Senin, 02 Mei 2011

Makhluk-makhluk Mitologi yang ada di film & game (Bagian I)

Yah, akhirnya sudah bulan Mei. Bisa dibilang, bulan ini merupakan bulan yang cukup bersejarah buat saya. Karena, di bulan ini, usia blog animovies bakalan genap 1 tahun. :) Masih bayi nih, tapi, semoga aja kedepannya blog ini bisa tetap eksis dan menghadirkan berbagai topik postingan yang bermutu. He he he,
okay, mari kita masuki postingan pertama untuk bulan Mei ini...!

Di postingan ini saya akan mengajak kalian semua untuk mengenal lebih jauh mengenai berbagai jenis makhluk mitologi yang seringkali muncul dalam film & game. Entah nyata atau tidak, tapi makhluk-makhluk semacam ini agaknya telah 'menghiasi' bermacam-macam kisah atau legenda yang ada di masyarakat. Di legenda/mitos Yunani, misalnya. Kita akan menjumpai seekor kuda bersayap, yang seringkali disebut dengan Pegasus. Di mitologi Jepang, kita akan disuguhkan berbagai kisah mengenai makhluk berekor bernama 'bijuu'. Sedangkan di negeri Arab, akan ada banyak orang yang mengenal makhluk bernama Ifrit atau Bahamut.

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal beberapa nama diatas, karena memang makhluk-makhluk ini juga seringkali muncul dalam film & game. Pihak developer film & game seringkali menggunakan makhluk-makhluk mitologi tersebut sebagai bumbu untuk membuat cerita menjadi makin menarik. Dalam film Lord of the Ring, Harry Potter, hingga Chronicles of Narnia, makhluk-makhluk ini berkali-kali dimunculkan. Sedangkan dalam game, mereka juga muncul di Warcraft, Warlords, dan masih banyak lagi.

Tentunya serial-serial diatas tak akan menjelaskan secara mendetail mengenai makhluk yang bersangkutan. Namun jangan khawatir. Dalam postingan ini, kalian akan mengenal mereka lebih jauh, satu per satu. O ya karena jumlah makhluk mitologi yang masuk list cukup banyak, maka saya sengaja membaginya dalam 2 postingan. Well, let's start...!

1. Behemoth (Mitologi Yahudi)

Secara tradisional, nama Behemoth bisa diberikan pada binatang tak dikenal yang bertubuh besar. Sedangkan dalam bahasa Ibrani, nama Behemoth berarti binatang buas. Dalam legenda Yahudi, Behemoth terbuat dari tanah liat dan diciptakan pada hari ke enam pembentukan dunia. Ini berbeda dengan informasi yang terdapat dalam alkitab (injil) yang menyebutkan bahwa Behemoth adalah karya Allah yang pertama. Behemoth hanya diciptakan satu, sehingga tak dapat beranak maupun berkembang biak.
Binatang ini berkaki empat, berekor, memiliki rambut ditengkuknya, memiliki cakar yang teramat panjang dan berukuran sangat besar. Behemoth pernah muncul dalam random battle di game Final Fantasy VIII.

2. Bahamut (Mitologi Arab)

Di mitologi Arab, Bahamut dikenal sebagai monster ikan yang bertubuh sangat besar. Dalam game, (seperti final fantasy) mungkin kalian akan lebih mengenal makhluk ini sebagai seekor naga raksasa. Di mitologi Arab, monster ikan bahamut mengambang di lautan yang maha luas. Seekor kerbau raksasa (Kjata) berada di atas punggungnya. Tubuh bahamut sangat besar, sehingga dia mampu menyangga enam tingkat neraka, bumi, dan diatasnya terdapat tujuh surga. Well, deskripsi yang membingungkan dan sulit untuk divisualisasikan.

3. Cerberus (Mitologi Yunani)

Anjing berkepala tiga ini merupakan keturunan Echinda dan Typhon. Makhluk ini juga merupakan saudara laki-laki dari Orthus. Cerberus merupakan piaraan Hades, dan dia bertugas untuk menjaga neraka/dunia bawah. Makhluk ini sesungguhnya berekor ular, dan ada juga versi lain yang menyebutkan kalau dia memiliki 50 kepala. Namun dalam cerita, cerberus pernah dikalahkan oleh dua orang. Mereka adalah Hercules, dan Orpheus. Orpheus menidurkan makhluk ini dengan menggunakan permainan harpanya. Hal yang sama muncul dalam novel karangan JK Rowling, Harry Potter & Sorcerers stone. Selain itu, cerberus juga muncul dalam game final fantasy VIII sebagai salah satu Guardian Force.

4. Chimera (Mitologi Yunani)

Dalam bahasa Yunani, Chimera berarti 'kambing perempuan'. Chimera bertubuh kambing, berkepala singa dan berekor ular. Makhluk ini juga dapat menyemburkan api. ada yang mengatakan bahwa makhluk ini berkepala tiga, tapi mitos terpopuler menyebutkan bahwa Chimera hanya berkepala satu. Dalam mitos Yunani,Chimera terbunuh oleh Bellerophone.
Chimera menjadi julukan dari makhluk-makhluk transmutasi yang bisa berubah wujud dalam serial anime Full Metal Alchemist.

5. Fenrir (Mitologi Norwegia)

Fenrir yang juga dikenal sebagai serigala Fenris berasal dari mitologi Norwegia. Ia merupakan putra dari Loki dan raksasa perempuan Angrboda. Fenrir berbentuk serigala raksasa yang amat kejam. Dia sangat berbahaya, sehingga para dewa memutuskan untuk merantainya. Setelah rantai terkuat bisa diputuskannya, para dewa meminta bantuan para dwarf untuk membuat rantai yang lebih kuat lagi. Rantai ini bernama 'Gleithir' yang tak kasat mata, dan terbuat dari benda-benda yang sulit didapatkan, seperti akar gunung, suara ribut kucing yang bergerak, otot beruang, nafas ikan, dll. Konon, selama pertempuran mistis Ragnarok berlangsung, Fenrir berhasil memutuskan rantai, dan memangsa Odin. Namun kemudian dia tewas ditombak oleh Vidar, anak Odin. Dalam movie Final fantasy Vii AC, nama Fenrir dipakai oleh Cloud untuk menamai motornya.

6. Goblin (Mitologi Eropa)

Istilah Goblin sebenarnya merupakan kata benda kolektif bagi roh-roh jahat seperti Redcap, dan Bugbear. Goblin digambarkan bertubuh mirip manusia, namun berwajah menyeramkan. Mereka senantiasa tinggal di tempat-tempat gelap seperti gua, dan sifat asli mereka sangat jahat. Dalam kisah-kisah yang seringkali dituturkan oleh orang Eropa, senyuman dan tawa Goblin mampu meggumpalkan darah dan membuat susu menjadi masam. Goblin memiliki tinggi bervariasi dan berkisar antara 30cm sampai 2 m. Biasanya,kulit mereka berwarna hijau. Goblin erat kaitannya dengan api, dan mereka memiliki kemahiran untuk menciptakannya. Makhluk ini seringkali muncul dalam game-game strategy & MMORPG layaknya Warcraft, DOTA, Warlords, dan masih banyak lagi. Mereka seringkali digambarkan sebagai prajurit lemah yang langsung ambruk dengan sekali tebas.

7. Golem (Mitologi Yahudi)

Dalam legenda Yahudi, Golem adalah manusia yang terbuat dari tanah liat. Untuk menghidupkan Golem, dibutuhkan sebutir tablet kecil yang diletakkan dibawah lidahnya setiap hari. Dan kata Ameth yang dalam bahasa Yahudi berarti kebenaran, dituliskan di dahinya. Untuk membunuh Golem, cukup mengambil tablet kecil tersebut, dan menghapus huruf pertama dari Ameth menjadi Meth, yang berarti kematian. Dalam game, Golem digambarkan bertubuh raksasa, bertubuh dari batu dan sangat kuat. Deskripsi seperti ini juga bisa dilihat dalam beberapa serial game Warcraft, hingga ke anime Monster farm.

8. Gorgon Medusa (Mitologi Yunani)

Gorgon merupakan 3 perempuan bersaudara yang menyeramkan dari mitologi Yunani. Kabarnya, mereka tinggal di barat jauh, dan merupakan anak-anak dari dewa laut. Rambut mereka berupa ular hidup, lehernya dipenuhi sisik dan pandangan mereka dapat membuat orang yang menatapnya berubah menjadi batu. Dikisahkan, dulunya gorgon medusa adalah perawan cantik, Namun, karena keangkuhannya, Athena menghilangkan semua kecantikannya dan mengubahnya menjadi seperti itu. Gorgon yang paling terkenal bernama Medusa, dan dia memiliki 2 saudara perempuan lain yang bernama Stheno & Euryale. Darah gorgon memiliki racun yang mematikan, namun juga bisa menghidupkan orang mati. Selain itu, dari darah gorgonlah, kuda bersayap bernama pegasus diciptakan. Dalam kisahnya, Medusa akhirnya mati ditangan Perseus dan Perseus memenggal kepalanya, dan kemudian menggunakan sorot matanya untuk mengalahkan monster laut bernama Cetus. Perseus kemudian menyerahkan kepala MEdusa pada Athena, dan Athena menletakkannya di perisainya yang bernama Aegis. Medusa muncul dalam film 'Percy JAckson & the lightning thief' dan juga 'Clash of the titans".

9. Hippogryph (Mitologi Romawi)

Hippogryph merupakan hasil perkawinan langka antara Gryphon jantan dan kuda betina. Makhluk ini tinggal di seberang lautan di pegunungan Rhiphaean. Dia memiliki kepala, sayap dan kaki depan Gryphon, dan memiliki punggung & kaki belakang kuda. Makhluk ini sangat kuat, dan di udara dia dapat bergerak lebih cepat dari kilat. Dia digambarkan dalam beberapa legenda Charlemagne sebagai tunggangan beberapa kesatria. Makhluk ini juga pernah muncul dalam film "Harry Potter and the prisoners of Azkaban".

10. Hydra (Mitologi Yunani)

Dalam mitologi Yunani, Hydra merupakan makhluk kejam keturunan Echinda dan Typhon. Ular air ini memiliki banyak kepala, tapi yang paling umum biasanya bejumlah sembilan. Bagi yang udah pernah nonton film hercules,pasti tahu, kan kelebihan dari makhluk ini? Yep, jika 1 kepalanya dipenggal, maka akan tumbuh 2 kepala baru di bekas penggalannya. Makhluk ini juga sangat beracun. Dengan hembusan nafasnya saja, dia mampu membunuh manusia. Makhluk ini akhirnya dibunuh oleh Hercules. Hydra muncul dalam film "Hercules", "Percy jackson & the lightning thief" dan game Chrono Cross.

Nah, itu tadi kloter pertama dari makhluk-makhluk mitologi yang pernah muncul dalam film & game. Well, Jika dilihat lagi, kebanyakan makhluk-makhluk tersebut berasal dari cerita rakyat / dongeng asing. Nah, ada nggak ya, myth creatures asli Indonesia? Jika ada, apa aja tuh? He he he tunggu aja yah di postingan berikutnya...
Okay, see you later!! :)

Posted originally by: Animovies
Data & Referensi: Kitab Monster & Makhluk ajaib, & My personal thoughts.

1 komentar: