Senin, 18 April 2011

Band & Grup musik pengisi soundtrack anime

Well, setelah 3 kali berturut-turut membahas tentang game melulu, sekarang ada baiknya kita kembali membahas hal mengenai anime. Saya inget, beberapa waktu lalu sempet ada yang request buat bahas band pengisi soundtrack anime. Yeah, ask it, and you got it!

Kali ini, kita bahas mengenai hal yang berkaitan erat dengan musik, tapi karena ini animovies, ya harus berhubungan dengan anime lah yaw...! Mengenai apa? tepatnya mengenai band/grup vokal/penyanyi yang mengisi soundtrack anime. Dari dulu, musik dan anime begitu lekat hubungannya. Entah sejak kapan, yang jelas musik itu sendiri agaknya sudah menjadi identitas dari sebuah anime. Nggak percaya? Oke, saya kasih 1 pertanyaan. Kalo kalian denger lagu "I want to change the world" nya V6, anime apa yang kalian inget hayo? Yup, Inuyasha! Nah bagaimana dengan "fly me to the moon?" Bener banget, lagu ini adalah salah satu OSTnya Evangelion.

Jadi, gak berlebihan rasanya kalo saya bilang, anime & musik itu sendiri udah kayak 2 hal yang nggak terpisahkan. Nggak ada musik, maka anime itu bagaikan sayur tanpa panci heh he he...

Okay, basa-basinya cukup sampai disini aja. Ini dia, daftar band, grup vokal & penyanyi yang mengisi soundtrack anime-anime favorit kalian!!

1. Abingdon boys school

Grup ini dibentuk pada tahun 2005. Abingdon boys school merupakan grup band pop-rock yang beranggotakan Takanori Nishikawa (mungkin kalian lebih mengenalnya dengan nama TM Revolution) pada vokal, Suneo eh... Sunao dan hiroshi shibasaki (ex WANDS) pada gitar dan Toshiyaki Kishi pada Keyboard yang sebelumnya pernah bekerjasama dengan beberapa artis seperti Ryuichi Kawamura dan Tomoyasu Hotei. Nama Abingdon boys school ini sendiri juga cukup unik, karena diambil dari sebuah sekolah khusus pria yang benar-benar ada di Inggris. Seluruh anggota band ini biasa tampil dengan menggunakan pakaian ala seragam sekolah lengkap dengan Takanori yang memakai kacamata hitam berbingkai tebal.
Beberapa judul lagu mereka yang sempet nongol di anime adalah:
Howling - Darker Than Black
From Dusk Till Dawn - DTB
Kimi no Uta - Tokyo Magnitude 8.0
JAP - Senbasa
Blade Chord - Senbasa

2. The Brilliant Green

The Brilliant Green merupakan grup musik rock yang beranggotakan 3 orang. Nama grup ini seringkali disingkat dengan sebutan buriguri. Single pertama grup ini aadalah "Bye-bye Mr. Mug" yang rilis pada bulan September 1997. The Brilliant Green beranggotakan Tomoko Kawase alias Tommy (sempat bersolo karier dengan identitas Tommy February/Tommy heavenly) sebagai vokalis & penulis lirik, Shunsaku Okuda sebagai bass, & Matsui Ryo sebagai gitar. Lagu mereka yang benar-benar mengena di hati & telinga saya adalah "ash like snow" yang sempat nongol di opening-nya Gundam 00. Mantappp...!!

3.UVERworld

Adalah grup rock Jepang asal Prefektur Shiga. Nama band ini berasal dari usulan gitaris Akira yang mengusulkan kata uver ditambah world; uver berasal dari campuran kata über (bahasa Jerman) dan over (bahasa Inggris). Menurut mereka, arti Uverworld adalah melampaui dunia milik sendiri. Klub penggemar mereka bernama Neo SOUND Crew, dan maskot mereka bernama Uverchan. Grup ini beranggotakan 5 orang, yaitu Takuya (vokal) Katsuya (gitar & backing vokal), Akira (gitar), Nobuto (bass) dan Shintarou (drum).
Single perdana mereka berjudul D-Technolife, dan langsung dijadikan soundtrack anime Bleach di TV Tokyo. Lagu ini mencapai peringkat 4 Oricon, dan terjual hingga 20 ribu kopi.

4. V6

V6 adalah grup aidoru penyanyi laki-laki bentukan Johnny & Associates. Kelompok ini terdiri dari 6 orang dengan CD single pertama berjudul "Music for the People" yang dirilis tanggal 1 November 1995.
Usia anggota tertua dan anggota termuda yang terpaut 9 tahun menjadi alasan V6 dipecah menjadi 2 unit: "20th Century" (disingkat Tonisen) dan "Coming Century" (Kamisen).
Unit 20th Century
1. Masayuki Sakamoto (lahir 24 Juli 1971, Tokyo)
2. Hiroshi Nagano (lahir 9 Oktober 1972, Yamato, Kanagawa)
3. Yoshihiko Inohara (lahir 17 Mei 1976, Tokyo)
Unit Coming Century
1. Go Morita (lahir 20 Februari 1979, Kasukabe)
2. Ken Miyake (lahir 2 Juli 1979, Takamatsu)
3. Junichi Okada (lahir 18 November 1980, Hirakata)
Bagi saya sendiri, lagu-lagu dari grup musik ini selalu membuat saya bersemangat, baik dari segi lirik maupun musikalitas. Sebut saja "Take Me Higher" dan juga "Change the world". Luar biasa.

5. Orange Range

Agaknya seluruh penggemar anime udah nggak asing lagi dengan grup band yang satu ini. Yap, Mereka adalah Orange Range! Mereka merupakan grup band asal Jepang yang berada dibawah naungan label rekaman Sony Music Jepang. Lagu-lagu mereka banyak yang menjadi soundtrack dorama, film, maupun anime, seperti Ima, Ai ni Yukimasu (Hana & Kizuna), Naruto dan Bleach.
Menurut saya sendiri, formasi dari grup ini sangatlah unik. Bagaimana tidak, untuk urusan vokal saja, grup ini memiliki 3 vokalis dengan karakter suara yang berbeda-beda. Ada Miyamori Ryou untuk low vocals, ada Hokama Hiroki untuk middle vocals,dan untuk suara tinggi ada Ganeko Yamato. Kombinasi 3 karakter suara ini sungguh unik, dan memberikan warna lain bagi grup musik ini. Selain mereka bertiga, masih ada Miyamori Yamato (bass) dan Hiroyama Naoto (gitar). I CONTINUE TO FIIIIIGHT!!!

6. High and Mighty Color

High and Mighty Color adalah grup musik heavy rock asal Jepang yang terdiri dari 6 personil. Mereka dikontrak perusahaan rekaman SME Records, dan berada di bawah manajemen Spice Music yang juga menangani Orange Range. Penggemar menyingkat nama grup ini sebagai Haikara. Grup ini sempat megisi OST beberapa serial anime terkenal, sebut saja Gundam Seed, hingga Bleach. Grup ini terdiri dari Halca (vocal), Yuusuke (Vocal Rap), Kazuto (Gitar), Meg (Gitar), mACKAz (bass), dan Sassy (drum). Selain vokalis Maki, kelima anggota High and Mighty Color memulai karier musik mereka dengan grup heavy metal Anti-Nobunaga. Meg dan Sassy membentuk Anti-Nobunaga dengan bantuan teman sekelas mereka, Kazuto, mACKAz, dan Yuusuke. Mereka sering mengikuti kontes band dan sering menang.

7. FLOW

Flow (Ditulis FLOW) merupakan grup band rock asal Jepang, bagian dari label Sony Music Japan's Ki/oon Records. Sampai pada tahun 2010, band ini telah merilis sembilan belas singles dan tujuh album. Flow memiliki 5 personil yang terdiri dari dua vokalis, drummer, bassis dan gitaris. Grup ini telah dibentuk sejak tahun 1993 ketika sang kakak (Kōshi) dan adik (Take) mulai bermain bersama. Mereka membentuk Flow di tahun 1998, dan alhasil bergabunglah Keigo (Vocal), Gotō (bass) dan Iwasaki (drums; telah bergabung sejak tahun 2000). Pada tahun 2001, band ini merilis single pertamanya yang berjudul "Flow #0".Deretan singlepun bermunculan dan pada Juli 2005 band tersebut merilis album ketiganya yang berjudul Golden Coast. Sejak perilisan album tersebut, flow telah merilis dua single dengan side-A yang baru, tetapi salah satunya ("Around the World/Kandata") dirilis dalam double A-sides. "Colors" merupakan single keempat band tersebut. Lagu "Go!!!" dan "Re:member" dijadikan opening theme song untuk anime Naruto. Jujur aja, saya nonton Code Geass gara-gara opening theme mereka,"color".

8. Little by little

Grup yang satu ini merupakan salah satu Duo yang saya suka. Band ini terdiri hanya dari 2 orang, yaitu hideco (vokalis) dan si melody maker, tetsuhiko. Band ini begitu kaya akan unsur musikalitas. Menurut kuping saya sih, ada unsur-unsur techno, house (mirip-mirip UVERworld), dan juga unsur classic. Well, mungkin lagu-lagu mereka yang begitu akrab bagi penikmat anime adalah "Kanashimi wo Yasashisa ni" (Naruto) "Love & Peace" (Superior Defense Gundam Force) "Kimi Monogatari" (Naruto Shippuden) hingga "Hummingbird" (Yakitate!!).

9. Do As Infinity

Setelah bubar pada tanggal 25 September 2005, grup musik yang digawangi Van Tomiko dan Ryo Owatari ini, kembali bersatu pada 29 September 2008 dan menggebrak dengan album pertama mereka setelah reuni dengan judul Eternal Flame pada tanggal 30 September 2009 kemarin. Grup ini memiliki sebuah tradisi unik, yang ada pada penamaan album mereka. Penamaan album mereka selalu saling berhubungan antara huruf terakhir dari album sebelumnya, dan menjadi huruf depan album berikutnya. Contohnya, album terakhir mereka sebelum bubar berjudul “Need Your Love” yang diakhiri dengan huruf “e” menjadi huruf pertama dari album terbaru mereka setelah reuni, yaitu “Eternal Flame”. Berikut ini daftar lengkap album mereka: “Break of Dawn” (2000), “New World” (2001), “Deep Forest” (2001), “True Song” (2002), “Gates of Heaven” (2003), “Need Your Love” (2005), dan terakhir “Eternal Flame” (2009).

10. Asian Kung-Fu Generation

Asian Kung-Fu Generation adalah grup musik rock asal Jepang yang terdiri dari 4 orang anggota. Penggemar menyingkat nama grup ini sebagai Ajikan. Mereka berada di bawah perusahaan rekaman Ki/oon Records. Musik yang dimainkan mereka disebut rock genre Shimokita Kei yang berawal dari rumah pertunjukan di kawasan Shimokitazawa, Tokyo. Grup ini populer di luar Jepang berkat sejumlah lagunya dijadikan lagu anime Naruto dan Bleach. Album mereka juga dirilis di Taiwan dan Amerika Serikat. Grup ini terdiri dari Masafumi Goto (vokal & gitar), Kensuke Kita (gitar & vokal), Takahiro Yamada (bass & vokal), & Kiyoshi Ijichi (drum). Nama Asian Kung-Fu Generation adalah hasil buah pemikiran Masafumi Gotō. Ketika sedang menganggur karena tidak diterima ujian masuk universitas, Gotō berniat mendirikan band. Ketika melihat film Bruce Lee, ia mendapat ide untuk memasukkan kata "Kungfu" ke dalam nama grup musik yang akan dibentuknya. Ia juga ingin nama bandnya terdiri dari 3 kata dari bahasa Inggris seperti halnya nama grup thee michelle gun elephant yang dianggapnya bagus.

11. BACK ON

Back On adalah grup rock asal Jepang yang terdiri dari lima anggota. Band ini mengkombinasikan rock, rap dan nuansa disko yang telah menggemparkan industri musik di Jepang pada tahun 2002[1]. Nama band ini berasal dari huruf kanji bakuon yang berarti ledakan suara. Band ini telah memperoleh sukses yang amat besar di Jepang. Salah satu lagu Back-on, Chain, dipilih menjadi soundtrack anime Air Gear. Lagu pembuka Murderer Princess, Hikari Sasuhou (versi metal), dan lagu Eyeshield 21, Blaze Line, dll. Mereka juga menulis lagu penutup untuk acara anime dan TV. Ini termasuk lagu Flower dan A day dreaming ... untuk Eyeshield 21. Back-on muncul pertama kali di panggung internasional pada saat festival Anime Matsuri bulan April 2007 di Houston, Texas. Dan baru-baru ini mereka diundang kembali untuk Anime Matsuri 2010. Sejak saat itu mereka juga muncul di Vancouver, Kanada untuk Anime Evolution pada bulan Agustus 2007, dan Anime Amerika Serikat di Arlington, Virginia pada bulan November 2007. Mereka juga Guest Judge untuk Anime Idol 2007 di Anime Evolution.

12. L'Arc~en~Ciel

L'Arc~en~Ciel adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsu (bass), dan Yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsu pada Februari 1991. Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu. Pada tanggal 10 April 1993, album pertama mereka sebagai band indies, yang bertajuk DUNE dirilis dan meraih kesuksesan. Album tersebut berhasil meraih posisi puncak di Oricon Indies Chart (Tangga Lagu Terpopuler di Jepang) pada bulan Mei, dan hanya dalam tempo 3 bulan berhasil terjual sebanyak 20.000 keping CD. Pada tanggal 25 November dan 26th, 2006, L'Arc-en-Ciel menggelar dua konser di Tokyo Dome, untuk merayakan ulang tahun mereka ke 15. Berjudul L'Anniversary. Tiket tersebut terjual hanya dalam kurun waktu 2 menit , mengalahkan rekor penjualan tiket mereka sebelumnya. L'Arc-en-Ciel kemudian merekam lagu "Shine" yang akan digunakan sebagai lagu pembuka untuk anime yang akan disiarkan di NHK, Guardian of the Spirit.Mereka Menggelar Mata Heart Ni Hi Wo Tsukero 2007 Tour di Jepang.L'Arc-en-Ciel merilis single Seventh Heaven pada 30 Mei 2007, yang menjadi posisi teratas di Oricon charts.Lagu My Heart draws a Dream, yang digunakan dalam iklan mobil Subaru, dirilis 29 Agustus, 2007, dan lagu tersebut langsung menempati tangga teratas pada Oricon charts.Lagu Daybreak's Bell yang dirilis pada 10 Oktober 2007,digunakan sebagai Soundtrack pembuka untuk anime Mobile Suit Gundam 00.dan kembali menduduki peringkat teratas dalam Oricon Charts.Sejak dari 14 November ke 25 Desember 2007, dirilislah Hurry Xmas, bersamaan dengan dua DVD baru yang keluar pada bulan September dan Desember, yang berjudul 15th L'Anniversary Live and Chronicle 3 respectively.Album terbaru mereka Kiss, dirilis pada 21 November 2007, menduduki tangga lagu pertama di posisi nomor satu di Oricon chart. L'Arc~en~Ciel mengadakan tur yang bernama "Theater of Kiss Tour".yang diselenggarakan pada 22 Desember 2007 sampai 17 Februari 2008.lagu Drink it Down,digunakan sebagai lagu pembuka versi Jepang untuk game PS3/Xbox 360 Devil May Cry 4.telah dirilis sebagai single pada 2 April 2008, dan menduduki tempat teratas di Oricon weekly charts.


Yah, agaknya banyak banget yang belum sempet masuk di list. Wajar sih, karena soal musik, Jepang kaya akan seniman & karya yang patut diacungi jempol. Namun terlepas dari itu semua, musikalitas agaknya telah mendarah daging dalam anime Jepang. Seringkali, dengan musik yang benar-benar pas sebuah anime jadi memiliki sebuah nilai tambah di mata penikmatnya. Semoga aja, ke depannya musik Jepang makin berwarna, dan tentunya akab berdampak positif pada anime-anime Jepang yang kita tonton.

Akhir kata, See you in the next post!!

Posted by: Animovies
Data & Referensi: Wikipedia & My personal thoughts.

16 komentar:

  1. Keren.. Keren..
    Thanks ya, udah approve saran saya. Thanks juga karna masukin Orange Range ke list-nya, saya nge-fans dengan mereka. And, keep posting. Saya pembaca blog anda.

    BalasHapus
  2. @ Muharri Aqly: Sama-sama gan, terima kasih juga buat agan... :)

    BalasHapus
  3. Favorit saya Do As Infinity sejak tampil sebagai op di Inuyasha. Sayang sekali mereka bubar padahal Tomiko Van bening sekali.
    http://goo.gl/oNInL

    BalasHapus
  4. @ Anonim: Sama, gan... saya juga suka ama do as infinity. Lagu-lagunya juga enak bro...

    BalasHapus
  5. band fav ane nongol. .The Brilliant Green. . @,@'
    Ash Like Snow OST Gundam Series terbaik. .makanya agak manyun jg pas diganti ama UVERworld. . >,<'

    BalasHapus
  6. @ Anonim: Menurut saya, Ash like snow benar2 mencerminkan cerita dari 00... jadi ketika lagu ini nongol diopening,langsung kerasa cocoknya...

    BalasHapus
  7. setuju !!
    wkwkwkwk manteb bener ngomong stuju nya :D
    daybreak's bell bener nya jg cocok, ,tp yg paling masuk ya ash like snow :D

    BalasHapus
  8. @ Anonim: Okelah kalo begitu... :)

    BalasHapus
  9. aq kira janne da arc ada d sini jg n aq kira l'arc itu malah janne da arc. maklumlah, klo baca krg jelas. postingnya bagus meski nggak ada link download lagunya. keep going ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Janne da arc sudah pasti beda, dgn l arc en ciel :) kalo janne d arc tuh, musiknya lebih ke arah prgressive rock & agaknya mirip2 Dream Theater (menurut saya, lho yaa...) hehehehe Okay, thanks for visit nyaa...

      Hapus
  10. nma penggemar back-on apaan??kasih tau pliss,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemmm... apa yaaa...? penulis sudah coba googling tapi masih belum ketemu... Mungkin temen2 yg lain ada yg bisa bantu jawab?

      Hapus
  11. Ditambah donk yang penyanyi Single Singer juga... Kan banyak tuh OST anime yang dicover ama penyanyi solo... Misalnya BoA (every heart ost apa itu lupa), Tomomi Nishimura (ost Kickers)... Pokoknya Ost Anime yg dinyanyiin penyanyi angkatan 70-80 an banyak kan??

    BalasHapus
  12. Linkinpark gk ada ya ... Yah ? :P

    BalasHapus
  13. Wow !!! "Flumpool" gk ad yah min ... Padahal lgu mereka seru2 loh dan masuk anime lagi !

    BalasHapus
  14. http://www.anakmusik.com/ wah hebat - hebat tuh band nya :-)
    untuk soundtracknya bisa dilihat disini ka, terima kasih :-)

    http://www.anakmusik.com/2015/09/35-ost-original-soundtrack-anime.html

    BalasHapus