Protected by Copyscape Duplicate Content Tool

Sabtu, 27 November 2010

Kejanggalan dalam dunia game RPG

Setelah kemaren kita habiskan 2 postingan cuma buat harry potter,
Hari ini, saya akan menjelaskan beberapa kejanggalan dan juga hal gak masuk akal yang ada dalam game RPG.
Jadi, semuanya harap simak baik2 ya!!

Kejanggalan2 itu adalah:

1. Bangun tidur, kuterus...

Pada beberapa game, kita seringkali memulai permainan sebagai tokoh utama, yang baru bangun tidur (ex: chrono cross). Begitu bangun, kita dapet tugas ato "misi" dari entah siapa (temen kek, nyokap kek, sampek orang tak dikenal) untuk melakukan sesuatu, ato menemui seseorang. Nah... anehnya, kita bebas langsung ngeloyor pergi ke TKP, tanpa melakukan hal yg sepatutnya kita lakukan terlebih dahulu setelah bangun tidur...

Kalo saya sih... Bakalan pamitan sama emak dulu (maaaak... ucup berangkaat...) ato sholat subuh dulu, ato mandi & sarapan dulu!! Nah si main hero ini nggak, dan langsung nyelonong pergi gitu aja, dengan iler masih nempel di mulutnya & rambut masih acak2an. jangan ditiru ya...


2. Gak butuh mandi, makan, pup, de el el

Sepanjang karir saya sebagai gamers rpg, saya kok gak pernah ya menemukan rutinitas tersebut dalam game?? (kecuali kalo hal itu emang berhubungan dgn plot cerita). Maksud saya, si main character g pernah ngerasa... eh laper kek, pengen boker kek, ato... ih bau kringet.. mandi dulu kek... Gak pernah!!

Mungkin para programer game emang gak memprogramnya supaya spt itu ya... coba bayangkan aja... jika pas harus berhadapan dengan safer sephiroth tiba2 aja cloud mules dan pengen boker, gimana dong??


3. Keluar masuk rumah orang seenaknya

Bisa masuk ke rumah orang seenaknya, ngambil barang seenaknya, dan kita bisa melakukannya kapan saja tanpa ada protes dari si tuan rumah. Jangankan protes... sing mbaurekso adem ayem aja kok. Indah sekali ya, dunia RPG itu...


4. Punya kantong ajaib doraemon

Kebayang nggak berapa jumlah item yang biasa kita bawa saat mainin game RPG?? selusin? lebih deh kayaknya... dan kita biasanya bisa membawa item yg berbeda-beda hingga limit 99. Banyak kan?? naah... mulai muncul keanehan disini... Ini item disimpen dimana? perasaan gak ada yang bawa karung deh...

Inilah kemudahan dalam dunia RPG. Bisa bawa barang segede apa aja, dengan jumlah berapa aja... untung ya... coba bayangin kalo si main hero harus manggul2 karung berisi seluruh item yg dia bawa.. bisa2 mokat kena encok kronis dia...


5. Pas jadi musuh saktiiii banget... begitu jadi temen....

Pernah dong ngalamin kejadian kayak yg satu ini..? kita ketemu dengan seorang karakter penting, yang pada awalnya harus kita lawan terlebih dahulu. Karakter itu kuaaat banget (ampe bisa ilmu aji2 segoro geni segala wkwkwwkwk). Tapi, begitu kita menang dan dia gabung ama kita... yaah... selevel ternyata.... (sama dongo nya).


6. Ngikuuut aja kemanapun karakter utama pergi.

Contoh nyata ada di game FF VIII, dan juga Chrono cross. 2 karakter yg ada di belakang main hero nempel kayak perangko, dan ngikut aja kemana si main hero melangkah... Si main hero loncat, 2 org di belakangnya ikutan loncat. si main hero jongkok, 2 org dibelakangnya juga jongkok... Gak pernah, sesekali zell & irvine pada protes ke squall: "Oi, Squall!! gue gak mau lewat jalan itu...!! ada anjing galaknya...!! lewat jalan laen aja!!" mereka ngikuut mulu.. cape dehhhhh....


7. Mengulang-ulang kata2 yg sama

Pernah nggak kalian nyoba bicara dgn 1 karakter yg sama berkali-kali?? pada akhirnya, mereka pasti bakal ngomongin hal yg sama mulu... teruuuss diulang-ulang kayak komputer lagi nge-hang.
biar kata 10 taon lagi kalian nyamperin itu orang, pasti dia masih ngomong dgn kata2 yg sama persis (kecuali kalo kalian udah menyelesaikan sebuah misi/event tertentu).
Di dunia RPG ga ada temen buat curhat ya kayaknya...


8. Penginapan merangkap dukun & pengobatan alternatif
href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVsWi5w2WoPtVfekFKYzwr_s41UxdEUkbd45Lqsk9ehn5AVc663V6LBSs03F1ImR1jARVwM7V2higi0lG6AyukvbIvJP7zlZa2AJ5AL7Z_-WPNunwaHiw4yAKi9ntiLK_lFIPf8sYB-bRb/s1600/update13-17.jpg">
Karakter anda keracunan?? kena bacok?? HP kritis, sakaratul maut mau mokat?? gampangggg... datengin aja penginapan terdekat. tinggal molor sebentar, anda langsung sembuh seperti sediakala. Gampang banget ya?? emang kayaknya jasa dokter apalagi dukun beranak gak diperlukan di dunia RPG. Karena, sakit ato luka separah apapun bisa disembuhin dengan nginep semalem di penginapan. Biayanya??? ahhh murah....!! (O,ya.. hal lain yg janggal adalah... kalo karakter kalian 3, maka jumlah ranjangnya juga 3... kalo 4, jumlah ranjangnya juga 4... kok bisa pas ya??)


9. Karakter cewek pamer aurat

Padahal, ini game bercerita tentang perang, bacok2an, tembak2an, de el el... tapi... karakter ceweknya gak butur kevlar ato baju anti peluru... dia malah seringkali keliatan pamer pusar, paha, pamer ketek... yang bener aja... Kalo kenak bacok gimana tuh? Hal yg lain yg aneh adalah.. biar kata party member harus menempuh gunung bersalju, si cewek g bakalan masuk angin dgn pakaian yg serba terbuka seperti itu...


10. Tampan rupawan & cantik jelita

Dunia RPG sungguh dunia yg indah... bagaimana tidak?? si main hero, dan juga temen2nya selalu aja dianugerahi tampang yg rupawan... si hero cowok ganteng, & si hero cewek cantik bin sexy abis. Siapa yg gak jeles coba... Catat ini!! hampir semua game RPG yg udah saya mainkan karakternya seperti itu semua. Kok gak pernah ya, square enix sekali2 bikin tokoh utama dengan tampang selevel dgn tukul/budi anduk, dan main hero ceweknya serupa kayak omaswati?? inget, nobody's perfect!
coba sekali2 bikin yg kayak gitu.. (laku nggak game nya? wakakakak)


11. Bego gak ketulungan

Seringkali dalam game, diceritakan bahwa si main hero punya kesaktian setinggi langit... Bisa summon makhluk2 buas nan powerful, dan punya magic yg bisa meratakan gunung merapi layaknya Meteor shower, Ultanova, Ultima, dll... Tapi, tetep aja gak bisa buka peti harta kalo dia gak punya kuncinya. Kenapa gak pernah terlintas di pikirannya: "oke, gue hantam pake omnislash aja deh, daripada capek2 nyari kuncinya.."

Ada lagi hero yg gobloknya minta ampun... padahal bisa summon creature gede yg bisa terbang. tapi pas jelajah world map, teteeep aja jalan kaki. capee dehhh....


12. Mati, enggak. Mati, enggak...

Ini kejadian paling konyol menurut saya.
Katakanlah kita habis battle, dan salah satu party member kita ada yg ko'it. Tapi, begitu battle selesai, dia layaknya sedia kala, sehat sentosa & bisa diajak kluyuran kemana-mana (kayaknya lupa kalo barusan dia lagi mokat). Terus, begitu ketemu musuh lagi, battle lagi... tau2 BLEGH.. dia mampus lagi... Dasar karakter edan!


13. Lupakan musyawarah mufakat. Disini, otot yg berbicara.

Agaknya memang demikian. Seluruh karakter yg ada di dunia RPG gak pernah belajar PPkn... ada beda pendapat dikit, bacook! ada masalah dikit, hantam..!! seolah-olah tak ada masalah yg bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Ya bagus sih... coba aja bayangkan, kalo ternyata final battle nya FF VII sperti ini: cloud dan sephriroth mau duduk satu meja, bicara baik2, dan masalah selesai. Tamat.
"Kembalikan uang kamiiiii...!!" begitu teriak para gamer.


14. Kebal ama obat

Satu lagi perbedaan yg mencolok antara dunia RPG dan dunia nyata. Karakter di game RPG g bakal ngalamin yg namanya overdosis, biar kata dia nenggak abis potion ampe 1 krat. Lha kalo kalian? coba minum bodrex 20 biji aja... mokat deh...


15. Monster di luar desa / kota.

Dalam setting game RPG (apalagi yg istanasentris), seringkali digambarkan ada sebuah desa, yg makmur tentram sentosa. Nah, di luar desa itu ada monster2 jahat nan liar yg berkeliaran yg senantiasa menghadang langkah si main hero. Pertanyaannya adalah, "Bagaimana penduduk desa itu bisa pergi ke kota sebelah, kalo di luar desa ada monster yg nungguin?" ato... kenapa monster2 cuman sliweran di luar aja?? serbu desanya kek.... Bego juga nih monsternya.


16. Boss terakhir yang penyabar.

Makin akhir sebuah dungeon, maka biasanya bakalan dibikin makin ruwet, dan makin susah. Berarti, si gamer setidaknya harus menghabiskan waktu beberapa jam sebelum bisa sampek ke tempat boss terakhir. Dan yang paling bikin heran adalah... kok si boss terakhir mau ya nungguin kedatangan si hero dgn begitu sabarnya... dia juga kadangkala ngomong: "Aku sudah menunggu kedatanganmu" padahal, si gamer udah ngabisin waktu seharian buat ngalahin monster dan mecahin teka-tekinya biar bisa sampek ke tempat si boss itu.

Gak pernah, si boss terakhir tadi ngomong: "Lama amat sih!! udah ditungguin dari tadi juga...!!" ato berpikir "Lama amat itu squall cs.. gue samperin aja ah.. biar gue mampusin sekalian" ato... "Gile aje.. udah 3 jam nih si cloud gak dateng2... pulang aja ah.." Dan begitu nyampek di tempat si boss, main hero udah gak nemuin sapa2 lgi, karena si boss udah keburu pulang, capek nunggunya... hahaha.


Tapi, terlepas dari semua keanehan & juga kejanggalan diatas, game RPG tetaplah game yg asyik buat dimainkan. Saya bikin postingan ini bukan berarti karena saya nggak suka RPG. Saya bikin, justru karena saya suka main game RPG. Dan andaikata semua keanehan diatas dihilangkan, dan game RPG dibuat jadi semirip mungkin dgn kehidupan nyata, kayaknya jadi bukan game RPG lagi namanya..

Oke, Kayaknya cuman segitu deh kejanggalan2 mengenai game RPG yg bisa saya kumpulkan. Jadiii.... sekian dulu ya..
O,ya.. ato mungkin ada yg bisa menambahkan???

Originally posted by: Animovies

6 komentar:

  1. sungguh aneh didunia game ini dan bolehkah saya mengcopy artikel ini?

    BalasHapus
  2. karena situ udah minta ijin, masak mau saya larang? hehehe... silakan ambill....

    BalasHapus
  3. izin kopi ya gan.. ^^

    BalasHapus
  4. yah gitu lah buatan manusia kan gk ada yg sempurna

    BalasHapus
  5. thanx gan, tread baguss, izin copas ya gan, :-D

    BalasHapus
  6. @ Anonim: Monggo2 Silakaan,...

    BalasHapus