Rabu, 09 November 2011

Daftar Anggota Autobots & Decepticons

Akhirnya, ketemu lagi di postingan yang kesekian setelah cukup lama vakum. Dengan mencuri-curi waktu, akhirnya artikel yang satu ini berhasil saya selesaikan. Sebenarnya, basi banget kalau baru sekarang saya membahas mengenai Transformer, dikarenakan demam Dark of the moon sudah mulai memudar. Well, seharusnya artikel ini sudah harus saya posting 2 atau 3 hari pasca rilisnya DOTM. Namun, dikarenakan satu & 2 hal, artikel ini jadi mundur. Yah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali kan?

Di Artikel ini saya akan mengajak temen-temen semua buat berkenalan dengan anggota dari 2 kubu yang senantiasa bertikai sepanjang seri Transformers, yaitu Autobots & Decepticons. Mungkin kalian semua sudah nonton dan hapal semua adegan dari ketiga film seri besutan Michael Bay tersebut. Tapi, kayaknya nggak semuanya kenal dengan robot-robot yang muncul di dalamnya, selain Bumblebee & Optimus. He he he betul, nggak? Yah, buat sekedar nambah info aja,yuk tengok...

1. Optimus Prime

Leader dari Autobots. Siapa sih, penggemar Transformer yang tidak kenal dengannya? Dalam seri Transformers movie Revenge of the Fallen, Optimus disebut-sebut sebagai "Prime" terakhir. Sempat terbunuh oleh Megatron, namun Sam berhasil menghidupkannya kembali dengan menggunakan "the Matrix of leaderships". Optimus bertransformasi menjadi truk Peterbilt biru dengan decal api berwarna merah. Masih di seri Revenge of the Fallen, Optimus bergabung dengan Jetfire untuk mengalahkan The Fallen. Di seri Dark of the moon, dia memiliki trailer yang bertransformasi menjadi jetpack dan juga berisi bermacam-macam senjatanya.

2. Bumblebee

Guardian dari Sam Witwicky. Sempat bertransformasi menjadi Chevy Camaro bobrok, sebelum berubah menjadi 5th generation chevrolet camaro yang jauh lebih keren. Didominasi dengan warna kuning, Bumblebee dikenal melalui gaya bertarungnya yang lain dari yang lain. Lihai dalam menggunakan serangan-serangan fisik jarak dekat. Sayangnya, di serial movienya Bumblebee digambarkan tak bisa berbicara oleh Michael Bay. Sempat berbicara sejenak di akhir film pertama, sebelum akhirnya menggunakan radio sebagai alat bantu di seri-seri berikutnya.

3. Ironhide

Spesialis pengguna senjata dari kubu Autobots, sekaligus punya peranan penting sebagai tulang punggung tim. Ironhide bertransformasi menjadi GMC Topkick hitam, namun sayangnya dia terbunuh oleh Sentinel Prime di Dark of the moon. Dari segi perangai maupun sifat, mungkin dialah yang paling temperamen dari kubu Autobots.

4. Jazz

Letnan pertama yang dimiliki oleh Optimus. Bertransformasi menjadi Pontiac Soltice, dan terbunuh di film pertama oleh Megatron. Tak banyak yang bisa saya ceritakan mengenai karakter yang satu ini.

5. Ratchet

Dia adalah salah satu dari sedikit Transformers yang memiliki kemampuan medis. Selain itu, inteligensi dan kemampuannya yang begitu tinggi membuatnya mampu memperbaiki kerusakan rekannya, separah apapun itu. Memiliki peranan yang tak kalah vital dari Ironhide, Ratchet juga dikenal sebagai tangan kanan Optimus. Berkat keahliannya di bidang medis, dia merupakan aset berharga yang bahkan tak dimiliki oleh Decepticons. Ratchet bertransformasi menjadi Hummer H2 kuning.

6. Sideswipe

Seorang petarung handal dari kubu Autobots, dan bersenjatakan 2 bilah pedang. Sideswipe mungkin tak memiliki 'pangkat' setinggi Ironhide di Autobots, tapi peranannya dalam tim tak bisa dianggap remeh. Bersama Bumblebee & Mirage, Sideswipe menjadi andalan Autobots untuk urusan pertarungan jarak dekat. Kemungkinan, dialah yang memiliki agility paling tinggi di Autobots, dikarenakan sepasang roda di kakinya. Berkat itu pulalah dia mampu mengalahkan Sideways dengan mudah di awal film Revenge of the fallen. Bertransformasi menjadi Silver Chevrolette Corvette centennial convertible.

7. Arcee, Chromia & Elita



Autobots-autobots wanita yang bertransformasi menjadi sepeda motor. Bentuk tubuh mereka lebih ramping dari Autobots kebanyakan, dan hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka. Lincah, cepat, dan mematikan. Arcee, Chromia & Elita muncul di seri Revenge of the Fallen.

8. Jetfire

Decepticon tua yang bertransformasi menjadi SR-71 Blackbird. Tertidur di museum Smithsonian selama bertahun-tahun, sebelum Sam dan yang lainnya membangkitkannya kembali. Meskipun tua dan pikun, namun kemampuan dan pengetahuannyalah yang menyelamatkan Optimus prime. Berkat info dari dia, Sam berhasil menemukan lokasi "the matrix of leadership". Di akhir seri Revenge of the fallen, dia bergabung dengan optimus, sehingga optimus punya kekuatan untuk mengalahkan the fallen & Megatron. Dia berpihak pada decepticon, sebelum akhirnya berganti menjadi Autobots.

9. Skids & Mudflap

Disebut juga dengan 'si kembar'. Skids berubah menjadi Chevrolet Beat, & Mudflap menjadi Chevrolet Trax concept cars. Mungkin pada awalnya, dua tokoh ini hanya berperan sebagai penyegar cerita, karena mereka selalu berlaku konyol, meskipun saat itu misi tengah berlangsung. Namun, siapa sangka bahwa ternyata kemampuan mereka berdua bisa mengimbangi Devastator?

10. Jolt

Muncul di film ke 2, Revenge of the Fallen. Awalnya dia ada di kubu Decepticons, namun kemudian berganti memihak Autobots. Dialah yang mentransplantasi berbagai macam parts milik Jetfire ke tubuh Optimus, sehingga Optimus memiliki kekuatan untuk mengalahkan The Fallen & Megatron. Bertransformasi menjadi Chevrolet Volt plug-in hybrid.

11. Dino (Mirage)

Anggota Autobots terbaru di seri Dark of the Moon. Sama seperti Bumblebee & Sideswipe, Mirage juga merupakan ahli dalam pertarungan jarak dekat. Bersenjatakan 2 bilah pisau di kedua tangannya, Autobots berwarna merah ini bertransformasi menjadi Ferrari 458 Italia.

12. The Wreckers (Leadfoot, Roadbuster & Topspin)
The Wreckers merupakan sub-team dari Autobots, yang bertugas untuk memberikan back-up pada tim Optimus dalam menghadapi Decepticon, sekaligus bertanggung jawab pada hal-hal yang berkaitan dengan mekanik, seperti membangun kapal luar angkasa Xantium milik Autobots. Mereka juga dikenal memiliki persenjataan yang lebih besar, dan lebih dahsyat dibandingkan dengan Autobots biasa. The Wreckers terdiri dari 3 nama, yaitu:

Leadfoot

Memiliki kecerdasan & tingkat inteligensi diatas rata-rata jika dibandingkan dengan rekan-rekan Autobots lainnya. Berwarna merah & berbentuk sedikit gendut, Leadfoot bertransformasi menjadi mobil Nascar milik Juan Pablo Montoya #42.

Roadbuster

Spesialisasinya ialah bepergian mengarungi galaksi untuk berburu Decepticons.Dia bertransformasi menjadi Dale Earnhardt, Jr. #88 AMP Energy/National Guard car.

Topspin

Menyukai tugas-tugas berat, dan agaknya sangat tangguh. Namun, tingkat kecerdasannya dibawah rata-rata jika dibandingkan dengan anggota Autobots yang lain. Dia bertransformasi menjadi Jimmie Johnson #48 Lowe’s/Kobalt car.

13. Wheeljack (Que)

Einstein-nya Autobots. Memiliki kecerdasan yang paling tinggi, namun daya tempurnya sangat rendah. Berbagai macam penemuannya telah membantu Autobots dan tim NEST dalam menyelesaikan tugas mereka. Bahkan, berkat peralatan pemberian Wheeljack pulalah, Sam berhasil membuat Starscream frustrasi. Sama seperti Ratchet, Wheeljack merupakan aset berharga milik Autobots yang tidak dimiliki oleh Decepticon sekalipun. Sayangnya, dia terbunuh oleh Soundwave di akhir film ke 3. Bertransformasi menjadi Blue Mercedez Benz E550.

14. Wheelie & Brains

Sebenarnya mereka merupakan robot mata-mata milik Decepticons, sebelum Akhirnya berpindah kubu ke Autobots. Dikarenakan ukurannya yang begitu kecil, sudah pasti mereka tida masuk hitungan dalam pertempuran. Namun, di film ke 3 mereka berdua punya peranan yang begitu penting, yaitu merusak kapal induk Decepticons.

15. Sentinel Prime

Pemimpin Autobots pada saat perang besar berkecamuk di Cybertron. Dialah mentor Optimus, sekaligus prime generasi sebelumnya. Memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam hal strategi tempur dan juga mekanik. Dia menciptakan 'pllars' yang mampu men-teleport benda dari tempat yang jauh, menuju ke tempat lain (Bumi). Dan sayangnya, yang diteleport olehnya adalah pasukan Decepticons, dan juga planet Cybertron itu sendiri. Ratusan pillar ini tersembunyi di bulan. Dia merupakan pemimpin yang bijak dan cerdas, namun sayangnya dia justru berpikir bahwa Autobots tak akan bisa memenangkan perang, sehingga dia membelot ke kubu Decepticons. Sentinel prime bertransformasi menjadi Rosenbauer Panther Airport crash tender fire truck.

Itu dia daftar nama-nama NBE yang berpihak pada Autobots. Sekarang, mari kita berpaling ke sisi gelap, yaitu Decepticons. Kira-kira siapa saja sih, NBE yang ada di bawah naungan kubu jahat ini? Check this out...!

1. Megatron

Pemimpin yang tak tergantikan dari kubu Decepticons sejak film pertama. Jahat, licik, dan kejam. Itulah karakteristik dari NBE ini. Selain itu, dia memiliki ambisi besar, yaitu menaklukkan Autobots, sekaligus menguasai bumi hingga menjadikan umat manusia sebagai budaknya. Di film pertama, Sam berhasil membunuhnya dengan cara membenamkan cube di dadanya. Di film ke dua, dia dibangkitkan kembali dengan energon, dan sempat membunuh Optimus sebelum Sam membangkitkannya kembali dengan menggunakan "matrix of leaderships". dan di film ke tiga, akhirnya keberingasannya diakhiri oleh Optimus. Megatron bertransformasi menjadi 3 macam bentuk yang berbeda, yaitu sebuah pesawat Jet di film pertama, decepticons tank di film kedua, dan yang terakhir truk Mack Titan 10-wheeler fuel tank.

2. Starscream

Jika di kubu Autobots Optimus memiliki Ironhide, maka di Decepticons, Megatron memiliki tangan kanan yang bernama Starscream. Dia adalah flying unit (selain laser beak & Black Out) yang dimiliki oleh Decepticons. Dengan kemampuan terbangnya itu, dia dengan leluasa menjalankan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan serangan udara, dan juga terkadang memata-matai musuh. Starscream dikenal juga sebagai anak buah yang sangat loyal kepada Megatron. Dia bertransformasi menjadi F-22 Raptor.

3. Soundwave

Spesialist dalam hal komunikasi dan juga penyadapan informasi. Di Transformers ke 2, dia berbentuk satelit komunikasi yang mengorbit di bumi, dan kemudian menyadap satelit milik pemerintah Amerika untuk mendapatkan info mengenai Matrix. Namun di film ke 3, dia bertransformasi menjadi Mercedes Benz SLS AMG yang menjadi milik Carly. Memiliki tingkat inteligensi yang cukup tinggi dan juga kemampuan tempur yang dahsyat, dia nyaris saja membunuh Bumblebee di film ke 3, sebelum akhirnya B berbalik membunuhnya. Sama seperti Ironhide, dia juga merupakan tulang punggung tim sekaligus orang kepercayaan Megatron.

4. Shockwave

Mungkin dialah Anggota Decepticons dengan daya tempur yang paling besar. Hal ini dikarenakan dia mampu bergabung dengan Driller, yaitu robot berbentuk cacing raksasa yang bahkan mampu melumat gedung. Ditambah lagi, dengan kemampuan Shockwave itu sendiri, dia menjadi musuh yang paling patut diwaspadai oleh kubu Autobots. Saya kurang yakin dia berubah menjadi apa.

5. Demolisher

Autobots raksasa yang bertransformasi menjadi kendaraan konstruksi. Tak jelas apa misi & juga tujuannya. Ketika tim NEST menemukan persembunyiannya di China, dia sempat mengamuk dan membuat keberadaan NBE terkuak dan diketahui oleh masyarakat luas. Optimus akhirnya membunuhnya di awal film ke 2.

6. Ravage

Decepticons memang bisa disebut selalu selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan Autobots. Sebut saja, Ravage. Robot berbentuk mirip macan ini sudah pasti tidak dimiliki oleh Autobots. Ravage bertugas dalam misi-misi skala kecil yang berkaitan dengan penyusupan.

7. Pretender (Alice)

Ini dia satu lagi unit yang tidak dimiliki oleh Autobots. Dia adalah Pretender, yaitu Decepticons yang memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi manusia. Mungkin perannya memang sepele, tapi sangat berguna dalam hal mengumpulkan informasi. Dia sempat muncul di film ke 2, sebelum akhirnya Mikaela membunuhnya.

8. Brawl (Devastator)

Unit tempur kelas berat dari Decepticons. Banyak yang berpendapat bahwa dia adalah bentuk awal dari Devastator. Kemunculannya yang hanya sedikit di film pertama membuat saya tak begitu tahu banyak mengenai NBE yang satu ini. Mungkin teman-teman ada yang bisa bantu menambahkan informasi?

9. Bonecrusher

Satu lagi unit kelas berat yang dimiliki oleh Decepticons, yaitu Bonecrusher. Muncul hanya sebentar di film pertama, sebelum akhirnya dibantai oleh Optimus. Tak banyak info yang bisa saya berikan mengenai dia.

10. Barricade

Anggota sisi jahat, Decepticons, yang ironisnya justru bertransformasi menjadi Mobil Polisi. Sempat mengejar Sam di film pertama, dikarenakan menginginkan info mengenai kacamata milik kakek buyutnya (Archibald Witwicky). Hanya muncul di film pertama sebelum akhirnya dihabisi oleh Bumbelbee.

11. Frenzy

Satu lagi spy unit yang tak dimiliki oleh Autobots. Dia adalah Frenzy, Decepticons yang memiliki kemampuan hacking ke database militer Amerika. Memiliki kemampuan untuk berubah menjadi berbagai macam benda elektronik. Sayangnya karirnya singkat, karena hanya muncul di film pertama.

12. Black Out

Flying unit berukuran besar selain Starscream yang dimiliki oleh Decepticons. Bertransformasi menjadi MH-53M Pave Low IV Helicopter. Memiliki kemampuan tempur yang cukup dahsyat dan muncul di film pertama & kedua.

13. Scorponok

Dia hanya Decepticons berukuran kecil, dan merupakan anak buah Blackout. Berbentuk seperti kalajengking, dan memiliki kemampuan untuk membenamkan diri kedalam tanah. Di film pertama dia melakukan kontak senjata dengan mayor Lennox, Epps, & kawan-kawannya.

14. The Fallen

Jika Autobots memiliki Sentinel Prime, maka di pihak Decepticons ada The Fallen, atau dikenal juga dengan sebutan Megatronus Prime. Dia adalah salah satu Prime, dan memiliki ideologi yang bertentangan dengan Prime lainnya. Hal ini membuat dia dimusuhi, dan akhirnya berpaling pada sisi gelap. Merupakan Mentor dari Megatron, The Fallen telah datang ke bumi sejak zaman prasejarah demi menemukan Matrix of leaderships.

15. Sideways

Mungkin tak banyak yang kenal dengan Decepticons yang satu ini, dikarenakan kemunculannya sangat singkat di revenge of the fallen. Muncul hanya sebentar, sebelum Sideswipe membelahnya di awal film. Jadi, rasanya saya tak bisa bercerita banyak mengenai dia.

16. The Doctor

Robot mungil, dan berbentuk seperti kalajengking. Dia yang bertanggung jawab atas kebangkitan kembali Megatron. Sudah tentu dia sama sekali tak memiliki kemampuan tempur, karena hanya diproyeksikan untuk menanganai hal-hal yang bersifat medis saja. The Doctor Tersimpan dalam tubuh Ravager.

17. Devastator

Bicara soal ukuran dan kekuatan, sudah pasti penggemar transformer akan teringat pada Devastator. Robot milik Decepticons ini memang memiliki ukuran yang tak lazim. Devastator terbentuk dari 7 bagian yang kesemuanya berupa kendaraan konstruksi. Mereka adalah Scavanger, Scrapper, Hightower, Long Haul, Rampage, Overload dan Mixmaster. Dengan ukuran dan juga kekuatan yang begitu besar, sudah pasti tim Autobots bakal kesulitan saat melawannya. Untunglah, ada si kembar Skids & Mudflap.

18. Laserbeak

Anak buah Soundwave di Transformers Dark of the Moon. Dia bertugas untuk memata-matai, dan mengumpulkan antek-antek manusia yang mau berpihak pada Decepticons.

19. The Dreads (Crankcase, Crowbar, & Hatchet)



Jika Autobots memiliki The Wreckers, maka Decepticons punya The Dreads. The Dreads beranggotakan 3 robot, yang kesemuanya memiliki persenjataan & kemampuan tempur yang patut untuk diperhitungkan. Mereka muncul di film ke 3 dan tampak mengejar Sentinel yang tengah dikawal oleh B dan kawan-kawan. B, Ironhide, dan Sideswipe kemudian menghabisi mereka. Agaknya, The Dreads memiliki tingkat inteligensi yang rendah, karena sama sekali tak bisa berbicara bahasa manusia.

20. Igor

Bagian dari Devastator, dan merupakan kepala dari Long Haul, setelah kehancuran Devastator di film ke dua.

21.Reedman

Spy unit unik milik Decepticons. Bertugas untuk misi-misi penyusupan, robot tipis mirip wayang ini terbentuk dari ratusan bola-bola kecil yang kemudian bergabung menjadi satu.

Naaah... itu dia nama-nama anggota Autobots dan juga Decepticons yang selama ini muncul di 3 seri franchise film Transformers. Dengan kecanggihan CGI ala Michael Bay, tokoh-tokoh yang biasanya hanya kita kenal lewat kartun jadul yang berjudul sama menjadi tampak begitu nyata, dan hidup. Mungkin memang ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Bay, sehingga robot-robot tersebut menjadi tampak berbeda dengan versi originalnya di kartun. Namun, tak bisa dipungkiri, berkat modifikasi itulah, franchise Transformers menjadi begitu menarik, dan layak untuk terus di ikuti tiap serinya.

Dengan kematian Megatron di akhir film ke 3, banyak fans transformers yang bertanya-tanya. Akankah ada film ke 4?

Well, kita tunggu saja yah,....

Posted originally by: Animovies.

11 komentar:

  1. wew,, lanjut gan! :)
    kmbali ke anime doong,, please~... ya ya ya ya ya??? :D

    BalasHapus
  2. @ Anonim: OKe, tunggu aja yah... penulis lagi nyari2 tema yang bagus... thanks 4 the comments!!

    BalasHapus
  3. ooohohohoo... masama min :D

    BalasHapus
  4. Barricade muncul di 2 seri om. .film pertama dia menghilang pasca Bonecrusher di bantai ama Optimus. .di film ke 3 dia muncul lg. .dia yg bunuh Que setelah sebelumnya Que di tembak ama Decepticons Protoform. .akhirnya dia mati dibunuh ground troops nya Lennox

    Blackout kalau ga salah cuma muncul di film pertama. .di ROTF bukan Blackout, ,tp Grindor. .sama2 transformasi jadi helicopter jg, ,tp beda Decepticons. . ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yg di bunuh ama optimus tuh jg blackout kan di film pertama dia belum mati

      Hapus
    2. Blackout sdh tewas ditembak Lennox dkk di seri pertama. Sedangkan helikopter yg mirip Blackout yg dibunuh Optimus di seri ROTF itu Grindor. Karakter Grindor juga dimunculkan di game PC ROTF :)

      Hapus
  5. @ Anonim: Wow, thanks buat koreksinya... akan saya update nanti... ^_^

    BalasHapus
  6. aku belom pernah nonton transformer sampe kelar. paling cuma liat2 sekilas aja di tv. Megatron itu musuh besar nya ya ?

    BalasHapus