Jumat, 25 Februari 2011

Serial tokusatsu yang mungkin telah dilupakan

Dewasa ini, makin banyak bermunculan serial tokusatsu, yang tentunya makin memanjakan para pecinta serial ini. Terhitung, sejak awal millenium ini, era baru serial tokusatsu dimulai. Bisa dibilang, pelopor dari serial tokusatsu era modern yang ada saat ini adalah Kamen Rider Kuuga, Ultraman Tiga, dan juga Guyferd. Ketiga serial ini, sama-sama pernah ditayangkan di Indonesia.

Serial tokusatsu sejatinya pernah mengalami masa jayanya di periode awal 80an, hingga tahun 90an. Saat itu, serial tokusatsu terkenal yang benar-benar masih membekas di benak saya adalah Seri Ksatria Baja Hitam RX, Winspector, Jiban, dan juga Jiraiya. Well, masih adakah yang ingat dengan judul-judul yang baru saja saya sebutkan tadi? Kalo udah banyak yang lupa, itu wajar mengingat di era modern ini serial tokusatsu baru makin banyak yang bermunculan. Serial-serial baru ini juga ditunjang oleh penggarapan cerita yang lebih matang, dan juga visual effect yang makin yahud. Tak heran kalau pelan tapi pasti, serial tokusatsu yang pernah jaya sebelumnya perlahan-lahan mulai dilupakan.

Nah, dalam postingan kali ini saya mau mengajak kalian semua untuk mengingat kembali serial tokusatsu era 80 hingga 90an yang pernah tayang di Indonesia, yang mungkin telah kalian lupakan. Oh ya, Seri kamen rider, Ultraman & Supersentai sengaja nggak saya masukkan, karena... well... siapa yang bakalan lupa dengan serial legendaris macam itu???

Okay, here we go...!

1. Sekai Ninja Sen Jiraiya



Ninja berarmor, mengendarai mobil pula... Jika ide cerita itu diaplikasikan saat ini, pastinya reaksi absurd yang bakal muncul.
Namun tidak demikian di tahun 1988. Ya...! Sekai Ninja Sen Jiraiya begitu populer pada saat itu. Jiraiya merupakan serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah serial Metal Hero yang ke-7 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 24 Januari 1988 hingga 22 Januari 1989. Di Indonesia, serial tokusatsu di Jiraiya ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar. Di Indonesia, Jiraiya mendapat sambutan yang luar biasa, kendati kepopulerannya masih kalah jika dibandingkan dengan Kamen Rider atau Ultraman. Namun, ide cerita yang unik (menggunakan ninja) dalam serial ini menjadi point of interest tersendiri.

2. Kidou Keiji Jiban



Dalam versi Inggrisnya, serial ini lebih dikenal dengan sebutan Mobile Detective Jiban. Menceritakan tentang robot polisi yang bertempur melawan sindikat jahat Bioron, pimpinan Doktor Giba. Jiban adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiban adalah serial Metal Hero yang ke-8 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990. Hal yang benar-benar unik dalam serial Jiban ini adalah pada saat Jiban hendak bertarung melawan monster Bioron. Sebelum bertarung, Jiban selalu membaca pasal-pasal yang didakwakan pada si penjahat (monster) satu persatu. Setelah semua pasal dibacakan, baru pertarungan dimulai. Hehehe aneh banget ya? kok monsternya mau nunggu lama-lama...Lagian Jibannya apa nggak bosen tuh, ngebaca pasal satu-persatu tiap kali mau berantem? Bisa dibilang, Jiban adalah tokusatsu dengan persenjataan termutakhir kala itu. Dia punya 3 kendaraan, Reson (Mobil), Vaican (Motor), dan juga Sylas (semacam pesawat tempur). Selain itu dia masih punya Pistol, Pedang, dan meriam bernama Daedalus.

3. Tokkei Winspector



Serial tokusatsu yang satu ini cukup legendaris. Tokoh utamanya adalah 3 robot polisi (salah satunya adalah manusia), mereka bernama Fire (merah), Walter (biru) dan juga Bycle (kuning). Winspector adalah serial Metal Hero yang ke-9 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 4 Februari 1990 hingga 13 Januari 1991. Di Indonesia, serial tokusatsu di Winspector ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.
Tokkei Winspector adalah juga serial pertama di Rescue Police.
Masing-masing robot memiliki kemampuan khusus.Serial ini begitu ikonik, dan menurut saya hingga saat ini masih belum ada yang bisa menandingi serial metal hero seperti ini. Maaf, mengenai yang satu ini saya nggak bisa menulis terlalu banyak, karena udah agak lupa... (pikun mode on).

4. Metalder



Metalder merupakan satu dari sekian banyak Metal Hero dengan desain kostum yang begitu aneh (menurut saya). Separuh badannya berwarna merah, separuh lagi biru. Kontras banget kan? lagipula, dia lebih mirip seperti sebuah prototype robot yang masih belum selesai, jika dibandingkan dengan Jiban atau Winspector. Metalder adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Metalder adalah serial Metal Hero yang ke-6 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 16 Maret 1987 hingga 17 Januari 1988. saya sendiri tak mengikuti serial ini sampai tamat (entah saat itu RCTI menayangkannya sampai tamat atau tidak). Oh ya, saya sempat juga menonton versi Amrik dari karakter ini diserial VR Troopers yang digarap oleh Saban. Hemm... not really interesting...

5. B-Robo Kabutaku



Ini dia serial tokusatsu paling unik menurut saya. Berkisah mengenai sekumpulan robot berbentuk binatang (kumbang, lebah, ular, dll) yang saling bersaing untuk mendapatkan semacam 'lencana' berbentuk bintang yang bisa mengabulkan segala jenis permintaan. Desain robotnya unik, Kontet dan lucu, namun bisa berubah menjadi keren ketika memasuki mode tempur. Robot-robot ini terbagi menjadi 2 kubu (baik dan jahat) dan seringkali berterung untuk mendapatkan bintang tersebut. Setiap kali bertarung, akan ada robot wasit yang menjadi penengah. He he he unik banget yah? B-Robo baik terdiri dari Kabutaku, Kuwajiro, Tentorina, dan... ah saya lupa!! (jika ingin tahu lebih lanjut, saya sarankan googling aja yah). sedangkan B-robo jahat terdiri dari Cobrander, Spidon, Sharkler dan Ganirun.
adalah serial tokusatsu di Metal Hero yang ke-16 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 23 Februari 1997 hingga 1 Maret 1998. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh stasiun tv RCTI, setiap hari Minggu.

6. Guyferd



Jika kabutaku merupakan serial tokusatsu terunik, maka Guyferd adalah serial tokusatsu terkeren saat itu. Storyline nya sih mirip-mirip kamen rider. Kalau nggak salah, nama tokoh utamanya adalah Gou Kazama. Dia berniat menyelamatkan kakaknya yang diculik oleh organisasi kriminal Crown, yang saat itu berusaha untuk mengumpulkan ahli-ahli martial arts dari penjuru dunia. Gou kemudian tertangkap, dan Crown mengubahnya menjadi Guyferd. Hasilnya udah bisa ditebak, Guyferd berbalik melawan Crown. Kamen rider banget kan? Seingat saya, serial ini tayang di Indosiar setiap hari Minggu (jamnya lupa). Dan serial ini benar-benar berbeda dengan serial tokusatsu pendahulunya, karena dikemas dengan storyline yang benar-benar matang, dengan dukungan special effect yang keren pula.

7. Uchuu Keiji Gavan



juga dikenal sebagai X-Or di Perancis, Sky Ranger Gavin di Filipina, dan Space Cop Gaban di Malaysia dan Indonesia. Merupakan seri pertama dari Space Sheriff, menceritakan seorang polisi yang dikirim ke bumi untuk melawan serbuan alien. serial ini mulai tayang tanggal 5 Maret 1982 hingga Februari 1983.

8. Uchuu Keiji Sharivan



Tidak jauh berbeda dengan Gavan, Sharivan juga bercerita mengenai polisi luar angkasa yang bertugas untuk melawan alien di bumi. Jumlah episode dari serial Sharivan ini sebanyak 51 episode, dan tayang pada tahun 1983.

9. Uchuu Keiji Shaider



serial ketiga dan final di trilogi Space Sheriff. Shaider digunakan ulang pada musim kedua VR Troopers yang juga diproduksi oleh Saban Entertainment. Shaider diperankan oleh Hiroshi Tsuburaya, putera Eiji Tsuburaya, pencipta Ultraman. Shaider memiliki "sekuel" pada program televisi di Filipina Zaido. O,ya ini sekalian saya kasih fanservicenya...



Kalo nggak salah inget, namanya adalah Annie, sidekick dari Sharivan. Adegan yang sudah sangat jarang ditemukan di serial tokusatsu jaman sekarang... hehehe.


10. Tokusou Robo Janperson



Bisa dibilang, Janperson merupakan suksesor dari Jiban. Keduanya sama-sama berkonsep robot polisi. Di versi Inggrisnya, Janperson lebih dikenal dengan nama special Investigation Robot Janperson. Janperson adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Janperson adalah serial Metal Hero yang ke-12 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 31 Januari 1993 hingga 23 Januari 1994. Di Indonesia, serial tokusatsu di Janperson ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

11. Bicrosser




Serial tokusatsu yang menceritakan dua orang kakak beradik yang bisa merubah wujudnya dengan masuk kedalam sebuah lemari pakaian (yang kalo gak salah sih warisan, atau dapet pas pindah rumah).Senjata pamungkasnya yaitu sebuah Sepeda motor yang memiliki kemampuan menjadi sebuah laser canon... wow! tayang di RCTI setiap sore. Ada beberapa point yang menurut saya absurd dalam serial ini... well, menjadikan sepeda motor sebagai canon? Nggak banget deh... selain itu, kalau mau henshin mereka kudu masuk kedalam lemari terlebih dahulu. Hemm... bagaiaman kalau mereka bertemu musuh di suatu tempat, dan mengharuskan mereka untuk berubah seketika? Apakah mereka harus pulang ke rumah dulu buat masuk lemari? Atau lemarinya mereka bawa kemana-mana? Cape deh.... heheheh

sebenarnya, masih banyak yang ingin saya masukkan dalam list seperti exceedraft, Juspion, blue Swat dll... namun, supaya postingan ini nggak kepanjangan, saya batasi 10 aja deh... Kalau postingannya terlalu panjang, bisa-bisa yang baca bakalan capek kan? sisanya, akan saya bahas di lain waktu dan kesempatan.

Secara pribadi, untuk kedepannya saya sangat berharap supaya industri perfilman Indonesia juga bisa membuat tokusatsu yang tak kalah kualitas dari ini. Saatnya untuk melirik pangsa pasar lain (jangan memanjakan ibu2 dengan sinetron melulu).

Akhir kata, bye bye...!!

Posted originally by: animovies.

15 komentar:

  1. Terima kasih untuk postingan ini. Saya lahir tahun 1968, dan pada tahun 1982-an duduk di SMA. Waktu itu video casette baru muncul di desa saya, dan sangat menghebohkan. Tetapi yg saya sukai adalah filem2 dari Jepang ini, pada waktu itu seperti : VOLTUS V, GOOGLE V, GAVAN, SHARIVAN, dan lain-lain. Kenangan itu membuat saya sangat bersemangat, hingga hari ini.
    Oh ya, saya juga memulai mengumpulkan gambar2 superhero asli (dalam bentuk kertas - bukan digital), sejak masa2 itu. Sekarang nyaris 12500 gambar terkumpul!

    Sukses buat Anda!

    http://superheromania.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. @ Yosafat Agus: 12 ribu gambar?? Wow...! berarti anda penggemar tokusatsu sejati...! Salut!!!
    Iya, jadi inget dengan masa-masa dulu. Waktu itu saya juga sempet nonton google V di video tape, ultraman seven di TVRI, dan serial-serial tokusatsu lainnya... Bahkan dulu, saya sempet nangis,lho waktu RX kalah... ha ha ha.
    Sungguh kenangan masa kecil yang begitu berharga... Terimakasih, Tokusatsu!!

    BalasHapus
  3. wkwkwkwk metal hero jaman dulu. .om bener, ,anak2 jaman skarang dah pada lupa kali ya. .

    jiban memorable banget. .jaman sekolah SD dl anak2 SD pasti pada hapal kata2 jiban tiap mau ngelawan musuh. .jg serign pura2 jd jiban (lengkap pake nyebutin pedang maximillian ama autoderringer jg wkwkwk)trus pada nangis di skolah pas adegan jiban tewas. .tp pada ceria lg pas jiban resurrected :D

    jiraiya jg. .smua pada punya character favorite. .overall benernya superhero jadul tu lebih memorable. .kalo sekarang, ,lebih maen ke special effect. .

    tp fav ku disini teteb Guyferd. .cool abis costume nya. .mix kamen rider ama ultraman. .liat aja head nya, ,Mebius banget. .

    BalasHapus
  4. boss,,, bisa kirim link mp3 nya gak ???
    yg indonesian versi ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehmm.... Link mp3 yang mana gan?? Ane yakin, kalo googling sebentar, pasti bakal ketemu hahahaha.... :)

      Hapus
  5. mantap gan postingannya
    ane lahir 1989 tapi msih ingt ama si satria baja hitam..
    walaupun dulu time nontonnya masih ditempat tetangga..itupun pakai aki buat nyalain tv ( maklum blum ada listrk )

    hhoi

    BalasHapus
  6. @ Anonim: Wau... sampe segitunya gan... :D perjuangan demi menonton pahlawan pujaan yah.. :D manteeeepp.... Kalo ane dulu mah, g boleh nonton sama nyokap kalo blom mandi... :D

    BalasHapus
  7. waww,, nostligia superhero masa kecil seru nee,,
    kalo ane prtma kali nntn bicrosser, seru bgt dlu klw nntn kewarung yg ada tv nya,, jmn dlu tvnya blm warna kira2 14 inci,, antenanya tingginya ngalahin pohon,,mlhn dlu antenanya di taruh di atas phon.. : D serunya pas bicrosser mtornya lg di pke jadi senjta,, wkwk

    BalasHapus
  8. Keren abis gan...
    jadi nostalgia ama super hero jaman dulu...
    sya kelahiran 1989 jadi masih anak2 banget wktu tyang di rcti.. tp ingatanan ttg mereka masih melekat kuat..hehe thx u gan.. uda nyemepetin mosting ttg mereka.. mohon dilanjut lagi...

    BalasHapus
  9. Keren abis gan...
    jadi nostalgia ama super hero jaman dulu...
    sya kelahiran 1989 jadi masih anak2 banget wktu tyang di rcti.. tp ingatanan ttg mereka masih melekat kuat..hehe thx u gan.. uda nyemepetin mosting ttg mereka.. mohon dilanjut lagi...

    BalasHapus
  10. wakakaka jadi inget masa kecil..... jiban,jiraiya,kabutaku... ...

    BalasHapus
  11. wahh...,kalo saya mah lahir 1998 sih jadi taunya kuga sama kabutaku,itu juga suka kelewatan nontonnya karna gak tau jam tayang nya hahaha,kabutaku robot yang paling hebat...hahahaha,opening yg membekas bangat =D

    BalasHapus
  12. Berkat postingan Anda, akhirnya saya nemu tokusatsu yg saya cari2... Guyferd. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  13. mantap gan

    http://lantingrusak.blogspot.co.id/2016/01/kepribadian-berdasarkan-kamen-rider.html

    BalasHapus
  14. Oh nostalgia... Ane paling demen sama Guyferd, di masa itu keren banget doi. Ceritanya jg keren meskipun rada mirip kamen rider ichigo dan black

    BalasHapus