Senin, 27 Desember 2010

Jenis-jenis kualitas film di Internet

Mungkin bagi pecinta film, yg demen ndonlot di Internet, seringkali menjumpai kata-kata seperti ini:
DVD Rip, DVD Scr, CAM, TS, TC, & R5. Apaan tuh??
Mungkin ada yg udah tau, ato mungkin ada juga yg belon tau.
Yah, ini saya cuman sekedar sharing, kali aja bermanfaat,
dan bisa buat masukan bagi para downloaders sekalian.
So, check this one out...!

Yak, DVD Rip, DVD Scr, CAM, de el el adalah nama kualitas file video yg akan anda download. Tentu saja, mengetahui kualitas file sangat penting, karena ini menentukan baik / jeleknya mutu film yg akan anda peroleh. Tentunya, anda gak mau kan, udah capek2 nge-donlot film, begitu disetel... yaahh... gambarnya ancur...
Nah, berikut ini akan saya paparkan satu-per satu, biar lebih jelas lagi.

1. DVD Rip

Adalah copy dari DVD asli. Kualitas sangat baik (DVD Quality). DVDRip Kualitasnya setara dengan Original DVD yg beredar di pasaran. DVDrips dikeluarkan dalam SVCD dan DivX / XviD.
Gambar jelas, suara bening, dan biasanya ukuran file berkisar diatas 600mb-an. Meskipun, ada beberapa situs yg mengkompresnya menjadi lebih kecil supaya lebih mudah di download. Tapi, berhati-hatilah! Makin kecil ukuran file, makin buruk pula kualitasnya.
Worth to Download? YA

2. Br Rip

adalah copy dari Blu-ray disc asli. Kualitas jauh diatas DVD Rip. Gambar lebih tajam, warna lebih kinclong, dan tentunya suaranya bombastis. Namun, file berlabel BR rip bisa berukuran 1 giga lebih. Bahkan, saya pernah menjumpai film transformers revenge of the fallen Blu-ray rip, dengan ukuran 8 giga. Begitu disetel, Wow! Maknyosss....!!!
Worth to Download? SANGAT

3. DVD Scr
Atau DVD Screener, biasanya adalah salinan dari sebuah PROMO Dvd. DVDScr keluar sebelum DVD asli keluar di pasar. Ciri-ciri Video kualitas ini biasanya memiliki watermark dalam video, Kadang-kadang di beberapa bagian dari video Movie berubah dalam warna hitam dan putih.
Kualitas baik, dan apapu film yg ada di dalamnya, sangat layak tonton.
Worth to Download? YA

4. R5
Mengacu pada format tertentu yg dirilis di DVD Region 5, bekas Uni Soviet, dan format rilis ini merupakan selundupan salinan yang didistribusikan di Internet. Dalam upaya untuk bersaing dengan pembajakan, industri film memilih untuk membuat sebuah format baru untuk DVD rilis yang dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih murah daripada rilis DVD tradisional. Kualitas baik karena RIP video langsung dari DVD.
Worth to Download? YA

5. CAM

Adalah rekaman yg dilakukan secara manual dari dalam bioskop. Maksudnya, seperti ini. Pelaku membawa masuk handycam ke dalam bioskop, dan merekam film yg diputar dari awal sampai akhir. Kualitasnya? Naudzubilah! Jika tidak menggunakan tripod, maka gambar akan seringkali goyang. Belum lagi, kualitas gambar & suara sangat bergantung pada jenis handycam yg digunakan. Dan,yg paling parah adalah, adanya 'iklan' berupa orang lewat di depan si perekam. Nah looo... mendingan, pikir2 dulu deh kalo mau ndonlot film dengan embel2 ini. Satu2nya kelebihan versi ini adalah, sudah keluar beberapa minggu sebelum versi DVD Rip rilis.
Worth to Download? TIDAK

6. TS

Atau Telesync, kualitasnya sama dengan CAM namun menggunakan sumber audio eksternal. Sebuah sumber audio langsung tidak menjamin kualitas audio yang baik, karena banyak kebisingan latar belakang yg dapat mengganggu. Jadi, jika pada saat merekam si pelaku kentut, preeet... ya masuk deh itu suara kentut ke rekaman. Kualitas mengerikan.
Worth to Download? TIDAK

7. TC
Sebuah mesin telecine salinan dari film digital dari reels. Suara dan gambar seharusnya cukup baik, namun karena peralatan yang terlibat dan memakan biaya, maka film dengan embel2 telecines cukup jarang saya temui. Kualitas biasa aja.
Worth to Download? ANTARA YA DAN TIDAK

8. Workprint

hasil dari film yang belum selesai, dan terlebih dulu bocor ke masyarakat. Dikarenakan film belum final, maka bisanya terdapat adegan yang hilang, animasi yg renderannya belon kelar, film yg terpotong dan belum sampai selesai, dan suara yang tidak beraturan. Kualitas film dengan tipe ini bevariasi, dari yang paling baik hingga yang paling buruk.
Contohnya adalah Wolverine origin dan juga Harry Potter yg terbaru.
Worth to Download? TIDAK

Sekalian, ini saya kasih alamat situs download film gratis yg menjadi langganan saya (kali aja ada yg belon tau).

1. 300mb films
link: http://www.300mbfilms.com/
2. 300mb moviez
link: http://www.300mbmoviez.com/
3. Mediafire moviez
link: http://mediafiremoviez.com/
4. Cinema3satu
link: http://cinema3satu.blogspot.com/

yah, itung2 amal deh, promosi'in situsnya orang...
Semua film yg ada disitu, rata2 udah DVD Rip,dan ukurannya kecil (kisaran 300 mb keatas).Lagian, link nya kebanyakan Mediafire.
Jadi, bakalan mantep dah kalo ndonlot disini...
weitsss... jangan lupa IDM nya diaktifin dulu!

Well, itu tadi info mengenai macam2 kualitas film yg bisa saya bagi disini. Kalo ternyata ini repost, ya maaf ya... heheheh

Posted Originally by: Animovies.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar