Rabu, 30 Maret 2011

16 Kota terindah di dunia Final Fantasy

Yeahhh....!! Akhirnya bikin postingan lagi...
Okay, postingan ini berkaitan erat dengan game RPG terbaik sepanjang sejarah. Well, gak usah basa-basi lagi, deh... semua udah pada kenal game Final Fantasy kan? Biar kata belom pernah maen semua serinya, pasti pernah, kan 'nyicipin' satu-ato dua seri?

Yak, dalam game2 RPG layaknya Final Fantasy, pastinya banyak sekali tempat yang bisa dijelajahi. Mulai dari dungeon, hingga kota-kota yang ada di dalamnya. Nah... kota manakah yang menurut kalian paling berkesan? Kota manakah yang berpengaruh besar pada storyline? atau mungkin kota manakah yang paling indah?

Well, Dalam postingan ini, saya akan ajak kalian semua terbang ke dunia Final fantasy, dan menjelajahi kota-kota terindah yang ada di dalamnya. Gak usah khawatir, kalian nggak perlu main semua seri Final Fantasy untuk menjelajahi tiap sudut kota-kota indah tersebut. Cukup kencangkan sabuk pengaman kalian, dan... Here we gooo..!!!

16. gold saucer FF VII

Peringkat paling buncit diduduki oleh Gold Saucer. Gold Saucer adalah taman hiburan yang berbentuk seperti sebuah menara, dan kota ini terdapat di game Final Fantasy VII. Gold Saucer dibangun diatas reruntuhan Corel dan dioperasikan oleh Shinra. Di tempat inilah, Cait Sith bergabung dengan party kalian.

Game-game yang ada di gold saucer tidak memerlukan gil. Tapi, GP (Gold Point) yang merupakan mata uang tersendiri di tempat tersebut. Gold Saucer dibagi menjadi tujuh tempat hiburan, yang masing-masing memiliki mini games. Ketujuh tempat tersebut adalah:

-Wonder Square
Di tempat inilah party member bertemu dengan Cait Sith.
-Round Square
Kalian yang udah pada maen FF VII pasti ingat dengan tempat ini. Di sinilah, cloud berkencan. Seingat saya sih, ada 3 alternatif cewek yg bisa diajak kencan naik gondola disini. Mereka adalah tifa, aerith & yuffie. Temen saya malah ada yg bilang bahwa kalo kita memenuhi persyaratan tertentu, kita bisa kencan ama Barret!!
Cloud dating dgn Barret?? Weks! Nggak banget deh...
-Event square
Seingat saya nggak ada moment penting yang terjadi di tempat ini. Tempat ini cuman berbentuk seperti semacam aula, dengan panggung besar di tengahnya.
-Ghost Square
Ghost square merupakan penginapan yang mewajibkan pengunjung membayar sebesar 5 gp untuk menginap per malamnya.
-Chocobo Square
Ketika meninggalkan corel prison, Cloud harus memenangkan balapan chocobo.Disinilah balapan chocobo tsb diadakan.
-Battle Square
Battle square memiliki salah satu minigames terpenting di gold saucer. Bayar 10 gp, dan karaktermu akan diperbolehkan unjuk kebolehan di battle arena. Jika menang, akan ada hadiah menarik yang bisa kamu tukarkan di counter.
-Speed square
Minigame di tempat ini memerlukan biaya 10 gp. Saya sendiri nggak begitu inget dengan tempat ini. Well... mungkin ada yang bisa bantu? he he he pikun mode on :)

15. Kilika FF X

Kilika adalah sebuah pulau kecil yang terletak di selatan Spira. Tempat ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan airship. Pulau ini terdiri dari sebuah pelabuhan kecil, desa, dan hutan besar yang di dalamnya terdapat temple of yevon. Tempat ini terkenal karena menjadi kampung halaman dari High Summoner Ohalland, dan merupakan tempat asal Kilika Beasts, tim blitzball setempat. Di tempat ini pulalah, Yuna untuk pertama kalinya melakukan ritual sending. Kalo saya nggak salah ingat, ditempat ini pulalah, player mendapatkan aeons Ifrit. Kilika ini juga kota kecil yang cukup indah, karena dekat dengan pantai. Well, sayangnya setelah itu, Sin datang dan memporak-porandakan semuanya.

14. Alexandria FF IX

Gak mungkin gamer yang pernah maen FF IX nggak tahu kota yang satu ini. Yup, Inilah Alexandria, kota yang sekaligus menjadi ibukota dari negara yang bernama sama, di planet Gaia di cerita FF IX. Alexandria merupakan kerajaan besar yang ada di pusat Mist Continent. Sebagai sebuah negara monarki, Alexandria dipimpin oleh Ratu Brahne Raza Alexandros XVI dan kemudian di akhir cerita nantinya akan diteruskan oleh Garnet Til Alexandros XVII.
Sebenarnya, kota Alexandria nggak gede-gede amat... bahkan, masih kalah gede jika dibandingkan dengan Lindblum. Tapi, tetap aja ada sisi menarik dari kota ini. Salah satunya adalah Kastil Alexandria itu sendiri. Dalam gamenya, gamer bisa menjelajahi dapur, perpustakaan, hingga balkonnya. Kota ini membuat gamer kembali ke setting Istanasentris yang sudah dilupakan oleh FF VII dan FF VIII
sebelumnya. Luar Biasa!

13. Besaid FF X

Besaid terdapat di game FF X dan juga FF X-2. Besaid adalah pulau kecil titik paling selatan dari spira. Dikarenakan serangan dari Sin, Tidus terdampar di pantai Besaid, dan dari sinilah cerita dimulai. Pulau ini cukup indah, karena memiliki pantai yang besar, dan sebuah seaport. Selain itu, tempat ini layak berada di posisi ini karena merupakan tempat asal Yuna, Wakka, Lulu & Chappu. Di kota ini pulalah, gamer mendapatkan aeon pertama dalam game, yaitu Valefor. well, kota yang tidak hanya indah, namun juga berperan besar dalam storyline.

12. Junon FF VII

Junon adalah kota besar dan merupakan instalasi Militer di serial Final Fantasy VII. Sebenarnya, Junon merupakan kota kecil yang damai sebelum akhirnya Shinra membangun kota baru di dekatnya. Airfield kota baru didirikan oleh Shinra tepat diatas desa yang lama. Hasilnya, Sinar matahari tak bisa lagi menyinari tempat itu, dan lautan sekitar menjadi tercemar. Junon kemudian menjadi headquarter kedua Shinra Corp, dan merupakan kantor presiden Rufus Shinra.
Di world map sekalipun, Junon mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan Junon memiliki sebuah meriam raksasa bernama Sister ray. Sebuah meriam jarak jauh yang luar biasa besar, dan bertenagakan huge materia.

11. Balfonheim FF XII

Balfonheim terletak di land of ivalice di dunia Final Fantasy XII. Kota ini penuh dengan pelaut dan juga pirates. Balfonheim berada di ujung selatan benua Valendia, di region Archadia. Kota ini juga berdekatan dengan Cerobi Steppe. Balfonheim juga merupakan sedikit area di dalam game yang memiliki treasure di dalam kota. Jujur aja, karena belum pernah memainkan game FF XII, saya jadi kurang informasi mengenai kota ini. Tapi, jika dilihat dari pemandangannya, kota ini cukup indah, dan layak berada di urutan ini.

10. Midgar FF VII

Midgar adalah kota paling terkenal sepanjang sejarah game Final Fantasy. Midgar merupakan ibukota di dunia final fantasy VII. Kota ini juga merupakan kota yang sangat maju teknologinya di seantero planet (nama dunia di FF VII). Dibangun oleh Perusahaan listrik Shinra, Midgar merupakan markas utamanya. Berkat delapan Mako Reactor, kota besar ini tak pernah kekurangan tenaga. Kota Midgar ini cukup unik, karena terdiri dari sebuah piringan (plate), yang dibangun mulai tahun 1976, sebagai tempat berdirinya base dari shinra corp (kawasan yang berdiri di atas plate disebut juga dengan paradise).

Tepat di bawah piringan raksasa tersebut, terdapatlah sebuah kawasan kumuh bernama 'slums' disinilah, bar milik tifa (seventh heaven) dan juga markas avalanche pimpinan barret berada. Kaum minoritas yang hidup dibawah 'plate' hidup dalam kondisi yang pas-pasan (malah bisa dibilang mengenaskan) dan untuk selamanya mereka nggak bisa melihat langit akibat terhalang 'plate' yang ada ratusan meter diatas kepala mereka. Keunikan midgar tidak berhenti sampai disitu aja.

Midgar dikelilingi oleh tembok raksasa yang memblok akses dari luar dan dibagi menjadi beberapa sektor & lapisan. Di FF VII AC setelah bencana Meteor, Midgar hancur lebur dan hanya menyisakan reruntuhannya saja. Kebocoran reactor mako membuat kota ini sudah benar-benar nggak bisa ditinggali lagi. Sebagian besar warga akhirnya pindah dan membuat kota baru bernama 'the edge', yang terletak tak jauh dari sana.
Desain kota Midgar yang unik namun amburadul ini membuatnya berada di peringkat ke 10. Yah, buat saya, kota ini masih kelihatan indah kok (dari berbagai sisi)...

9. Rabanastre FF XII

Tepatnya, kota ini bernama 'the royal city of ranabastre'. Merupakan salah satu kota besar di dunia Ivalice di FF XII, dan juga merupakan kampung halaman Vaan. Ranabastre adalah ibukota dari Dalmasca, dan agaknya menjadi kota yang paling sering dikunjungi oleh player dalam game.Kota ini begitu menarik, dan memiliki 'places of interest' tersendiri. Beberapa diantaranya adalah Gates, Southern Plaza, East end, The Sandsea, Clan Centurio Hall, hingga the Muthru Bazaar.

8. Balamb town FF VIII

Balamb adalah sebuah pulau kecil di dunia FF VIII. Kota ini sebenarnya merupakan pelabuhan besar, dan merupakan home base sempurna bagi para nelayan. Di zaman dulu, keasrian dan juga keindahan kota mungil ini kemudian tersebar, dan terdengar oleh para Galbadians. Hasilnya, balamb berkembang menjadi resort yang menarik para wisatawan dari Galbadia. Sebuah jalur rel di bawah air dibangun untuk memberikan transportasi yang memadai untuk penduduk, dan juga berbagai keperluannya. Berbagai toko kecil yang menjual souvenir dan hal-hal yang berkaitan dengan 'tourism' banyak bermunculan di kota ini. 12 tahun Sebelum setting cerita FF VIII dimulai, Balamb garden, training center untuk Seed military force kemudian didirikan.
Balamb memiliki beberapa spot yang menurut saya cukup menarik, yaitu:

-Car rental

Terletak di pintu masuk kota. Player bisa menyewa mobil dengan harga yang murah disini (tapi saya sendiri blom pernah melakukannya).

-Residental district

Jalan utama kota ini dipenuhi dengan rumah-rumah penduduk di kiri dan kanan. Salah satunya adalah rumah Zell.

-Train Station

Terhubung dengan dengan jalur rel lintas benua yang menuju ke Galbadia. Kereta yang ada disini memiliki gerbong khusus untuk keperluan anggota SeeD.

-Balamb hotel

Hotel ini begitu nyaman, dan langsung terhubung dengan pemandangan laut yang begitu peaceful. hemmm.... sempatkan berkunjung kesini jika kalian memainkan game FF VIII.

-Zell's House

Rumah dari Zell dan juga ibunya. Kamar Zell ada di lantai 2, dan jangan harap kalian bisa sembarangan memasukinya.

-Harbour

Pelabuhan balamb ini merupakan fasilitas publik, dan menjadi tempat bagi berlabuhnya kapal Balamb garden untuk keperluan misi.
Berkat berbagai keunikan dan juga keindahannya, Balamb town sukses bertengger di urutan ke 8. Ahh... saya ingin tinggal disini.

7. Shumi Village FF VIII


Shumi village sebenarnya bukan kota (iya toh, wong namanya aja ada embel2 'village' nya. village=desa). Tapi saya putuskan untuk memasukkannya dalam list karena tempat ini cukup luas, menarik, dan berkontribusi besar pada storyline FF VIII. Shumi Village sebenarnya merupakan kampung halaman bagi para Shumi. Desain arsitekturnya benar-benar unik, karena terletak 323 meter di bawah tanah. Area ini bisa dicapai ketika player sudah bisa mengontrol Balamb Garden. Desa ini begitu indah, dan yang menjadi daya tariknya adalah adanya draw point ultima di pintu masuk desa (meskipun untuk sekali draw, player harus bayar 5000gil). untuk lebih mengenal keindahan dari tempat ini, ini saya kasih skrinsyutnya... :).


6. Nibelheim FF VII

Inilah tempat dimana semuanya berawal. Nibelheim merupakan kota bersejarah di dunia FF VII. Tempat kelahiran cloud, & tifa. Nibelheim terletak di kaki gunung nibel, dekat cosmo canyon. Beberapa tahun sebelum setting game-nya dimulai, kecelakaan besar yang terjadi di kota kecil ini tak pernah diungkap ke publik. Seingat saya, hal ini bermula ketika cloud zack & sephiroth mengemban tugas untuk mengecek kerusakan mako reactor di gunung nibel. Disinilah Sephiroth menemukan kenyataan bahwa banyak sekali kloning hasil eksperimen hojo, berupa monster yang dulunya adalah manusia. Disini pulalah, sephiroth bertemu dengan ibunya ; Jenova. Sephiroth mulai berpikir, bahwa dia bukanlah manusia spesial seperti yang selama ini dia pikirkan, dan gak ada bedanya dengan monster2 hasil kloning yg ada di sana. Sephiroth akhirnya menjadi kehilangan kendali setelah mengetahui semua hal mengenai 'Jenova Project'. Dari sinilah tragedi kota ini dimulai.

Akhirnya, Sephiroth membantai kebanyakan penduduk Nibelheim. Zack, cloud, tifa & zangan berusaha menghentikannya, tapi sia-sia saja. Beberapa saat setelahnya, Shinra mengklaim bahwa Sephiroth sang pahlawan, tewas dalam kecelakaan tersebut (padahal kejadian sebenarnya tidak seperti itu. Jika kalian udah pernah maen game-nya pasti pada tahu kan?). Okay, Kota ini kecil, dan sederhana. Tapi, dikarenakan begitu besar pengaruhnya pada storyline FF VII, kota ini layak berada di peringkat ke 6. Well, kota kecil di kaki gunung pastilah indah. Benar begitu kan?

5. Bodhum FF XIII

Bodhum a.k.a Bowdam, adalah sebuah kota di game Final Fantasy XIII. Kota ini merupakan kampung halaman dari Lightning dan juga adiknya, Serah, juga kekasih Serah, Snow. Kota ini sekaligus merupakan Home-base dari NORA. Kota ini begitu menarik perhatian saya, karena kembang apinya. Kalian yang udah maen game-nya pasti setuju kan, kalo festival kembang api di kota ini begitu indah?

Kota yang bersebelahan dengan laut ini dijaga oleh Guardian corps dimana lightning bekerja sebagai seorang soldier. Menurut legenda, jika doa dan juga keinginan diugkapkan pada saat festival kembang api berlangsung, maka akan terkabul dan menjadi kenyataan. Sebelas hari sebelum setting game dimulai, Festival kembang api di kota ini dihadiri oleh seluruh playable characters. Berkat arsitektur & festival kembang apinya yang begitu luar biasa, maka kota ini layak berada di peringkat 5 besar.

4. Esthar FF VIII

Esthar merupakan ibukota dari negara yang bernama sama, di setting dunia FF VIII. Kota esthar merupakan kota terbesar di dunia FF VIII, dan terbentang nyaris seantero 'the great plains of esthar'.
Kota ini sangat-sangat maju teknologinya. Bahkan kota ini memiliki teknologi OCS (optical Camouflage System), yaitu berupa barrier yang berfungsi untuk menyembunyikan kota ini dari dunia luar. dalam kurun waktu yang cukup lama, esthar diperintah oleh sorcererss Adel. berkat bantuan dr. Odine, dia berhasil menemukan anak yang bisa diwarisinya kekuatannya (dia adalah ellone). Laguna kemudian melihat hal ini sebagai kesempatan, dan menggunakan ellone sebagai umpan untuk mengunci kekuatan adel, dan mengurungnya di suatu tempat di luar angkasa.
Ada beberapa tempat di esthar yang menurut saya benar-benar keren. Tempat tersebut adlah:

-Laboratorium Dr.Odine

Terletak di barat daya presidential residence, Laboratorium inimerupakan laboratorium utama Odine, dimana dia melakukan penelitian terhadap sorceress.

-Esthar Airstation

Ketika party pertamakali mendarat disini, terlihatlah background berupa ragnarok yang begitu keren. Woo..w

-Presidential Palace


Tempat tinggal staff kepresidenan dan tempat tinggal presiden itu sendiri (Laguna).

-Rent a Car

Terletak di pintu masuk kota, mobil bisa disewa di tempat keren ini. Tapi menurut saya nggak seru. Daripada naik mobil, mending jalan kaki deh, sambil naikin level. tul gak?
Berkat kecanggihan yang diluar nalar,esthar sukses bertengger di peringkat ke 4 kota terindah di FF worlds!

3. Fisherman Horizon FF VIII

Lagi-lagi, kota dari Final Fantasy VIII menduduki peringkat atas daftar ini. Yup, setelah esthar, ada Fisherman's Horizon (disingkat FH). Kota ini terletak di tengah-tengah, antara eastern & western continent, dan berada tepat disebelah rel antar benua, yang juga lebih dikenal sebagai Horizon bridge. Kota ini ditinggali oleh nelayan, dan juga mekanik yang begitu terampil. Buktinya, ketika Balamb airship rusak & menabrak tempat ini, merekalah yang mereparasinya. FH dibangun karena ketidak puasan para insinyur yang aktif selama pengembangan kota esthar. Mereka memutuskan untuk meninggalkan tempat asal mereka dan membangun kota baru disuatu tempat, dan kemudian lahirlah kota pelabuhan ini. Menurut saya sendiri, ketika party member berada di kota ini, suasana rileks begitu terasa apalagi BGM nya juga benar-benar mendukung. O,ya di kota ini pulalah, Selphie mengadakan konser untuk Rinoa & Squall. Well, momen yang tak terlupakan 'kan? Berikut gambar beberapa sudut kota FH yang berhasil saya dapatkan.




Siapa mau tinggal disana? he he he...

2. Lindblum FF IX

Lindblum terletak di bagian paling selatan mist continent di dunia FF IX. Kota ini berdekatan dengan Alexandria dan juga Burmecia. Lindblum merupakan kota terbesar di game ini, dan dibagi menjadi 4 bagian: Theater District, Industrial District, Business District, dan Grand Castle. Yang unik dari kota ini adalah, keberadaan air cab-nya. Well, orang-orang di kota ini bepergian naik kendaraan tersebut. Kota ini juga dilindungi oleh 'Lindblum Airfleet' dan dibawah pemerintahan dari Regent Cid Fabool IX.

Lindblum terletak di puncak gunung yang di ditutupi oleh kabut. Dikarenakan hal ini, cara paling aman untuk memasuki kota ini hanya menggunakan airship melalui falcon's gate.Berikut beberapa screenshoot dari sudut2 kota lindblum, yang begitu mengekspos keindahannya.

Berkat keindahannya itulah, kota ini layak berada di peringkat ke 2 kota terindah di FF worlds!

1. Nautillus FF XIII

Yeaahh....! Setelah perjalanan panjang, akhirnya kita sampai di kota terakhir di list kota terindah di FF world ini. Yep, peringkat nomor wahid ternyata di duduki oleh Nautillus, kota yang ada di game FF XIII.

Nautillus juga merupakan taman hiburan dan juga ibukota dari Cocoon. selain itu, Kota ini juga dikenal dengan sebutan 'city of dreams'.

Dikelilingi oleh Nautillus park yang begitu terkenal, city of dreams ini dibangun dan kemudian tak ubahnya menjadi tempat keramat bagi warga cocoon.

Turis berdatangan dari berbagai penjuru dunia hanya untuk menikmati keindahan Nautillus. Berkat hal itu, kota ini selalu terlihat ramai dan sibuk sepanjang tahun. Nautillus juga merupakan tempat asal Parade Pompa Sancta yang begitu populer. Tapi, yang sebenarnya menjadi primadona dari Nautillus park adalah chocobo dan juga domba yang bisa dengan mudah ditemukan di kebun binatang keluarga.

Nautillus juga merupakan pusat dari berbagai macam atraksi yang dirancang dengan teknologi termutakhir.

Tapi, agaknya jika kota semacam ini direalisasikan, biaya hidup per bulannya pasti bakalan mahal banget... :)

Berkat imajinasi arsitektural yang ,elebihi nalar tersebut, maka Nautillus memang layak untuk berada di puncak daftar kota terindah seantero FF Worlds!!!

Bagaimana? Itulah deretan kota terindah di dunia FF yang berhasil saya kumpulkan. Well, dengan sangat menyesal saya nggak bisa memasukkan kota-kota dari seri FF pertama sampai ke enam ke dalam list karena... yah, kalian tahu sendiri kan, gimana kualitas animasi dari game2 generasi awal tsb? Selain itu, karena belom pernah memainkan game ke XI dan XIV, saya jadi kurang info & nggak begitu tahu banyak mengenai kota-kota di dalamnya.

Tapi, semoga aja daftar yang sudah saya susun sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan bagaimana indahnya kota-kota di FF worlds. Bagi yang kota favoritnya nggak masuk dalam daftar, saya mohon maaf yah, maklum, kalo nggak pikun berarti ya khilaf... he he he

Copy paste postingan ini boleh-boleh aja, tapi, paling nggak hargailah jerih payah saya dalam menyusun daftar ini dengan mencantumkan linkback ke blog ini. Oke???

Well, sampai jumpa di postingan berikutnya, guys!
o, ya... Diantara sekian banyak kota diatas, kalian ingin tinggal dimana???

Posted originally by: Animovies.

1 komentar:

  1. ane copy sedikit gan, yang FF VIII. buat posting blogg ane.

    thanks ^^

    http://saifadaniel.blogspot.com/

    BalasHapus