Minggu, 03 April 2011

Trivia mengenai hero Final Fantasy

Selamat pagi, selamat siang, selamat sore atau selamat malam saya ucapkan tergantung kapan kalian baca postingan ini.
Well, setelah kemarin kita bahas postingan mengenai kota-kota
terindah di seantero FF world, kali ini, kita masih akan membahas hal seputar FF world. Yah, moga-moga aja nggak bosen, yah...
Maklum, penulis lagi demam FF. he he he...

Oke, jika kita menilik satu-persatu game paling monumental karya square-enix ini,pasti kita akan menemukan satu tokoh sentral di tiap-tiap serinya. Tetsuya Nomura dari jaman baheula hingga saat ini selalu mampu menciptakan berbagai macam karakter game yang berbeda-beda untuk tiap seri FF. Itulah yang membuat kita nggak bosen main game ini biarpun ini udah seri ke 14. Yang menarik dari hero-hero FF tentu bukan cuma fisiknya doang, tapi juga latar belakang & karakteristiknya. Tentunya kalian udah pada kenal dong, dengan sederet nama seperti Tidus, Vaan, Zidane, Cloud hingga Squall? Nah, di postingan kali ini saya akan ajak kalian buat berkenalan lebih dalam lagi dengan hero-hero tsb. O,ya sebelumnya saya peringatkan, bahwa postingan ini mungkin berisi spoiler. Well, Udah gak sabar?
Oke, check this out...

Kita mulai dari seri pertama Final Fantasy!

1. Light Warrior

Sejatinya, seri pertama dari saga Final fantasy ini tidak memiliki tokoh utama. Hanya ada 4 karakter yang bisa dinamai sesuka hati oleh player. Ke 4 karakter utama ini disebut dengan "Warrior of Light". Mereka muncul pertama kali di kerajaan Cornelia, dan bertugas untuk menyelamatkan putri Sarah, yang diculik oleh Garland.

Trivia:
-Beberapa musuh dalam seri game pertama ini diambil dari game dungeon & dragons, termasuk Mindflayer & Ochu.

admin says: Saya sendiri tak terlalu mengenal karakter-karakter di seri pertama ini. sempat main gamenya di GBA, tapi berhenti sebelum mencapai jam pertama. Grafisnya bikin nggak nahan.

2. Firion

Dia merupakan tokoh utama dari serial Final Fantasy II, dan pimpinan dari party. Dia diadopsi oleh Maria & Leon, dan merupakan teman baik dari Guy. Di seri Jepangnya, dia lahir di Salamand dan kemudian diadopsi setelah kematian orang tuanya.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Firion / Frionel
Golongan darah: AB
Zodiak: Aries
Ultimate weapon: Ragnarok
Asal: Salamand

Trivia:
-Firion adalah karakter pertama di serial FF yang memiliki nama & Styoryline sendiri, tidak seperti playable character di game sebelumnya.
-Dari beberapa sisi, karakter ini mirip dengan Luke Skywalker.
-Firion mengenakan jubah di screenshot awal untuk versi wonder swan dari game ini.
-Tak pernah diungkapkan dalam versi inggrisnya, tapi di versi jepangnya dia berumur 18 tahun.

Firion is:
"Taken in by Leon's family at a very young age. Firion was raised as a brother to Leon and Maria. After losing his adoptive parents when the empire invades the kingdom of Fynn, Firion decides to join the rebels to exact vengeance upon the empire."

admin says: Karakter yang benar-benar tampak tangguh di official artwork untuk game dissidianya. entah dengan kemampuannya...

3. Luneth

Sebenarnya saya agak kesulitan menemukan siapa tokoh utama dari seri installment ke tiga saga Final fantasy ini. Hal ini dikarenakan, di versi orisinalnya ada 4 orang tokoh yang memiliki porsi yang sama di jalan ceritanya, dan mereka semua tanpa nama. Tapi begitu memainkan versi remakenya di Nintendo DS, saya menemukan satu tokoh yang cukup sentral bernama Luneth. Luneth ternyata memang didaulat oleh squareenix sebagai tokoh utama di seri NDS-nya. Jobnya di game ke tiga ini adalah Warrior. Luneth adalah karakter yang penuh dengan sifat positif, dan selalu mampu men-support party membernya dalam kondisi apapun. Luneth juga adalah pemimpin bagi kelompoknya di formasi dasar game ini.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:


Nama: Luneth
Umur: 14
Job: Warrior
Asal: Ur

Trivia:
-Penampilan Luneth mirip dengan warrior tanpa nama di logo game ini. Cukup mungkin bahwa dia didesain berdasarkan karakter tersebut.
-Luneth adalah satu-satunya playable character yang memiliki armor
yang unik. Dia di equip dengan sebuah 'Vest' yang tak bisa didapatkan di manapun, tapi vest tsb merupakan armor terlemah di dalam game ini.
-Peran Luneth di game Dissidia digantikan oleh Onion knight.

Luneth is:
-"An orphan raised by Nina and Elder Topapa in the village of Ur. Adventurous by nature, his curiosity gets the better of him as he tumbles into a hole created by the great earthquake."

admin says: Speechless untuk karakter yang satu ini. Saya sempat main game versi NDS nya,tapi berhenti tak lama kemudian karena tak begitu menarik.

4. Cecil Harvey

Cecil adalah tokoh utama dari seri ke empat Final Fantasy. Karakter ini menurut saya cukup unik karena dialah satu-satunya karakter yang mengganti job dalam alur cerita game-nya. Awalnya dia seorang Dark knight, tapi setelah bertarung dengan Elemental Archfiends dia berganti job menjadi Paladin. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok pemuda yang mengenakan armor hitam yang menutupi tubuh & wajahnya (ketika masih menjadi dark knight), hingga dia berganti menjadi paladin dan mengganti penampilannya. Cecil adalah knight yang tergolong kuat, dan mendapat cukup banyak respek dari anak buahnya. Meskipun dibesarkan oleh King Baron, Cecil justru memiliki sifat yang pemalu, dan cukup kesulitan menunjukkan emosinya pada yang lain.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Cecil Harvey
Umur: 20
Tinggi: 178 cm
Berat: 58 kg
Job : Dark knight & Paladin

Trivia:
-Karakter bernama Cecil muncul juga di game Final fantasy Crystal Chronicles, sebagai NPC (non playable character).
-Cecil adalah satu-satunya protagonis utama yang diceritakan menikah, dan memiliki anak kendati beberapa tokoh pendukung juga ada yang seperti itu (Lulu & Wakka).

Cecil is:
-"The mysterious young man who possesses unsurpassable skills in swordsmanship and airship navigation."

Cecil says:
-"Stay back. This is a fight for me and me alone."

admin says: Berkat versi NDS-nya, dia menjadi salah satu karakter FF terkeren menurut saya (karena armor hitamnya).

5. Bartz Klauser

Butz Klauser (versi Jepang) adalah protagonis utama dari Final Fantasy V. Dia adalah putra dari Dorgann, salah satu Warriors of Dawn. Ibunya meninggal saat dia masih kecil, dan ayahnya meninggal sebelum game dimulai. Dikarenakan nasehat dari ayahnya, Bartz memutuskan untuk berkelana. Secara fisik, Bartz cukup berotot dan atletik. Sebagai seorang pengelana, dia memiliki kemampuan untuk mencari arah di berbagai medan. Ketika berkelana, Bartz bertemu dengan Chocobo bernama Boko. Merekapun berkelana bersama. 3 tahun setelah kematian ayahnya, Bartz berada di Tycoon area, dan bertemu dengan seorang gadis bernama Lenna yang diserang oleh Goblin. Bartz menolongnya, dan mereka kemudian bertemu dengan orang tua yang hilang ingatan bernama Galuf. Dari sinilah perjalan Bartz dimulai

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Bartz Klauser
Umur: 20
Tinggi: 176 cm
Profession : Wanderer
Senjata: Apocalypse
Asal: tidak diketahui

Trivia:
-Awalnya, nama Butz dipergunakan untuk versi Jepang dan Inggris dari game ini. Tapi Butz kemudian diganti menjadi "Bartz" (di edisi Inggris). Hal ini dikarenakan dalam bahasa Inggris, Butz pengucapannya sama dengan 'Butts' (bokong/pantat).
-Kostum Dragoon Bartz mirip dengan armor milik Kain Highwind di Final Fantasy IV.
-Kostum Mystic Knight Bartz juga mirip dengan pakaian Minwu dari Final Fantasy II.
-Bartz menjadi satu-satunya tokoh cowok setelah Galuf mati.

Bartz says:
-"Me and my chocobo just go wherever the trail leads us..."

admin says: ketika menyebut namanya, saya memang kesulitan melafalkan antara 'Butz' dan "Butts". Karakter utama FF dengan nama 'pantat'? lucu juga yah...

6. Terra Branford

Karakter ini bernama Tina di versi Jepangnya. Dia adalah heroine pertama dalam sejarah FF. Awalnya FF VI dibuat tanpa tokoh utama, karena pada saat itu pihak pengembang ingin memberikan peran yang seimbang pada semuanya. Namun, Terra yang cukup banyak mucul di game-artworknya menarik perhatian sejumlah player. Pada akhirnya Terra dipilih sebagai tokoh utama FF VI, dan sekaligus perwakilan dari game ini untuk Dissidia. Terra berpenampilan menarik, berumur 18 tahun, dan berambut hijau mint. Dia mengenakan atasan dan rok berwarna merah. Di awal game, Terra digambarkan sebagai gadis yang kebingungan, selalu mempertanyakan emosinya, dan mudah ketakutan.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Terra Branford
Umur: 18
Tanggal lahir: 18 Oktober
Job: Magitek Elite
Senjata: Apocalypse
Asal: tidak diketahui

Trivia:
-Bersama Faris, dia adalah karakter favorit Yoshitaka Amano.
-Terra muncul di Final fantasy VI: The Interactive CG Game bersama Shadow & Locke.
-Di FF XII, ada gadis di Giza yang bernama Terra.
-Dengan lebih dari 2 lusin artwork oleh Yoshitaka Amano, Terra merupakan satu-satunya tokoh FF dengan Artwork resmi terbanyak dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya.

Terra is:
-"A mysterious young woman, controlled by the Empire, and born with the gift of magic..." (Versi SNES)
-"A mysterious young woman, born with the gift of magic, and enslaved by the Gestahlian Empire" (Versi GBA).

admin says: Karakter utama cewek yang pertama sepanjang sejarah FF, sebelum Lightning & Yuna. Berkat dia, squareenix mulai mempertimbangkan memakai cewek sebagai karakter utama dalam gamenya.

7. Cloud Strife

Siapa yang nggak kenal Cloud? Dialah hero dari seri ketujuh dari Final Fantasy. Selain itu, dia juga muncul di beberapa seri FFVII lainnya, seperti Dirge of Cerberus, Crisis Core hingga movie-nya, Advent Children. Cloud bersifat menyebalkan pada awalnya.Dia arogan, sombong, dan menilai dirinya selalu lebih baik ketimbang yang lain. Awalnya yang ada di kepalanya hanyalah uang. Oleh karena itulah dia mau ikut Barret di Avalanche untuk menyerang reaktor mako di Midgar di awal game. Begitu misi selesaipun, dia langsung minta bayaran pada Barret. Dia movie-nya (Advent Children) Cloud digambarkan sebagai pemuda yang suka murung. Mirip-mirip stress, hanya saja gejalanya lebih berat lagi. Agaknya dia masih menyalahkan dirinya atas kematian Aerith. Namun berkat bantuan Tifa, Marlene, dan juga orang-orang disekitarnya, Lambat laun Cloud bisa mengatasinya.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Cloud Strife
Umur: 14-21 (Crisis core, before crisis)
21 (FF VII) 23 (Advent Children)
24 (Dirge of Cerberus)
Tanggal lahir: 11 Agustus
Golongan darah: AB
Senjata: Broadswords
Limit Break: Omnislash
Asal: Nibelheim

Triva:
-Di saat flashback di Nibelheim, foto Cloud di menu game berbeda dengan yang biasanya.
-Di FF IX, buster sword terpajang di salah satu Weapon shop. Ketika melihatnya, Zidane berkata ; "I remember a guy with spiky hair who carried something like this."
-Di versi terjemahan untuk bahasa Perancis, nama Cloud salah diterjemahkan menjadi 'Clad Strife'. Nama yang salah eja ini dipakai untuk semua seri kompilasi FF VII di Perancis.
-Cloud & Aerith muncul di demo tech Playstation 3. Menggambarkan scene awal di FF VII, dengan grafis yang sudah diperbaharui untuk PS3. Hal ini sempat membuat heboh para fans, yang mengira Squareenix berniat untuk meremake game ini ke dalam plattform PS3.
-Tahu anime Yu Gi Oh? Disitu ada satu tokoh bernama Marik Isthar, yang berkata bahwa dia lebih menyukai Cloud dibanding Squall.
-Di instruksi manual FF origin, nama Cloud muncul sebagai contoh nama yang dipakai oleh kelas warrior di game tsb.

Cloud Says:
-"I pity you. You just don't get it at all...there's not a thing I don't cherish!" (cloud berkata pada Sephiroth).
-"Then later... I began to think I was different...that I was different from those immature kids."
-"It's not my problem. The only thing I care about is finishin' this job before security and the Roboguards come."
-"I'm not fit to help anyone. Not my family. Not my friends. Nobody."

admin says: Secara fisik, dia memang tampan bin keren. Banyak sekali fans cewek yang menilai bahwa Cloud versi AC adalah karakter terkeren. Tapi,agaknya sikapnya menyebalkan.

8. Squall Leonhart

Squall adalah hero utama di seri installment ke 8 dari Final Fantasy. Dia juga member dari pasukan bayaran elit balamb garden yang bernama SeeD. Dalam game, Squall digambarkan sebagai tokoh yang berkepribadian dingin, dan selalu fokus pada apa yang sudah menjadi tujuannya. Dia bukan tipikal orang yang akan tertawa terbahak-bahak jika kalian melempar joke padanya. Dia juga digambarkan begitu dewasa. Oleh karena itulah, dia dipilih oleh rekan-rekannya sebagai ketua grup. Dia adalah salah satu dari sedikit orang yang mampu menguasai Gunblade (bersama Seifer).

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Squall Leonhart
Umur: 17
Tinggi: 177
Golongan darah: AB
Tanggal lahir: 23 Agustus
Senjata: Gunblade
Limit Break: Renzokuken
Asal: Balamb Garden

Trivia:
-DI FF IX, ketika Zidane perform di panggung dan hendak membuka identitasnya pada Garnet, dia berkata : "No cloud, no squall shall hinder us," yang mengacu pada 2 hero FF sebelumnya, cloud & Squall.
-Beberapa sumber menyebutkan bahwa Paine di FF X-2 didesain berdasarkan tokoh Squall.
-Nomor induk Squall di Balamb garden adalah 41269.
-Nomer yang ada di kartu Triple Triad milik Squall adalah kebalikan dari Seifer.
-Awalnya, tinggi badan Squall 'hanya' 173 cm saja. Tapi kemudian direvisi menjadi 177 cm.

Squall says:
-"Right and wrong are not what separate us and our enemies. It's our different standpoints, our perspectives that separate us."
-"Rinoa... Even if you end up as the world's enemy, I'll...I'll be your knight..."
-"If you come here, you'll find me. I promise".

admin says: Sikapnya yang cuek, dingin dan sok cool tak jauh beda dengan cloud. Beberapa hero FF berikutnyapun masih ada yang besikap seperti ini (Lightning & Noctis). Perasaan saya aja, atau square emang hobi bikin karakter dengan personaliti kayak gini yah?

9. Zidane Tribal

Zidane adalah tokoh utama dari serial Final Fantasy IX. Dia merupakan pencuri yang bekerja untuk grup Tantalus. Namanya di lafalkan berbeda-beda di beberapa negara, seperti Yitan (Spanyol), Gidan (Italia), dan Djidane (Perancis). Jika dibandingkan dengan hero FF diserial sebelumnya (seperti cloud & squall), bisa dikatakan Zidane agak "melenceng" dari jalur. Dia digambarkan suka merayu cewek (termasuk Garnet). Zidane juga suka memberikan saran mengenai aspek hidup pada party member lainnya, tapi dia sendiri tak pernah menerapkannya. Gaya bicaranyapun kurang sopan & suka ceplas ceplos.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Zidane Tribal
Umur: 16
Tinggi: tidak diketahui, tapi kayaknya sih kontet.
Senjata: Dagger, Thief Swords
Skill: Steal
Asal: Lindblum

Trivia:
-Zidane hanya sekali menggunakan ekornya (dalam game), yaitu saat dia menghindari Steiner di cargo ship.
-Kapanpun Zidane menggunakan senjata dagger (belati) miliknya, dia selalu memegangnya ditangan kanan. Tangan kirinya memegang senjata pribadinya yang unik, Orichalcum.
-Zidane dan Kuja punya bentuk dan penampilan yang berbeda pada saat "trance".
-Zidane adalah hero terpendek di serial FF.

Zidane Says:
-"Virtue - You don't need a reason to help people."
-"The sly eagle doesn't kill at whim."
-"Listen, Vivi. You gotta do something next time. You should try-- screaming back or whatever. Like... 'Get off me, you scumbag!'"
-"Go on, Vivi. Don't worry about me. Someday, you'll probably do the same thing for someone who's really important to you. Dagger is more important to me than anything else."
-"I...am merely a vessel...For what purpose was I given life..? Should I even exist..?"

admin says: Sama sekali tidak mencerminkan tipikal hero serial FF. karakteristiknya terlalu melenceng jika dibandingkan hero-hero pendahulunya.

10. Tidus

Tidus adalah protagonis utama di serial Final fantasy X. Dia merupakan pemain bintang dari klub blitzball Zanarkand. Setelah serangan Sin, dia kehilangan kampung halamannya, dan terlempar ke dunia Spira. Disanalah dia bertemu dengan Yuna dan yang lainnya.
Dengan bergabung dengan Yuna dan yang lainnya, Tidus bertujuan untuk mengakhiri teror Sin dan berharap bisa menemukan jalan pulang ke dunianya. Secara personaliti, Tidus seperti remaja pada umumnya.
Ceria, suka bersikap semaunya sendiri & terkadang kekanak-kanakan. Tapi dia juga bisa bersikap serius ketika dibutuhkan.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Tidus
Umur: 17 (di FF X), 19 (di FF X-2)
Tinggi: 175
Senjata: Longswords
Overdrive: Swordplay
Asal: Zanarkand, Besaid

Trivia:
-Prototype dari Tidus bisa dilihat di konsep awal untuk FF X. Disitu Tidus digambarkan berambut coklat, bukan pirang.
-Nama Tidus sebenarnya tak pernah diucapkan (oleh voice actors) di Final Fantasy X, karena player bisa mengganti namanya sesuka hati di awal game. Akhirnya, di FF X-2 Tidus disebut dengan "he/him atau you know who" (buset, kayak Voldemort aja yah). Dikarenakan hal ini,remake dari game ini dihilangkan fitur rename characternya.
-Tidus & Yuna memenangkan tempat pertama di "Game Informer Magazine" edisi Februari 2009 sebagai Pasangan terbaik tahun ini.
-Elemen dari Tidus adalah air, dan hal ini diperlihatkan oleh banyak faktor di game, seperti pedangnya (brotherhood), kemampuan berenangnya, dan warna Sphere gridnya.

Tidus says:
-"Listen to my story. This... may be our last chance."
-"Maybe... this wasn't a good idea after all."

Admin says: Pertama kali saya lihat, karakter ini mirip dengan Squall secara fisik. Tapi, ternyata kepribadiannya bertolak belakang.

11. Vaan

Vaan adalah karakter utama di serial Final Fantasy XII dan sekuelnya di NDS, Final Fantasy XII: Revenant wings. Meskipun secara langsung bukan tokoh protagonis, tapi cerita dalam game digambarkan dari sudut pandang dia. Dia adalah karakter playable terakhir yang diperkenalkan, tapi dialah yang pertama kali digambar oleh nomura. Vaan adalah pemuda berumur 17 tahun. Secara fisik dia berambut pirang dan berkulit coklat.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Vaan
Umur: 17
Tinggi: 170
Ras: Hume
Job class: Sky Pirate
Asal: Rabanastre

Trivia:
-Sebelumnya, Vaan direncanakan bernama "Aqua".
-Vaan digunakan di pembuatan Final Fantasy XIII untuk mengisi karakter-karakter yang belum selesai didesain.
-Hiasan yang ada di pinggangya di artwork Tactics A2 menggambarkan airship Galbana.
-Vaan sebenarnya dipertimbangkan untuk mengisi spot FF XII di game dissidia FF, tapi ditolak karena Gabranth. Ketika Penelo muncul di battle tips, dia protes atas penolakan Vaan.

Vaan says:
-"One of these days I’ll fly an airship of my own. I’ll be a sky pirate, free to go where I will."

admin says: Sejatinya, tokoh ini kurang menonjol. Gamer banyak yang menilai bahwa Balthier lebih pantas menjadi tokoh utama.

12. Lightning

Nama aslinya adalah Claire Farron, kakak biologis dari Serah Farron. Dia adalah protagonis utama untuk serial FF XIII dan sekuelnya, FF XIII-2. Dia digambarkan sebagai cewek yang dingin, dan relatif menjaga jarak dengan teman-temannya. Tapi pada akhirnya, dia mulai menunjukkan sikap friendly, dan juga peduli terhadap yang lain.

Berikut data singkat mengenai karakter ini:

Nama: Lightning (Claire Farron)
Umur: 21
Tinggi: 171
Senjata: Gunblade
Eidolon: Odin
Asal: Bodhum

Trivia:
-Di Final fantasy XIII episode zero-promise-, Lightning cukup terbiasa dengan pekerjaan rumah dibandingkan dengan adiknya, Serah. Tapi Masakan buatan Serah lebih enak darinya.
-Di CG render resminya, lightning digambarkan tidak mengenakan kalung bolt trade marknya.
-Lightning & Cid raines, adalah satu-satunya l'cie yang tak pernah terlihat 'tanda l'cie'-nya sepanjang event di Final fantasy XIII (tapi saya tahu milik Lightning kira-kira letaknya di mana. he he he...).
-Gelang yang dipakai Lightning di lengan kanannya juga dikenakan oleh adiknya, Serah.
-Sebagai karakter, Lightning mirip dengan Red Mage ; menggunakan senjata, bisa white & black magic.

Lightning says:
-"Lightning. It flashes bright, then fades away. It can't protect. It only destroys."
-"This is ridiculous. Worst birthday ever."
-"We live to make the impossible possible! That is our Focus!"
-"Out of my way!"
-"The storm is here!" (sebelum dia mengeluarkan 'zantetsuken' dengan Odin gestalt mode).

Admin says: Salah satu karakter favorit saya. Jika berpacaran dengannya dan ketahuan selingkuh, kayaknya nggak akan mendapatkan tamparan, melainkan bacokan.

13. Noctis Lucis Caelum

Nama pendeknya adalah Noctis, atau bisa juga disebut dengan Noct. Dia adalah karakter utama dari seri Final Fantasy XIII versus. Dia adalah seorang pangeran, dan merupakan keturunan terakhir dari dinastinya. Bertugas untuk menjaga crystal, yang diperebutkan oleh marauders & barbarians yang juga bertujuan untuk menaklukkan kotanya. Noctis punya beberapa rekan, dan keluarganya dikenal mirip dengan mafia modern saat ini. Karakter ini sejatinya berambut hitam & bermata biru, tapi, menurut Nomura warna rambut & matanya bisa berganti tergantung emosinya. Noctis disebutkan sebagai pribadi yang pemalu, dan dia berusaha untuk menyembunyikannya dengan bersikap cool.

Dikarenakan karakter ini game nya masih dalam tahap rilis, saya tidak bisa menemukan banyak informasi mengenainya.

Trivia:
-Banyak fans yang mengira bahwa karakter ini akan mirip dengan cloud (sifatnya).
-Memiliki, dan bisa menggunakan bermacam-macam senjata.

Noctis says:
-"Fools set the rules in this world. Just take a look around. It's undeniable."

admin says: Lagi-lagi, square membuat karakter dengan personaliti mirip-mirip cloud. Sedang trend-kah??

Nahh... itu tadi sederet tokoh-tokoh utama dari serial FF yang udah saya kenalkan pada kalian semua. Dari daftar tersebut, bisa kita ketahui bahwa tenyata mereka memiliki karakteristik & penampilan yang beragam, dan tentunya hal tersebut membuat jalan cerita dalam game menjadi semakin menarik.

Semoga aja, list diatas bisa menambah pengetahuan kita mengenai game RPG terpopuler ini. Nah, diantara sekian banyak tokoh tersebut, yang manakah yang merupakan tokoh favorit kalian?

Posted originally by: Animovies
Data & referensi: Google, FF world magazine,
finalfantasy.wikia.com, & my personal thoughts.

16 komentar:

  1. kok zack final fantasy 7 crisis core gak di ulas sih?

    BalasHapus
  2. wah,penggemar beratnya zack ya gan? he he maaf, meskipun di crisis core zack jadi main protagonist, tapi crisis core menurut saya masih berupa game 'sampingan' dari serial FF7, jadi ya sengaja nggak saya masukin... Kalo semuanya pada dimasukin, bisa2 daftarnya jadi panjang ntar :)

    BalasHapus
  3. wah...,kapan2 munculin info semua karakter sampai yang ke 14 ya...^^

    BalasHapus
  4. @ Lady fujiwara: Rencananya sih, ke depannya bakal bikin trivia seperti ini lagi, tapi versi villain-nya...! tunggu aja yah... :)

    BalasHapus
  5. Ditunggu untuk char FF tatic series-nya gan ^.^ karena nanti cluod & vaan terkait loh dengan FF tatic series.. atau ternyata map ivalice juga ada hubungannya dengan kisah hidup squall (FF VIII) & zidane (IX)... btw realy nice post gan (keep up :)

    BalasHapus
  6. oh.. benarkah? kalo gitu rasanya perlu utk diteliti lebih lanjut nih... :)

    BalasHapus
  7. mau nambahin yang kurang nih, Bartz itu asalnya dari Lix. (maklum, belum lama main gamenya, jadinya ingatan ttg FFV masih fresh. hehe)
    kuanggap lucu soalnya kalau direndengkan dgn nama ver jepangnya, terdengar seperti "Licks Butts"
    XD

    BalasHapus
  8. @ Shi: Wah, makasih ya, ntar saya update... :)

    BalasHapus
  9. wah crita tidus m luna w alami

    BalasHapus
  10. @ ardiansyah: beneran nih? Jangan2 dijiplak square buat dijadiin plot ceritanya FF-X?? he he he :)

    BalasHapus
  11. paling favorit bhartz clauser ama zidane tribal

    BalasHapus
  12. @ radhitribal: benarkah? kalo sama mah, lebih suka Squall... Thanks 4 the comments! :)

    BalasHapus
  13. FF 13 lightning ane demen gan

    hehehe

    tanda l'cie-nya disitu bro
    kan dikasih tau gan pas awal ketemu fang, tapi keliatan dari belakang doang sih

    BalasHapus
  14. @ Panon: Iya, cuma dari belakangnya doang... mangkanya perkiraan saya, letaknya di daerah 'itu'... he he he

    BalasHapus
  15. kalo gwe suka sama noctis....dia keren banget.....sama kaya cloud di ff vii....mantap banget...gayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Anonim: Ha ha ha keren sih,... tapi ane blom pernah maen game nya... jadi yaaa blum bisa tahu secara pasti karakteristiknya kyak apa.. :)

      Hapus