermutu, dan pastinya layak tonton.

O,ya sebagai penutup, saya ingin beri pertanyaan buat kalian semua. Apakah dampak positif yg bisa didapat dari nonton shitnetron??? Ada nggak?

Posted Originally by: Animovies.

22 komentar:

  1. Kak, artikeLnya bagus.
    Lucu banget. Saya ngakak-ngakak baca ini.

    Memang bobrok banget nih sinetron Indonesia. haiish.

    Yaa, kaLo ditanya untungnya apa nonton sinetron, ya menguntungkan bagi yang SUKA (rata" yang seLeranya rendah tu). Bagi yang SUKA itu sinetron adalah hiburan bagi mereka.
    kaLo saya mah,
    i'm sorry NO WAY kaLii.. xD

    BalasHapus
  2. Makasehh buat responnya...
    emang sih sinetron Indonesia pada ancurr...
    tapi moga2 aja masih bisa tertolong, ya....

    kalo buat saya sih, nonton sinetron g ada dampak positifnya dehh... mending tv saya njeblug daripada buat nonton gituan.
    hahaha

    BalasHapus
  3. yg paling bikin ngakak avatar! hahaha
    menghibur dan ngasih pengetahuan jg nih postingannya :)

    BalasHapus
  4. @ anonim: saya justru shock pas pertama kali lihat ini sinetron... yaa... moga2 aja buat kedepannya, sinetron Indonesia bisa lebih bermutu lagi, ya...

    BalasHapus
  5. memang brad . gw males banget nontonnya
    GA ADA MUTU . WAKAKAKAK ///

    BalasHapus
  6. Semoga aja, kedepannya
    bisa jauh lebih bermutu lagi ya brad...
    :)

    BalasHapus
  7. wuohhh... bagus nih artikel ^_^
    good, good, good!!!

    ^_^ btw yg kyk Batman itu cuma plesetan apa serius njiplak?

    BalasHapus
  8. @ Anonim: Kayaknya sih njiplak, lah gan...
    secara, dari awal konsep serialnya juga udah
    njiplak. hehehe...

    BalasHapus
  9. ane juga sering liat plagiat gini keep posting

    ane shock liat plagiatan indonesia acur abiss

    BalasHapus
  10. @ atak: Sama gan, ane juga shock...
    he he he oke, makasih, gan buat komennya... :)

    BalasHapus
  11. ternyata yang punya pikiran kayak gini bukan cuman gw...

    BalasHapus
  12. @ denseno: Iya gan, banyak malahan... thanks buat komennya.. :)

    BalasHapus
  13. salam kenal mas febrian.
    bener tuh.p**j*bi CS cuma mau untung nya doank.

    BalasHapus
  14. @ farid: ha ha iya ya... coba kalo mereka lebih peduli dikit ama dampak yg dihasilkan sinetron bikinan mereka...

    BalasHapus
  15. wkwkwkwkwk gokillll. .sumpah ngakak baca nya. .wkwkwk andai sutradara asli smua film tu ngeliat versi indonesia nya, ,bakal kena boikot n black list dah jaringan bioskop indonesia. .
    parah abisss. .jiplak mah boleh asal ga ketauan, ,tp ya ga kayak gini jg kaleee wkwkwkwk

    nice post om. .keep it up. .jempollll buat om Febrian. .

    BalasHapus
  16. @ Anonim: Jangan sampe mereka tahu... kalo di blacklist beneran,kita loh yang manyun gak bisa nonton fil2 hoolywood...:)

    BalasHapus
  17. Saat sy baca artikelnya, sy jadi berpikir " Malu saya jadi orang Indonesia".

    BalasHapus
  18. @ Anonim: Ha ha ha Jangan gitu ah gan, banyak juga kok film keren karya sineas muda asli Indonesia...

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. @ Song Hye Ah: Iya, saya juga malu nulis nya... x_x

      Hapus
  20. Kayaknya bkn SDM yg rendah deh, di Indo byk bgt kok orang kreatif yg kualitasnya g kalah ama luar negeri.

    cumaaaaan...yg salah tuh di produsernya yg cm ngejar duit aja dan krg idealis

    BalasHapus
  21. :v dan kita lihat apalagi yang akan muncul ditahun ini. :v :v

    BalasHapus