Senin, 10 Oktober 2011

10 Karakter game tersukses versi Animovies

Akhirnya, sampailah juga saya pada artikel yang satu ini.
Jujur saja, sudah begitu lama admin ingin membuat artikel mengenai 10 karakter game tersukses-versi Animovies. Hanya saja, kurangnya data, bahan & referensi membuat saya mengurungkan niat, dan menulis artikel lain. Hal lain yang saya perlukan untuk menulis artikel semacam ini adalah keberanian. Yap, karena bukan tidak mungkin respon yang didapat justru berupa cacian & olok-olok, dikarenakan karakter yang masuk daftar tidak sesuai dengan angan-angan pembaca.

Namun, perlu diingat bahwa daftar ini tidak hanya berdasarkan pertimbangan saya saja. Daftar ini tersusun juga berkat referensi dari majalah, web, hingga orang-orang yang telah memainkan game itu sendiri. Sehingga, daftar 10 karakter ini tidak bisa disebut sebagai daftar asal-asalan. Karakter-karakter dibawah ini masuk daftar bukan hanya karena popularitasnya saja, tapi juga peranan di dalam game tersebut. Seberapa sentral tokoh itu dalam game, sehebat apa dia, semenarik apa dia, hingga seberapa besar influence nya bagi gamer. Semuanya memberi pengaruh sehingga jangan heran jika tokoh game yang legendaris justru tidak muncul.

Well, enjoy it...

10. Leon S. Kennedy-Resident Evil 4

Peringkat paling buncit diduduki oleh si tampan Leon S. Kennedy yang membintangi game Resident evil 4. Kendati gamenya dinilai sudah melenceng jauh dari mainstream survival horror, namun keberadaan tokoh ini memang patut mendapatkan perhatian. Dalam cerita, dia di plot sebagai agen khusus dibawah arahan langsung dari presiden Amerika, dan bertugas untuk menyelamatkan Ashley Graham (putri presiden) yang diduga diculik oleh sebuah organisasi misterius di pelosok Eropa (kemungkinan Spanyol). Organisasi tersebut bernama Los-Illuminados, dan bertujuan untuk menguasai dunia. Demi menyelamatkan sang gadis, Leon rela berhadapan dengan ratusan zombie, monster hingga berbagai macam bahaya yang menghadangnya. Lebih hebatnya lagi, dia melakukan semua itu hanya seorang diri!

9. Lara Croft-Tomb Raider

Walaupun pada mulanya penjualan Underworld tidak memenuhi harapan, tapi sudah jelas bahwa ini merupakan seri Tomb raider terbaik di abad 21. Jika dilihat dari segi gameplay bisa dibilang game ini terinspirasi oleh Prince of Persia dan juga Assasin Creed. Namun, berkat itu pulalah Lara bisa beraksi layaknya penjarah makam sungguhan. Terlebih lagi, eksistensi nona seksi yang sudah malang melintang di dunia game selama lebih dari 10 tahun ini sudah lebih dari cukup, untuk memberikan pembuktian bahwa dia layak masuk daftar ini.

8. Cloud Strife-Final Fantasy VII Series

Dialah tokoh sentral saga Final fantasy, yang mengawali kesuksesan game rpg ini di platform 3D. Ketika rilis di tahun 1997 silam, game ini sontak menjadi game paling dicari di kolong jagat. Begitu pula dengan tokoh utamanya, Cloud. Sudah bukan rahasia lagi kalau Square enix begitu menganak emaskan tokoh yang satu ini. Bayangkan saja, Cloud muncul di beberapa judul game FF, seperti FF VII Before Crisis, FF VII Crisis Core, FF VII, Dirge of Cerberus, hingga Kingdom Hearts & 2 seri Dissidia. Bahkan dia juga sukses membintangi seri Movie dari FF VII, Advent Children. Jadi, rasanya sampai 10 tahun mendatang tak akan ada lagi tokoh FF yang bisa menyaingi eksistensinya. Luar biasa!

7. Zero-Megaman X series

Serial Megaman tentu sudah tak asing lagi bagi penggila game action. Berangkat dari game original yang berjudul sama, Megaman mulai mencuri perhatian para gamer sejak di konsol lawas Nintendo. Namun, ada satu tokoh yang lambat laun berhasil menggeser popularitas X, yang notabene tokoh utama dari franchise ini. Dia adalah Zero. Maverick hunter merah ini begitu sukses membuat gamer jatuh cinta, baik dari segi penampilannya yang gagah, maupun kemampuannya. Sehingga jangan heran jika Zero justru selalu menjadi pilihan utama bagi para gamer ketika memainkan seri Megaman X. Berbekal dengan senjata pedang, kemampuan Zero dinilai jauh lebih baik dari X. Belum lagi, kemampuan yang didapatnya usai boss battle hampir selalu infinite! Bandingkan dengan X yang harus berhemat supaya tidak kehabisan amunisi. Jadi, Zero yang notabene adalah tokoh sampingan, popularitasnya justru mampu melebihi X, yang merupakan tokoh utama. Maka jangan heran jika dia masuk daftar ini.

6. Snake-Metal Gear Solid

Sudah tentu tokoh yang satu ini layak untuk masuk daftar. Sebagai contoh, lihat saja seri MGS yang ia bintangi, MGS: Peace walker yang mendapat nilai sempurna dari Famitsu dan menjadi game PSP pertama yang mendapat kehormatan itu. Sayang walaupun sangat keren, penjualan game yang satu ini bisa dibilang terpuruk. Untunglah pihak developer berencana untuk mem-port nya ke konsol HD seperti X-BOX 360 & PS3 yang rilis November 2011. Sedangkan MGS 3 Snake Eater yang di port di PS2 berhasil menyuguhkan gameplay maupun jalan cerita yang begitu superior, apalagi ditambah dengan Fitur survival yang membuat seri ini menjadi kian menarik.

5. kratos-god of war

Karakter beringas nan perkasa dengan suara menggelegar ini sudah pasti harus masuk daftar. Bahkan, game God of War III seolah telah menjadi game wajib bagi semua gamer yang punya PS3. Sedangkan seri pendahulunya (God of War & God of War II) sukses masuk jajaran game PS2 terbaik sepanjang masa. Mencari kebenaran jati diri, siapakah dia sebenarnya, menyelamatkan adiknya, sedikit membela kebenaran, membunuh dewa-dewa lain, bahkan menantang ayahnya sendiri-Zeus. Dialah Kratos!

4. Alex Mason-Call of Duty Black ops

Jika dibandingkan dengan aktor Hollywood, Alex Mason pastinya bakal menjadi aktor dengan bayaran tertinggi. Mengapa? Karena game-game yang telah ia bintangi selalu mencatat rekor penjualan yang fantastis pada saat rilis. Call of Duty black ops bahkan memperoleh penghasilan hari pertama dua kali lipat lebih banyak dari film fenomenal "Harry Potter and the deathly Hallows part 1". Hal ini agaknya sudah lebih dari cukup untuk membuktikan betapa suksesnya game ini. Karakter Mason sendiri yang sampai akhir masih menyimpan misteri cuci otak juga membuat banyak gamer penasaran. Call of Duty black ops dinilai sebagai game shooting tersukses, dikarenakan ditunjang dengan grafis yang luar biasa, dan game play yang sangat adiktif.

3. Nene Anegasaki-Love Plus

Sejatinya Love plus hanyalah game simulasi biasa. Gamer hanya harus melakukan "pedekate" dengan beberapa karakter di dalamnya sehingga pada melakukan 'pe de ka te', hingga akhirnya karakter cewek-cewek cantik tersebut bisa jatuh hati. Mungkin tak banyak gamer yang mengenal tokoh Nene Anegasaki, karena game Love plus sendiri tak begitu populer di Indonesia, mengingat game ini belum diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Tapi, tahukah kalian bahwa di Jepang ada seorang gamer yang menikahi NDS nya sendiri gara-gara game ini? Yap, karena terpikat oleh kecantikan tokoh fiktif di dalam game Love plus, gamer rela melakukan hal yang tak lazim. Ini membuktikan bahwa Nene telah memberikan pengaruh yang luar biasa hingga berhasil membuat gamer melakukan hal yang di luar nalar.

2. Lone Horsemen with no name-Shadow of the Colossus

Tak banyak gamer yang mengenal game dengan judul Shadow of the Colossus. Padahal, di Amerika, game ini sukses menjadi blockbuster, dan menenggelamkan game-game dengan nama besar seperti Final fantasy. Hal ini dikarenakan gameplay yang sangat simple, namun begitu adiktif. Lupakan masalah leveling, item, atau experience. Kalian tak akan menjumpainya di game ini. Tugas kalian sebagai gamer hanyalah membunuh 16 ekor makhluk raksasa yang disebut dengan Colossus, demi seorang gadis yang terbaring di altar. Sudah tentu, game ini mempunyai tokoh sentral. Yang sayangnya, tak diketahui namanya. Dia digambarkan sebagai seorang pemuda biasa, dan hanya bersenjatakan pedang dan panah ketika harus berhadapan dengan Colossus-colossus yang sebesar gunung. Tentu saja, kisah perjuangan seorang pemuda yang harus berhadapan dengan 16 Colossi demi mengembalikan nyawa gadis yang dicintainya patut mendapat apresiasi tinggi. Maka, tak salah rasanya jika menempatkan tokoh ini diposisi 2.

1. Menurut kamu siapa?
Mungkin kamu punya pertimbangan sendiri siapa tokoh yang paling pantas bertahta di daftar ini?

Itulah nama-nama tokoh game yang saya anggap sukses, dan mampu memberikan influence bukan hanya pada game itu sendiri, namun juga pada gamer. Ujung-ujungnya, game yang mereka bintangi selalu berhasil mencetak pemasukan yang fantastis bagi developer. Well, sudah pasti pendapat yang ada di benak tiap orang berbeda-beda. Saya menyusun daftar ini juga hanya berlandaskan pertimbangan secara pribadi, dan juga dari rujukan berbagai sumber yang saya rasa cukup menunjang. Terlepas dari itu semua, saya secara terbuka menerima saran & juga kritik akan postingan ini. Mungkin saja, kalian punya penilaian sendiri, atau mungkin punya daftar versi kalian sendiri? Maka tak ada salahnya untuk berbagi disini.

Ok, see ya in the next post...!

Posted by: Animovies
Data & Referensi: Majalah Zigma, Gamespot, & my personal thoughts.

5 komentar:

  1. gan kok lama amat gk update

    BalasHapus
  2. altair ezio (tokoh utama assassin creed) mana gan

    BalasHapus
  3. @ Anonim 1: masa? saya baru aja posting soal Transformers kok...:) karena kebanyakan artikel ini saya bikin sendiri,jadi sedikit makan waktu kali ya, he he he ditunggu aja untuk postingan selanjutnya....:)

    BalasHapus
  4. @ Anonim 2: Ezio & Altair? well, agan bisa tempatkan mereka di posisi pertama! :)

    BalasHapus
  5. makasih ya feb aku ini anonim 1 dengan 2 hehehehe

    BalasHapus