Sabtu, 02 Juli 2011

Makhluk-makhluk Mitologi yang ada di film & game (Bagian II)

Well, postingan kali ini masih merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya, yang membahas seputar makhluk-makhluk mitologi yang muncul dalam serial film atau game. Sebelumnya, saya mau mohon maaf terlebih dahulu, karena hampir 3 minggu nggak pernah posting. Maklum, karena lagi banyak hal yang harus saya kerjakan. Okey, sebelumnya saya udah menjanjikan akan melanjutkan postingan mengenai myth creatures, dan ini dia....!!

11. Kraken (Mitologi Skandinavia)

Kraken berasal dari mitologi Skandinavia. Ia merupakan monster laut yang sangat besar, dan banyak yang mempersepsikan bahwa dia berbentuk seperti gurita raksasa. Kraken seringkali tinggal di dasar samudera dalam waktu yang lama, dan kemudian naik ke permukaan untuk beristirahat. Kraken memiliki tentakel-tentakel yang luar biasa besar, dan mampu menghancurkan kapal terbesar hanya dengan sekali pukul. Makhluk ini muncul di film pirates of the caribbean sebagai binatang peliharaannya Davy Jones. Sebagaimana ular Midgard dalam mitologi Norse, Kraken kemungkinan akan bangkit ke permukaan pada akhir dunia.

12. Minotaur (Mitologi Yunani)

Monster separuh manusia separuh sapi dari pulau Crete ini merupakan anak dari ratu Crete yang bernama Pasiphae dan seekor kerbau yang dikirim oleh Poseidon. Suaminya, Minos memerintahkan agar makhluk tersebut dikurung dalam sebuah labirin di pulau Crete. Setiap tahunnya tujuh pemuda & tujuh perawan dikirimkan dalam labirin untuk dijadikan tumbalnya. Makhluk ini akhirnya mati di tangan Theseus di dalam labirinnya sendiri. Minotaur pernah muncul sebagai boss yang harus dikalahkan di game "Herc's Adventure".

13. Elf (Mitologi Skandinavia)

Elf adalah makhluk-makhluk legendaris yang berasal dari mitologi skandinavia dan seringkali muncul dalam dongeng-dongeng kuno dari eropa utara. Dalam mitologi Norwegia, elf tinggal di sekitar tempat-tempat yang asri dan alami, seperti hutan, gunung, telaga dan air terjun. Elf seringkali digambarkan sebagai pemanah yang handal. Secara fisik, kebanyakan Elf nampak seperti manusia seperti kebanyakan, namun mereka selalu tampak muda. Elf memang dianugerahi panjang umur, sehingga tak akan pernah tua. Namun, Elf bisa mati jika terluka atau dibunuh. Dalam fantasy kebudayaan barat, Elf terbagi dalam beberapa jenis, seperti Dark Elf, Light Elf, Night Elf, Half Elf, hingga High Elf. Makhluk ini pernah muncul dalam serial Lord of the Rings, diperankan oleh Orlando Bloom.

14. Ifrit (Mitologi Arab)

Rata-rata, umat muslim mengenal makhluk mitologi yang satu ini. Ifrit merupakan iblis yang muncul & mengganggu Rasulullah SAW, ketika beliau tengah melakukan perjalanan Isra' Miraj bersama malaikat Jibril. Secara umum, Ifrit digambarkan berkulit merah, bertanduk, bertaring, dan berambut panjang seperti Iblis kebanyakan. Ifrit sangat lekat kaitannya dengan api, oleh karena itulah banyak yang menggambarkan Ifrit diselimuti / menyemburkan api. Ifrit yang paling populer, tentu saja Ifrit yang kita kenal lewat serial Final Fantasy, sebagai summon yang senantiasa menjadi andalan para gamer.

15. Pegasus (Mitologi Yunani)

Jika anda tahu kisah heroik Hercules, maka anda pasti juga tahu mengenai kuda putih bersayap yang menjadi tunggangannya. Kuda itu adalah Pegasus. Pegasus diciptakan dari darah Gorgon / Medusa, dan dia bertugas untuk menjadi pendamping Hercules dalam perjalanannya. Kebanyakan Pegasus digambarkan berwarna putih, dan senantiasa menjadi simbol & tunggangan bagi para pahlawan / kesatria. Bentuk kuda Pegasus kemudian diadopsi oleh Masami Kurumada sensei, dan dimunculkan olehnya di serial BT-X, sebagai BT tunggangan sang tokoh utama, Teppei.

16. Naga / Dragon (Mitologi Cina)

Tak lengkap rasanya jika saya tak mengikut sertakan myth creatures yang satu ini. Naga rasanya sudah dikenal oleh banyak orang, melalui berbagai dongeng & cerita rakyat kuno. Namun, sebagian orang percaya bahwa Naga adalah makhluk mitologi yang berasal dari negeri tirai bambu, Cina. Di Cina, makhluk mitologi ini begitu dipuja & dihormati. Naga dipercaya sebagai simbol kemakmuran, kekuatan, dan hal-hal lain yang berbau positif. Di Cina naga seringkali digambarkan seperti sosok ular raksasa, bersisik, berjenggot, dan bertanduk. Naga di Cina juga seringkali digambarkan memiliki kemampuan bicara & seringkali tampak jauh lebih bijaksana dibandingkan manusia. Sedangkan di Eropa, naga lebih digambarkan mirip dengan monster raksasa, bersayap, buas, dan mampu menyemburkan api. Naga seperti ini pernah muncul di Serial Harry Potter & the Goblet of fire.


17. Phoenix (Mitologi Mesir)

Burung api ini berasal dari Mesir, dan seringkali dikaitkan dengan simbol kehidupan, karena umurnya yang luar biasa panjang. Ada yang percaya bahwa Phoenix bisa hidup hingga 1500 tahun, atau bahkan 5000 tahun. Phoenix tinggal di pohon ilmu pengetahuan, dan dikarenakan usianya yang laur biasa panjang, dia telah melihat kehancuran dunia ini hingga 3 kali. Bulu phoenix dipercaya memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang mati, sehingga kita seringkali menjumpaiitem phoenix down di game RPG yang berguna untuk menghidupkan lagi party member kita. Jika phoenix merasa bahwa kematiannya sudah dekat, maka ia akan menghiasi sarangnya dengan dedaunan & rempah-rempah, kemudian membakar dirinya dengan apinya sendiri hingga habis. Dari abu yang tersisa itulah, lahir phoenix baru yang akan menggantikan hidupnya.

18. Gryphon (Mitologi Romawi)

Gryphon merupakan ayah dari Hippogryph, dan berbentuk Elang, yang memiliki tubuh singa & bersayap. Gryphon mampu terbang dengan kecepatan yang menakjubkan, bahkan ada yang bilang bahwa kecepatannya sanggup menandingi halilintar. Gryphon sangat kuat, sehingga menjadi pilihan tunggangan banyak kesatria.

19. Werewolf (Mitologi Eropa)

Tak banyak sumber yang menyebutkan dengan jelas asal muasal makhluk ini. Namun, banyak yang percaya bahwa makhluk ini merupakan serigala jadi-jadian hasil jelmaan manusia. Ada versi yang menyebutkan, bahwa si manusia harus melalui tahapan / ritual tertentu untuk menjadi werewolf, sementara sumber yang lain mengatakan ada beberapa kelompok manusia yang memang sudah mewarisi darah werewolf sejak lahir, dan mereka bisa berubah kapan saja, asalkan melihat bulan purnama. Jika terkena gigitan makhluk yang satu ini, manusia akan berubah menjadi sepertinya. Hal yang sama pernah terlihat di film Van Hellsing. Werewolf dikabarkan kebal terhadap senjata, kecuali satu yaitu Silver Bullet / peluru perak.

20. Kuntilanak, Pocong, Gendruwo dll... (Mitologi Indonesia)

Saya sendiri kaget ketika tahu bahwa nama-nama diatas masuk dalam kategori makhluk mitologi. Well, tapi memang tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan makhluk-makhluk astral seperti mereka sudah mendarah daging dalam budaya hingga kepercayaan kita. Kebudayaan & kepercayaan yang masih begitu kuat di Indonesia membuat makhluk-makhluk semacam ini lestari, dan keberadaannya telah diceritakan dari generasi ke generasi. Kuntilanak, Pocong, Gendruwo sendiri dipercaya merupakan jelmaan dari satu makhluk saja, yaitu Jin, yang dapat merubah wujudnya menjadi bermacam-macam bentuk. Kuntilanak dkk sendiri telah muncul berkali-kali di film-film horor tanah air, dan membuat keberadaan mereka seakan-akan menjadi ciri khas dari budaya mistis yang masih mengakar begitu kuat di Indonesia.


Nah itu dia kloter kedua makhluk mitologi, yang seringkali kita jumpai dalam film / game. Selain berguna sebagai daya tarik sebuah film / game, keberadaan makhluk-makhluk diatas merupakan bagian dari kepercayaan, & juga mitos yang telah melegenda turun temurun di beberapa negara. Bisa dikatakan, beda negaranya,maka beda pula makhluk mitologinya.
Sekian, & Sampai jumpa di artikel berikutnya!!!

Posted originally by: Animovies
Data & Referensi: Kitab Monster & Makhluk ajaib, & My personal thoughts.

1 komentar: