Sabtu, 19 Mei 2012

4 Tipe personaliti kita, dengan karakter anime

Yeaahh... Jumpa lagi dengan saya, masih di channel favorit kita,
dimana lagi kalo bukan di animoooviiieess...!!
Okay, setelah sekian lama, akhirnya bisa posting lagi...
Sekali lagi, penulis mohon maaf kalo aktivitas update di blog ini
makin jarang. Namun, semoga saja terobati dengan topik postingan
yang berkualitas, dan pastinya orisinil yah,.....

Baru-baru ini, saya membaca sebuah buku menarik mengenai 4 tipe
personaliti manusia. Hemmm... secara garis besar, manusia memiliki
4 tipe karakteristik, seperti koleris, plegmatis, sanguin, hingga
melankolis. Wah, kok tiba-tiba aja nyangkut2 ke topik personaliti sih?? Apa penulis udah mulai pikun, kalo ini blog tentang anime?
Eittss... tenang aja.. penulis blom pikun, & kalian nggak salah
alamat kok, blog ini masih seputar anime. Hanya saja, saya rasa bakal
lebih menarik lagi kalo kita bisa mengenal tipe karakteristik kita
masing-masing. Dan, dikarenakan ini Animovies, maka sudah pasti ada
sisipan mengenai anime-nya...

Singkatnya, melalui postingan ini, saya mau mengajak kalian semua
untuk tahu lebih dalam lagi personaliti kalian masing-masing, dan karakter
anime apa aja yang tergolong dalam personaliti tersebut.

He he he udah gak sabar?? Okay.. check this out...!

4 Tipe personaliti yang saya sebut diatas, adalah:

1. Koleris
Pada umumnya, Koleris itu memeiliki beberapa kelebihan, seperti:
* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif
* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan
* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target
* Bebas dan mandiri
* Berani menghadapi tantangan dan masalah
* "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari sekarang".
* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas
* Membuat dan menentukan tujuan
* Terdorong oleh tantangan dan tantangan
* Tidak begitu perlu teman
* Mau memimpin dan mengorganisasi
* Biasanya benar dan punya visi ke depan
* Unggul dalam keadaan darurat

Tokoh-tokoh Anime yang termasuk dalam personaliti ini adalah:
-Youichi Hiruma (Eyeshield 21)
-Lelouch Lamperouge (Code GEass)
-Inuyasha (Inu Yasha)
-Rei Hino (Sailor Moon)
-Asuka Langley Soryu (Neon Genesis Evangelion)

Namun, Koleris juga punya beberapa kelemahan, seperti:
* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
* Senang memerintah
* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
* Menyukai kontroversi dan pertengkaran
* Terlalu kaku dan kuat/ keras
* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
* Sering membuat keputusan tergesa-gesa
* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
* Workaholics (kerja adalah "tuhan"-nya)
* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf
* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer

Nah, apakah dalam diri kamu ada sifat-sifat seperti diatas?
Jika ya, maka bisa dipastikan bahwa kamu memiliki personaliti Koleris, dan cocok untuk berpartner dengan Hiruma, Lelouch, Asuka, Rei, & Inuyasha.
Jika tidak, jangan khawatir... masih ada 3 tipe personaliti lagi...

2. Sangunis
Pada umumnya, orang-orang Sanguinis memiliki personaliti sebagai berikut:
* Suka bicara
* Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif
* Antusias dan ekspresif
* Ceria dan penuh rasa ingin tahu
* Hidup di masa sekarang
* Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan)
* Berhati tulus dan kekanak-kanakan
* Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara)
* Umumnya hebat di permukaan
* Mudah berteman dan menyukai orang lain
* Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian
* Menyenangkan dan dicemburui orang lain
* Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam)
* Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan
* Menyukai hal-hal yang spontan

Tokoh-tokoh anime yang termasuk dalam karakteristik ini adalah:
-Naruto Uzumaki (Naruto)
-Hirazawa Yui (K-ON!!)
-Ikki Minami (Air Gear)
-Go Seiba (Let's & Go)
-Hanamichi Sakuragi (Slam Dunk)
-Nobita Nobi (Doraemon)

Sedangkan untuk kelemahannya:
* Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras)
* Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
* Susah untuk diam
* Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain
* Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele
* RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek)
* Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
* Mudah berubah-ubah
* Susah datang tepat waktu
* Prioritas kegiatan kacau
* Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
* Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya
* Egoistis
* Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama
* Konsentrasi ke "How to spend money" daripada "How to earn/save money".

So, apakah karakteristik Sanguinis diatas mirip dengan personaliti kamu? Jika ya, kamu pasti bisa berteman baik dengan Naruto, Sakuragi, Ikki, dkk... he he he ^^.

3. Plegmatis
Sebagian besar, orang-orang Plegmatis memiliki personaliti seperti ini:
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai

Dan... ternyata tokoh-tokoh anime yang termasuk ke dalam personaliti plegmatis adalah...:
-Nara Shikamaru (Naruto)
-Kenshin Himura (Rurouni Kenshin)
-Athrun Zala (Gundam Seed Destiny)
-Ami Mizuno (Sailor Moon)

-Kotobuki Tsumugi (K-ON!!)
-Sena Kobayakawa (Eyeshield 21)

Namun, ternyata orang yang berpersonaliti Plegmatis memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak

Well, apakah karakteristikmu sudah ada diatas? Jika sebagian besar karakteristikmu dalah yang tertulis diatas, maka besar kemungkinan bahwa kamu adalah seorang yang Plegmatis. Congratulations...!

4. Melankolis
Terakhir, untuk personaliti Melankolis. Kebanyakan, orang-orang melankolis adalah orang yang berpersonaliti sebagai berikut:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

Tokoh anime yang lekat dengan kepribadian seperti tertulis diatas adalah:
-Light Yagami (Deathnote)
-Shinichi Kudo (Detective Conan)
-Sasuke Uchiha (Naruto)
-Kaede Rukawa (Slam Dunk)
-Mio Akiyama (K-ON!!)
-Shinji Ikari (Neon Genesis Evangelion)

Dilihat dari daftar tokohnya, ternyata karakteristik Melankolis banyak sekali direprentasikan oleh karakter anime yang cenderung cool, dan jaim. Tapi, ternyata Melankolis punya kelemahan, seperti:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

Yep, setelah membaca personaliti Melankolis diatas, apakah kalian merasa bahwa dirimu seringkali bersikap seperti itu? Jika ya, maka kamu sangat cocok bertema dengan Light Yagami, Rukawa, Shinichi, atau... mungkin jalan bareng Mio... he he he.

Okay, itu dia 4 Tipe personaliti yang ada di dalam diri manusia. JIka kalian bingung, karena ada karakteristik kalian di beberapa peronaliti, maka besar kemungkinan kalian memiliki 2 tipe personaliti. Hanya saja, pasti ada 1 tipe yang dominan. Nah, tipe yang dominan itulah karakteristik kalian.

Yahh, jika kalian sudah tahu kelebihan maupun kekurangan diri sendiri, pastilah mulai dari sekarang akan lebih mudah juga bagi kalian untuk mengembangkan diri.

Sampai jumpa di postingan berikutnya...!!!

Posted Originally by: Animovies.

4 komentar:

  1. yg seperti ini bagus buat menerangkan ke anak-anak. thank's animovies

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-samaa.. tunggu postingan edukatif yang selanjutnya yahh,...

      Hapus
  2. Wah nggak gue duga ternyata gue sehati ama sasuke, Light Yagami, ama Shinichi,
    btw nice blog!

    BalasHapus
  3. Ane mau numpang nanya nih tipe karakter buatan ane kemasukan tipe apa ya?
    *Adalah orang yang berwibawa dan berkesan "Pemimpin".
    *Penyayang dan suka berbuat yang diluar dugaan.
    *sangat cerdas walau dia cukup pintar.
    *Tidak suka ada pertengkaran dan biasanya suka mencari solusi dulu sebelum bertarung
    *tidak suka hal-hal yang tidak baik.
    *Sering mengevaluasi diri sendiri dan suka menghargai pendapat orang lain.
    *tidak suka dipuji.
    *jarang sekali marah/wajahnya sering tersenyum.
    *Kuat dan dapat diandalkan.
    *Disenangi banyak orang karena kepribadiannya.
    *tidak mau melihat orang lain senasib buruk atau lebih darinya.
    *suka berpikir berkali-kali sebelum bertindak.
    *Ceroboh.
    *bahagia bila melihat orang yang dilanda kemudahan :).
    *kadang kalem dan pendiam bahkan jarang sekali bicara.
    *Berhati "Pahlawan" dan sudah berkepribadian layaknya seorang "Ayah".
    *Jarang sekali menangis (kecuali ditinggal keluarganya).

    BalasHapus