Sabtu, 02 Juli 2011

Game paling everlasting

Apa game yang paling kalian sukai?
Well, jawabannya pastilah berbeda-beda. Ada yang suka game bergenre action, ada yang suka game sport, hingga genre-genre lainnya, seperti horror, atau petualangan. Semuanya tergantung pada selera, hingga kuaitas game itu sendiri. Namun, jika kita terlalu sering memainkan satu judul game, menyelesaikannya,dan telah mengetahui semua secret yang ada di dalamnya, maka terkadang akan muncul rasa bosan, hingga kita enggan memainkan kembali game tersebut. Namun, tahukah kalian kalau ada beberapa judul game yang gak bikin bosan meskipun sudah berkali-kali dimainkan?

Setelah googling sejenak & menyambangi beragam forum, saya berhasil mengumpulkan beberapa judul game, yang 'everlasting' alias gak ngebosenin, meskipun udah dimaenin berkali-kali. Game apa aja itu? simak yuk...

1. Tetris

Siapa yang belum pernah main game ini? Meskipun game ini cuma game susun menyusun balok, nyatanya tetris sukses menghipnotis jutaan gamer diseluruh dunia, untuk terus memainkannya. Tetris banyak dijumpai di konsol game saku, yang justru menjadi ciri khas dari game klasik ini. Dengan begitu, game ini bisa dimainkan dimana aja, & kapan aja. Masih inget dong, jaman jadul dulu, ada konsol game portabel, yang isinya khusus tetris doang, an ketika kita bikin kesalahan, konsol itu bisa ngomong: "Bego lu... Bego lu...". Ha ha ha... Namun, seiring perkembangan jaman, game tetris banyak mengalami revisi, dan diadopsi oleh berbagai developer, untuk dibuat versi barunya. Hingga saat ini saja, sudah tak terhitung ada berapa judul & versi game tetris di berbagai konsol yang ada. Luar biasa...

2. Zuma

Game keluaran Pop Cap games ini juga layak untuk masuk dalam jajaran game everlasting yang pernah ada. Sebenarnya, game ini sangat simple, namun justru hal itulah yang membuat gamer penasaran dan ingin memainkan game ini terus menerus. Gamer cuma harus menembaki bola, menyamakan warnanya, dan berusaha untuk menyelesaikan game dalam waktu sesingkat-singkatnya. Jika bola bergulir masuk lubang, maka gamer akan kalah. Simple kan? Sama dengan tetris, game akan mengalami penambahan tingkat kesulitan seiring dengan makin tingginya level yang dicapai. Makin tinggi levelnya, lintasan akan makin susah, dan bola akan bergulir makin cepat. Game ini simple, sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja, dan pengemasan game yang begitu menarik membuat banyak orang tak pernah bosan memainkan game ini.

3. Pro evolution Soccer 6

Siapa bilang game everlasting selalu identik dengan game klasik? Pro Evolution Soccer 6 buktinya. Game sport besutan Konami yang rilis tahun 2006 ini ternyata memiliki banyak sekali penggemar, dan bahkan masih banyak sekali gamer yang memainkannya, kendati pes 2011 telah dirilis. Nggak percaya? Sambangi aja indowebster, dan kalian akan tahu betapa digilainya game yang satu ini. Apa alasannya? Pro Evolution Soccer 6 dinilai sebagai versi PES paling berhasil. Tingkat kesulitannya, gameplaynya, hingga kualitas grafisnya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan PES-PES pendahulunya. Dan bahkan, banyak yang menilai PES 6 masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan PES 2008 yang rilis 2 tahun sesudahnya! Alasan lainnya adalah, game ini cukup bersahabat dengan PC low spec. Bandingkan dengan PES 2011 yang membutuhkan berjibun prasyarat untuk memainkannya. Selain itu, banyak sekali situs / blog tak resmi yang rajin memberikan patch & up date pemain, sehingga game ini tak pernah ketingalan jaman.

4. Chess Game

Game asah otak ini merupakan game everlasting berikutnya, yang wajib masuk daftar. Jika kalian menyukai permainan yang menguji ketajaman otak, maka pasti kalian pernah memainkan game ini. Game chess sendiri sudah cukup banyak versinya, seperti kasparov chess, 3D chess, dan masih banyak lagi. Game ini paling sering nongol di PC dan juga Handphone. Tingkat kesulitannya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan gamer, jadi gamer-gamer yang agak lemot bisa latihan melalui game-game seperti ini.

5. Counter Strike

Satu lagi game non-klasik yang muncul di daftar ini. Game ini berjudul counter strike. Counter strike bisa dibilang sebagai game first person shooter yang sangat sukses, dikarenakan berbagai keunggulannya. Game ini dibuat begitu nyata, sehingga gamer ketagihan untuk memainkannya lagi, dan lagi. Selain itu game counter strike ini juga mndukung fitur LAN, yang membuat gamer bisa bermain dengan gamer lainnya. Saking boomingnya, tak ada satupun warnet yang tak memiliki game ini. Counter strike kemudian menjadi inspirasi bagi game-game sejenis yang muncul sesudahnya, seperti Point blank maupun cross fire.

6. Sim City

Siapa yang tak kenal dengan game legendaris ini? game ini memang menarik, Will Wright menawari kita sebuah konsep game berbasis social simulation, dimana kita bertugas untuk membangun sebuah kota dan menatanya gar menjadi kota yang indah dan teratur serta memberikan ganyak profit (seolah-olah, kitalah walikotanya). Dalam game ini kita dilatih untuk menjadi pribadi yang cerdas serta bertanggung jawab.

7. Pac-Man

Satu lagi game klasik yang layak untuk masuk ke deretan game everlasting ini. Yup! Pac-Man. Mungkin hanya gamer yang besar di akhir tahun 80 hingga 90an saja yang akrab dengan game ini. Meskipun Pac-Man sudah beberapa kali diperbaharui, game play nya yang tetap sama seringkali membuat gamer menghindarinya. Namun, game ini tetap layak untuk dinobatkan sebagai game everlasting,karena berbagai unsur yang ada di dalamnya. Game ini cuma soal memakan atau dimakan. Kira-kira se simple itu. Namun, sekali lagi, kesederhanaan tema yang di usung oleh game ini membuatnya menjadi salah satu game paling everlasting yang pernah ada.

8. Prince of Persia

Inilah game yang sangat populer bahkan hingga sekarang. Game keluaran Broderbund Software tahun 1989 ini telah dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh penjuru dunia. Saya yakin, kalian juga sudah pernah mencicipi game ini. Tapi, saya tak yakin kalau kalian sudah menyelesaikannya. Dalam game ini, kita berperan sebagai seorang sultan Persia yang bertugas untuk menyelamatan tuan putri yang diculik oleh musuh kita. Terdengar sangat klasik, namun bukan berarti gamer bakal menaklukkan game ini dngan mudah. Segudang jebakan yang harus dilalui akan senantiasa menghadang langkah gamer untuk maju ke level berikutnya. Belum lagi, kontrol yang sulit acap kali membuat gamer kebingungan, dan penasaran untuk terus memainkannya. Game ini membuat kita harus berpikir keras untuk mencari penyelesaian di tiap levelnya. Prince of persia menawarkan animasi yang menarik dan nyata, dimana arena dibuat semirip mungkin dengan model kastil jaman dahulu.

9. The Sims

Maxis benar-benar brilian ketika memutuskan untuk merancang game simulasi ini. The Sims tak bisa dibilang sebagai game yang sederhana, karena gamer harus membangun imej dan karakteristik tokoh di dalamnya. Selain itu, gamer harus mampu mengatur rutinitas dan juga kesehariannya. Belum lagi, kelihaian gamer dalam membangun hunian diuji disini. Efisiensi hingga estetika sangat diperlukan, sehingga tokoh rekaan gamer bisa hidup degan nyaman, dan tak kurang satu apapun. Kesuksesan game ini membuat pihak developer terus mengeluarkan seri terbarunya.

10. Need for Speed SE

Tak lengkap rasanya jika saya tak memasukkan game balap di daftar ini. Dan yang layak untuk menduduki kursi terakhir daftar game ini adalah Need for Speed. Game ini memiliki jutaan penggemar, dan telah dirilis untuk berbagai konsol. Versi dari game ini sendiri sudah cukup banyak, seperti Need for Speed, Need for Speed II, Special edition, Hot Pursuit, Porsche unleashed, High stakes, Underground, Underground II, Most Wanted, Most Wanted Black Edition, Undercover, hingga Carbon. Tentunya hal ini tak lepas dari kejeniusan pihak developer dalam merancang sebuah game balap. Jika tidak, maka mustahil rasanya versi Need for Speed akan dibuat sebanyak ini.


Nah itu dia daftar 10 game everlasting versi Animovies. Tanpa melupakan esensi sebagai saran hiburan, sebuah game agaknya memang harus mengedepankan berbagai aspek, seperti tingkat kesulitan, alur cerita, fitur, hingga grafis yang menunjang. Dengan demikian, game tersebut tak akan lekang dimakan jaman, kendati game-game baru yang setema bermunculan. Untuk kedepannya, semoga developer-developer mampu memunculkan kembali game yang everlasting, dan tak akan membuat gamer bosan meskipun sudah berkali-kali dimainkan. Akhir kata, See ya in the next post!!!

Posted originally by:
Animovies

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar