Senin, 22 November 2010

Mantra dalam dunia Harry Potter

Berhubung kayaknya ini masih masa-masa demam harry potter, ada baiknya saya menyesuaikan diri dengan membuat postingan yang masih berhubungan dengan harry dkk...



Tentang apa ya? Hemm.. owkay bagaimana kalau kita bahas sihir-sihir apa saja yang pernah muncul di filmnya? Bagi yang tertarik, silakan langsung scroll dooowwwwnnn....!!

-Stupefy
sihir dasar yang bisa dipergunakan oleh kebanyakan siswa hogwarts. Dapat dipergunakan untuk menyerang, maupun melucuti senjata lawan. Efeknya tidak melukai. Cuma bikin bingung dan linglung saja. Wajar sih, soalnya dalam bahasa inggris, ‘stupefy’ artinya ‘linglung’ .

-Expelliarmus

Kurang lebih sama seperti stupefy. Harry dan kawan2 terlihat beberapa kali bisa mengeluarkan sihir ini. Diambil dari bahasa latin ‘expellere’ yang artinya ,mengeluarkan/ melepaskan’ , dan ‘arma’ yang artinya ‘senjata’ .

-Immobulus

Sihir yang dikeluarkan oleh Hermione pada film kedua, saat Gilderoy melepaskan pixy berwarna biru di kelas. Sihir ini tampaknya memiliki kemampuan untuk menghentikan pergerakan sebuah objek.

-Lumos

Lumos, artinya cahaya. Harry dan yang lain seringkali menggunakan mantra ini untuk penerangan.

-SectumSempra

Bisa dibilang, ini sihir tingkat tinggi yang dipelajari oleh Harry dari buku ramuan milik half blood prince (snape). Tampaknya, snape-lah yang meciptakan sihir ini. Harry sempat meng-cast sihir ini pada malfoy, dan akibatnya fatal. Sepanjang film, agaknya hanya harry dan snape yang bisa mengeluarkannya. Dalam bahasa latin ‘sectum’ artinya ‘melukai/ mencederai’ .

-Avara Kedavra

Sihir tingkat tinggi yang seringkali dipergunakan untuk membunuh. Sering terlihat di-cast oleh para death eaters. Sirius dan juga Dumbledore adalah salah satu korban dari spell ini. Dalam bahasa arabic, ‘Avada Kadavra’ berarti ‘I will destory as i speak’ (. Bunyinya mirip dengan ‘Abracadabra’. Dan tahukah kalian, pada akhir film harry potter and the chamber of secrets, Lucius Malfoy nyaris saja meng-cast magic ini pada harry. Beruntung, ada Dobby disana. Gak inget? Ayo.. keluarin DVD harry potter kalian, dan coba cek lagi.

-Wingardium Leviousa
Sihir tingkat dasar siswa Hogwarts. Bisa dipergunakan untuk mengangkat suatu objek.
Asal katanya dari bahasa inggris dan latin. Wingardium berasal dari kata wing (bahasa inggris) yang astinya sayap, dan arduus (latin) yang artinya langit. Sedangkan leviosa berasal dari bahasa latin, yaitu levare, yang artinya mengangkat/ mengambil.

-Accio
Harry Potter lah yang mengeluarkan sihir ini di seri ke-4. Pada saat itu, dia mempergunakannya untuk 'menarik' piala api yang merupakan 'portkey'. Agaknya, sihir ini berfungsi untuk memanggil benda yang jauh supaya mendekat ke arah kita.

-Aqua Menti
Lagi-lagi ini sihir Harry potter yang keluarin. Yah, sihir yg sepele, sih... Di film ke-6, pada saat dumbledore sudah menenggak habis semua 'air' horcrux, dan harry meng-cast magic ini untuk mengeluarkan sejumlah air pada sebuah wadah untuk diberikan pada dia, sebelum mati keselek.

-Accio Firebolt

Saya agak bingung dengan magic ini... Harry mengeluarkannya pada saat dia berhadapan dengan naga horntail di seri ke 4. Begitu dia meneriakkannya, sapu terbangnya datang padanya. Tapi, pada klimaks film, harry cukup berseru 'accio', dan piala api terbang ke arahnya. agaknya, Accio & Accio Firebolt adalah magic yg sama, yah...

-Impedimenta
‘Impedimenta’ dalam bahasa latin yang artinya ‘halangan’ .
Mantra ini biasa di pakai untuk membuat rintangan demi memperlambat pergerakan musuh.

-Everte Statum

Msih inget dong duel antara harry dan malfoy di film kedua? Yupz... Malfoy menggunakan spell ini, dan terlemparlah sang jagoan...

-Rictusempra
...dan, harry membalasnya dengan magic ini. Sekilas, hanya tampak sekilat cahaya merah, dan kemudian gantian malfoy yang terpental. Yah, agaknya fungsi kedua magic ini sama...

-Serpentsortia
Sesuai dengan namanya, magic ini men-summon serpent.
Malfoy yang mengeluarkannya, untuk menghadapi harry dalam duel di film ke dua.

-Alate Ascendare
Saya tidak tahu ini magic gunanya buat apa. Adalah Gilderoy lockhart, si guru tak berguna dari film ke 2 yang mengeluarkannya, untuk melenyapkan ular yang dikeluarkan malfoy. Saat magic ini dikeluarkan, sang ular cuman terpental doang, dan gak ada efek apa2 lagi.

-Vipera Evanesca
..dan, severus menunjukkan pada Gilderoy bagaimana cara melenyapkan ular yang baik dan benar... Yah, dengan menggunakan spell ini.

-Obliviate
Agaknya, magic ini memiliki fungsi untuk melenyapkan ingatan seseorang. Gilderoy lah yang mengeluarkannya. Namun, karena dia pake tongkat ron yg lagi error kala itu, jadinya magic ini balik menyerangnya sendiri. Kasian....

-Reducto

Sama saja seperti Stupefy atau Expelliarmus. Hanya saja, mungkin efeknya lebih. Gini Weasley mengeluarkan magic ini 2 kali di seri ke 5.

-Crucio

Kayaknya masih sejenis dengan shir-sihir yang berguna untuk menyerang seperti lainnya. Hanya saja, mungkin sihir ini memiliki
tingkatan lebih tinggi. You know who pernah meng-cast nya pada harry, di klimaks film ke 4. Dalam bahasa latin, ‘crucio’ artinya ‘aku menyiksa’.

-Expecto Patronum

Para penggemar Harry potter pastilah tahu kalo ini spell gunanya buat ngusir apa... Dengan menguasai spell ini, dijamin para dementor gak berani berada di sekitar kalian (emangnya dementor beneran ada??). Lagi-lagi kata ini di ambil dari bahasa latin yaitu ‘expecto’ yang artinya menunggu/ berharap’ , dan ‘patronus’
yang artinya ‘pelindung’ . Jadi artinya kira-kira begini ‘menunggu datangnya perlindungan’

-Petrificus Totalus
Seperti namanya, gunanya untuk mem-petrify lawan. Tak ada keistimewaan lain. Malfoy yang meng-cast nya pada harry, saat dia sadar kalo harry nguping pembicaraannya di kereta di film ke 6 kalo gak salah.

-Ennervate

Setelah itu, Loony eh... Luna Lovegood menolong harry dengan menggunakan magic ini. Mungkin berfungsi untuk melepaskan efek kaku pada harry saat itu.

-Episkey
Luna lagi yang punya ini magic. Berguna untuk menyembuhkan patah tulang skala kecil, seperti jari atau hidung patah. Wew... kalo saya bisa spell ini, saya bakallangsung buka pengobatan alternatif aja yah... hehehehe...

-Confundus

Hermione meng-castnya pada errr... siapa yah.. maaf saya benar2 lupa... Yang jelas, saat itu di film ke 6, dimana terjadi persaingan untuk memperebutkan posisi keeper di tim quidditch gryffindor. Ron melawan.. err.. Cormac!! yah... kayaknya namanya itu... eng.. btw, ini magic sederhana yang tampaknya mampu membuat objek yg kena cast menjadi bergerak tak beraturan secara tiba2.

-Partis Temporus

Ini magic kereenn....
Di film ke 6, Dumbledore yang mengeluarkannya.
Begitu spell dikeluarkan, muncullah api maha dahsyat yang mampu menyapu semua musuh yang ada di hadapan. Benar2 spell tingkat tinggi. Damage, 9999 (emangnya RPG?? wakakakak..).

-Incarcerorus
Agaknya magic ini sejenis dengan stupefy, expelliarmus, rictusempra, dan magic2 yg bertipe attack lainnya. Maaf, saya kurang tahu.

-Diminuendo
Magic ini berguna untuk memperkecil sebuah objek. Mungkin cuma bekerja pada benda mati, karena saya tak pernah lihat magic ini di-cast pada manusia sepanjang film nya.

-Levicorpus
Luna lovegood yang meng-castnya pada salah seorang death eaters di seri ke 5. mungkin gunanya sama, masih untuk menyerang lawan.

-Legilimes
Snape menggunakan magic ini pada harry untuk bisa masuk kedalam ingatannya. Saat itu, snape tengah melatih harry guna berhadapan dengan dark lord voldemort. Saya lupa di seri keberapa... ke 5 mungkin?? Yah, dengan magic ini, snape merasuki pikiran harry, dan tampaklah semua kenangan dan juga ingatan dalam kepala harry.

-Protego
Dan harry balik menyerang Snape dengan magic ini.
Mungkin gunanya untuk meng-counter yah?

-Impedimenta
Bapaknya harry yang membuat snape melayang layang dengan magic ini. Adegan ini tampak pada saat harry menggunakan protego pada snape. well, agaknya si bapak potter emang agak badung, seperti kata snape.

-Peskipiksi Pesternomi

Ini magic lagi2 Gilderoy yg mengeluarkan (Dan lagi2 gagal).
agaknya fungsinya untuk menjinakkan pixy2 yang dia lepas dikelas. Tapi, gagal karena tongkatnya keburu direbut.

-Gryffindor

Setahu saya, spell ini cuman terlihat di versi game PSX-nya aja. Fungsinya? sama aja kayak expelliarmus ato stupefy. Mungkin pada saat itu, expelliarmus de el el belum nampak pada film pertamanya, dan game-nya keburu nongol. oleh karena itulah, spell gryffindor yg dipake untuk meyerang lawan dalam game. Agaknya memang demikian...

-Incendio
Sama aja kayak diatas. Ini spell juga cuman keliatan di game doang. Fungsinya, untuk membakar benda - atau tanaman tepatnya.

Well, agaknya itu belum semua magic dari serial penyihir berkacamata ini. Saya yakin ada yang belum saya jabarkan. Tapi, berhubung ini jari udah capek ngetiknya, jadi sampe disini dulu lah postingan kali ini....

Artikel ini murni bikinan saya, dan tidak bersumber dari manapun.
Copy paste boleh deh... asal, cantumkan link blog ini ya...
Sebab, cuman buat artikel ini aja, saya harus nonton lagi film harry potter dari seri pertama ampe yg terbaru. Tahukah kalian bahwa ini sebuah penderitaan???

What a pain in the ass kalo sampe saya liat artikel saya ini nongol ditempat lain tanpa link yg jelas..
Kalo sampe itu terjadi...... EXPELLIARMUS....!!!!

Posted originally by: Animovies
hahahahah.. okay, see ya in the next post...!!!

4 komentar:

  1. accio tuh dasarnya mantra panggil..nah klo objeknya ada di sekitar kita..kita tinggal arahin tongkat ke objek itu..
    pas di HP4, harry terika accio tapi tongkatnya ke piala api...klo pas harry manggil firebolt kan fireboltnya gak ada di sekitar dya..jadi dya panggil pake akhiran firebolt n_n

    BalasHapus
  2. wah maaf soal kekurang tahuan saya ini...
    saya pikir, awalnya accio firebolt adalah sebuah mantra... ternyata, setelah saya tonton lg HP 3, firebolt adalah nama sapu terbangnya harry pemberian sirius... hahaha jadi, bener. accio adalah mantra panggil, & fire bolt adalah nama obyek yg di panggil. 100 buat anda..

    BalasHapus
  3. stupefy tu basically mantra bius om. .kalo untuk melucuti dipake nya expelliarmus. .tp ama harry di jadiin mantra trademark dia. .
    trus reducto (menurut harpot wikia) tu mantra buat mereduksi benda di depannya. .semacam kek penghancuran kecil gt. .hampir sama ama bombarda yg pernah di-cast hermione di film ke 3 waktu bebasin sirius dari menara astronomi hogwarts yg jd tempat nahan dia sementara (almost ending). .
    confundus buat bikin bingung. .kata dasar confuse. .
    incarcerous buat ngeluarin tali yg langsung ngikat target. .

    cuman nambahin aja om dari harpot wikia n sumber2 laen. . ^_^

    BalasHapus
  4. @ Anonim: Wow, penjelasannya luar biasa...! oaky, terimakasih buat koreksinya... ntar saya akan update lagi.. ^_^

    BalasHapus