Kamis, 25 Agustus 2011

Analisa mengenai kostum Kamen Rider


Tak terasa, bulan yang penuh berkah sebentar lagi berlalu.
Semoga saja, kemenangan didapat oleh kita semua yang menjalankan,
dan mendapat ampunan di hari yang fitrah nanti. Amiin...

Jika melihat kebelakang, kayaknya sudah cukup lama saya tidak menyentuh pokok bahasan yang berhubungan dengan tokusatsu. Oleh karena itu, untuk menyegarkan kembali semangat dan antusiasme kita akan superhero asal negeri sakura ini, ada baiknya kita tengok lagi bahasan yang berkaitan dengan tokusatsu (itung-itung menyambut kedatangan kamen rider fourze).
Kali ini saya tak akan membicarakan tentang siapa yang terkuat, karena hal itu pasti akan sangat kontradiktif nantinya. Selain itu, saya memang ingin membahas satu aspek lain mengenai tokusatsu (kamen rider tepatnya), yaitu kostumnya.

Tak terasa, era Kamen rider sudah mencapai tahun ke empat puluh. Terhitung sejak zaman showa yang ditandai dengan kemunculan kamen rider bersaudara ichigo & nigo, sampai era heisei yang diawali oleh kemunculan kuuga. Saat ini, TV Asahi sudah menayangkan episode-episode akhir dari serial kamen rider OOO (OZ) dan bersiap menyambut kamen rider generasi baru, yaitu Fourze! Namun, terhitung sejak kemunculan kamen rider-kamen rider heisei, para penggemar kesatria bertopeng ini banyak yang mencibir satu aspek yang dirasa sudah melenceng jauh dari pakem kamen rider sebelumnya, yaitu kostum.

Jadi, dalam daftar yang sudah saya susun ini, ada beberapa nama kamen rider, yang mendapatkan reputasi buruk mengenai kostumnya. Mengapa ya,kok banyak penggemar yang kecewa dengan kostum mereka?

1. Decade




Dalam serialnya, Decade disebut-sebut sebagai 'akuma' atau iblis yang akan menghancurkan dunia. Ketika pertama kali saya membaca sinopsisnya, saya pikir, penampilannya bakal lebih keren dari kiva, lebih garang dari gills, atau lebih menakutkan dari Momotaros. Jujur aja, saya sempat kecewa ketika warna primer yang ternyata digunakan oleh sang desainer sebagai warna kostum Decade adalah pink. Selain itu, decade juga punya hiasan garis-garis vertikal di kepalanya (mirip-mirip ryuuki) yang entah melambangkan apa. Saya sendiri kurang paham apa konsepnya. Apakah kostum decade memang dimodel seperti ini untuk memperingati 1 dekade era heisei? atau kostum ini hanya sebuah kegagalan besar dalam proses eksekusi desain? Namun terlepas dari itu semua, Decade merupakan kamen rider yang memiliki kemampuan yang begitu unik.

2. Hibiki



Seri Kamen rider Hibiki mungkin lebih cocok jika dikategorikan dalam genre drama. Yah, bagi kalian yang sudah nonton pasti tahu sendiri kan? Selain itu, nuansa local genius mengenai budaya jepang agaknya memang menjadi tema utama bagi kamen rider yang satu ini. Namun, kembali lagi ke masalah kostum. Hibiki bahkan sama sekali tidak mirip dengan Kamen rider! Jika kita tengok ke belakang, desain kostum kamen rider identik dengan mata merah-besar ala serangga, sepasang antena yang ada di kepala, dan juga senjata yang kadang berupa pedang, tongkat atau senapan. Namun, ketika kita melihat desain kostum Hibiki, apa yang kita dapat? Dia benar-benar sudah melenceng jauh dari pakem kostum kamen rider pendahulunya. Selain itu, caranya melakukan finishing blow untuk menghabisi musuh benar-benar aneh.
Mungkin akan lebih baik jika Hibiki tidak digolongkan dalam kelompok kamen rider, dan berdiri sendiri sebagai superhero baru dengan konsep yang baru pula.

3. Diend



Dalam serial kamen rider decade, ada satu lagi kamen rider dengan bentuk kostum yang nyeleneh. Yah, Siapa lagi kalau bukan Diend? Meskipun dia terlihat seragam dengan decade, Desain kostumnya bukan berarti lebih baik. Dari kepala hingga ujung kaki, sama sekali tak ada poin penunjang yang bisa membuat outfit kamen rider ini kelihatan lebih baik. Satu-satunya yang bisa menolong kamen rider ini adalah kemampuannya yang luar biasa.

4. Fourze



Ini dia kamen rider generasi terbaru, yang saat ini memegang tongkat estafet ke 40 sejak era ichigo & nigo. Namanya adalah Fourze, satu-satunya kamen rider selain super one yang memiliki kekuatan tempur dengan teknologi luar angkasa. Fourze memiliki empat switch yang memiliki 4 kekuatan berbeda. Switch ini disebut juga dengan "Astro switch" dan bisa dimasukkan dalam fourze drive. 4 switch yang pertama kali diperkenalkan adalah Rocket pada tangan kanannya, Launcher pada kaki kanan, Radar pada tangan kirinya, dan terakhir Drill pada kaki kirinya. Dan mungkin karena konsep luar angkasa itulah, desain kostum fourze tergolong nyeleneh untuk ukuran seorang kamen rider. Jika kalian cermati, fourze memiliki simbol mirip tombol-tombol Playstation (lingkaran, kotak, silang & segitiga) di kedua tangan & kakinya. Apakah hanya kebetulan, atau memang disengaja saya masih kurang tahu. Sebenarnya, jika dilihat dari segi ide, konsep kamen rider fourze dinilai sudah cukup matang. Hanya saja eksekusi pembuatan kostumnya lagi-lagi mendapatkan cibiran dari penggemar tokusatsu. Lihat saja, fourze bermuka hitam, berkepala lancip, dan bertubuh aneh berwarna putih (kayak pocong). Apakah nantinya para fans tokusatsu bisa memakluminya karena aspek cerita yang bagus? Well kita nantikan saja...

5. W (double)


Jika rekan-rekannya kebanyakan bermasalah dengan desain kostum, maka W tidak demikian. Menurut saya, desain kostum W tidak ada yang salah, dan sudah mulai kembali ke pakem lama yang memang seharusnya dijadikan patokan. Hanya saja, W bermasalah dengan warna! Buat saya pribadi, warna dari kamen rider yang satu ini tergolong aneh, dengan pengkombinasian yang kurang pas.
Pewarnaan satu sisi yang kontras dengan yang lain mengingatkan saya pada tokoh metal hero yang dulu pernah populer, yang bernama Metalder.

Namun, tidak berarti semua kostum kamen rider era heisei layak mendapatkan cibiran. Bahkan, menurut saya ada beberapa kostum yang layak mendapatkan apresiasi, dikarenakan desain yang begitu menarik, dan juga pas dengan konsep cerita yang diusungnya. Setidaknya, menurut saya ada 4 kostum Rider heisei yang bisa disebut sebagai " the best rider costume design".

1. Faiz




Desain kostum Faiz benar-benar menonjolkan sisi futuristik yang menjadi tema cerita kamen rider ini, meskipun awalnya saya merasa sedikit aneh dengan desain matanya yang bulat sempurna. Selain armor yang futuristik, tubuh Faiz juga dihiasi dengan ornament garis berwarna merah yang terpusat disabuknya, dan terhubung ke semua persendiannya. Mungkin, konsepnya untuk menunjukkan kemana energi yang berasal dari sabuk itu terpusat. Faiz masih memiliki form lain, yaitu versi accel yang juga menuai banyak pujian dari fans, dikarenakan desain kostum dan juga kemampuannya. Banyak fans yang menilai bahwa mengimplementasikan sisi fututristis ke dalam tema cerita kamen rider adalah ide yang brilian. Dan hal itu benar-benar sukses di seri kamen rider Faiz ini.

2. Dark Kabuto




Sejak awal, banyak sekali fans tokusatsu yang suka dengan desain kostum Kabuto. Namun, yang paling menyita perhatian saya bukan versi original ataupun hyper formnya, tapi justru versi dark-nya. Desainnya tentu tak jauh beda dengan Kabuto. Namanya saja dark, maka sudah tentu desainer harus memberikan nuansa yang lebih gelap dan jahat lagi. Mungkin tak banyak yang mengenal versi dark Kabuto ini, tapi saya yakin, jika kalian menganggap Kabuto itu keren, pasti kalian akan berpendapat sama dengan saya!

3. Kiva Emperor Form



Melihat kiva versi ini, mengingatkan saya pada superhero amrik keluaran marvel yang bernama spawn. Bentuknya sudah tentu jauh berbeda. Hanya saja, konsepnya mirip. Desain kostum Kiva versi original saja sudah begitu sukses mencuri perhatian, apalagi yang ini. Penambahan ornament-ornament berwarna keemasan membuatnya makin gagah, apalagi ditambah dengan jubah warna merahnya. Namanya saja emperor form, sudah tentu kostum kiva harus didesain semewah mungkin, dan harus mampu menunjukkan wibawa seorang raja.

4. Kuuga Rising Ultimate Form black eyes ver.



Kuuga merupakan satu-satunya Kamen rider dengan form terbanyak. Tiap-tiap form, bahkan memiliki versi rising. Yang tentu saja paling menarik perhatian adalah Rising Ultimate form. Warna hitam yang mendominasi sudah lebih dari cukup untuk mendeskripsikan betapa buasnya kuuga yang satu ini. Sudah tentu yang mampu menandingi kebuasannya hanya amazon & gills. Selain itu, tubuhnya juga masih dicover dengan berbagai ornament berwarna emas, yang tak kalah elegan jika dibandingkan dengan Kiva emperor form. Yah, gambar bicara lebih banyak daripada kata. Silakan kalian cermati sendiri setiap sudutnya...!

Apakah ada kamen rider lain yang terlewat oleh saya dan tak ada di dalam daftar? well itu sudah pasti. Sudah tentu saya punya pertimbangan kenapa tidak memasukkan mereka dalam daftar. Mungkin tulisan saya diatas terdengar sedikit subjektif, namun saya memang harus memilih satu sudut pandang yang saya anggap paling benar. Namun terlepas dari itu semua, Kamen rider merupakan salah satu dari sekian franchise tersukses dari negeri Jepang yang layak untuk selalu dinanti perkembangannya.

Beda serinya, sudah tentu beda tema ceritanya. Perbedaan aspek-aspek ini akan berdampak pada desain kostum, yang pastinya akan memunculkan kontradiksi tersendiri. Masih terlalu pagi untuk berkata seperti ini, tapi banyak fans yang sudah penasaran, akan berwujud seperti apakah kamen rider generasi terbaru setelah fans dikecewakan oleh wujud Fourze? Well, kita nantikan saja...

Posted originally by: Animovies.

10 komentar:

  1. Den-O juga banyak dikecam, karena kostumnya terkesan bongkar-pasang & asal tempel... :p

    Den-O & DCD mirip2 menurut saya... banyak yg ngga suka baik dari segi kostum maupun cerita, tp yang ngefans pun tidak kalah banyaknya. Saya pribadi termasuk yg sangat menyukai kedua seri itu, karena ceritanya yg sebenarnya sangat berat. Untuk Den-O, beberapa orang ngga suka karena kebanyakan bercandanya, tp buat saya itu malah eksekusi cerita yang brillian. Karena kalau Den-O dibikin 100% serius, kayaknya bakal jadi pretty depressing story.

    Btw~Decade itu bukan pink, tapi magenta~! XPPP

    BalasHapus
  2. @ blog of heidy: sejujurnya, saya agak bingung, apa mau masukin Den-O apa nggak. Form awalnya emang g begitu bagus, tapi liner form nya keren... ha ha ha Kalo untuk Den-O, saya rasa emang segmentasinya lebih mengarah ke anak-anak kali ya, jadi banyak adegan lucunya, dan ceritanya ringan. O iya, Decade emang magenta... baru inget, kalo Tsukasa suka marah kalo disebut 'pink'. anyway, thanks 4 the comments!

    BalasHapus
  3. lanjut doong..........

    BalasHapus
  4. @ Anonim: OK, gan, ditunggu yah... Makasih...

    BalasHapus
  5. ornamen garis di armor Decade n Diend emang mirip ama ornamen garis di armor Ryuuki coz kekuatan mereka kan berbasis dari Rider Card. .
    trus garis menyilang di Decade coz dia emang rider ke X (10) dalam generasi Heisei Rider. .
    eh, ,bener ga yah?Kuuga, ,Agito, ,Ryuuki, ,Faiz, ,Blade, ,Hibiki, ,Kabuto, ,Den-O, ,Kiva. .bener dia Rider Heisei ke 10. .makanya ornamen garis nya X gt. .

    klo soal armor terbaik, ,setuju Faiz. .coz emang Faiz dari segi cerita (menurutku) the best heisei rider story ever. .n henshin nya jg pake bawa2 sabuk kemana2. .jd sabuknya ga tau2 muncul gt. .bener2 natural. .

    BalasHapus
  6. @ Anonim: Satu lagi koreksi dari agan 'anonim'... saya jadi terbantu banget, makasih bwt komennyaaa...

    BalasHapus
  7. Masama om. .sesama penggemar Kamen Rider kudu saling bantu ^_^

    soal armor W, ,menurut ku keren. .coz balik ke bentuk Hopper. .trus form CycloneJoker balik lg pake slayer di leher. .gt jg ama karakter Skull. .soal warna, ,emang kayaknya di sesuaikan ama elemen nya. .Cyclone kan angin, ,n biasa nya angin tu hijau. .trus Heat kan merah, ,Metal basis dari iron, ,jd silver gt. .cuman emang kurang yakin ama elemen Joker, ,knapa jd item yah. . o.Oa

    tp form W paling keren yg FangJoker punya si Phillip. .cool abis. .walo cuman bs dipake bentar coz terbatas nya kemampuan Phillip buat handle kekuatan form itu. .

    BalasHapus
  8. @ Anonim: Setuju, gan... tapiii... saya tetap berpendapat kalau perpaduan warna separuh-separuh seperti itu agak kurang pas. mungkin bakalan bagus kalo dikombinasikan aja yah... well, just my opinion... thanks 4 da comments...!

    BalasHapus
  9. mau nambahin...kamen rider Exia di Kiva juga keren.. kalo kostum den-O emang sedikit agak kurang puas.. keren waktu berubahnya doang.. tapi di dukung jalan cerita yang bagus.. untuk Decade menurutku bagus, kesan simple dengan corak X nya cocok, cuma warna pinknya emang yang agak aneh.. tapi yang Paling Keren emang Faiz... apalagi kalo charging wuih maknyossss

    BalasHapus
  10. @ Anonim: Setuju banget, kayaknya rider dengan basic teknologi semacam faiz atau G3 emang layak dapet perhatian lebih dari segi kostum :D

    BalasHapus